INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // MBTI // INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

Kali ini kita akan bahas tentang Tipe Kepribadian INFJ, sebuah tipe kepribadian MBTI yang cuma dimiliki 1% orang di dunia.

Walaupun langka, tapi mereka meninggalkan jejak-jejak kebaikan di dunia ini. Kelembutan hatinya yang dibalut dengan ketegasan bikin mereka layak jadi yang langka.

Kayak apa sih INFJ itu? Dan gimana sih kepribadian mereka, karir yang baik untuk mereka, dan seperti apa pasangan yang cocok buat INFJ? Yuk simak!

 

Daftar Isi (Klik untuk membaca)

Sekilas tentang INFJ

Kelebihan Orang dengan Kepribadian INFJ

Kekurangan Orang dengan kepribadian INFJ

Orang dengan kepribadian INFJ dan Pasangan

Karir Orang dengan kepribadian INFJ

Berteman dengan Orang berkepribadian INFJ

 

Daftar Isi (Klik untuk Membaca)

Sekilas tentang Kepribadian INFJ

 

Ini adalah artikel lanjutan dari pembahasan tentang MBTI di sini. Pembahasan paling lengkap ada di sana yaa.

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang ada di MBTI. INFJ sendiri adalah singkatan dari Introvert-iNtuition-Feeling-Judging.

Ciri khas dari Kepribadian INFJ adalah si lembut yang idealis. Mereka tenang, lembut, tetapi punya cita-cita dan value yang mulia. Biasanya cita-citanya bukan terkait pribadi; tapi terkait kebaikan bersama, ingin mengubah dunia.

Orang INFJ cukup sensitif dan simpatik sama orang lain. Mereka mau mendengarkan dan mencoba memahami orang lain, dan nggak sungkan membantu masalah orang lain meskipun sulit.

Orang dengan INFJ punya idealisme tinggi. Ketika dia punya sebuah prinsip, maka prinsip itu digenggam dan jadi pegangan hidup. Meski demikian prinsip itu dipendamnya sendiri, jadi yang terlihat cuma kelembutan dan ketenangannya aja.

[the_ad id=”3652″]

Orang dengan INFJ punya pikiran yang rumit dan mereka menyadari itu. Karena mereka tau mereka orangnya rumit, maka mereka lebih banyak diam. Daripada ngomong dan orang lain nggak ngerti, maka mereka memilih diem aja. Ini membuat INFJ sukar dipahami.

Tokoh terkenal dari INFJ di antaranya:

Oprah Winfrey, Mozart, dan Nelson Mandela.

 


Kelebihan Orang dengan Kepribadian INFJ

 

Dari bahasan singkat barusan kita udah tau kalo iNFJ adalah si lembut yang rumit tapi berprinsip. Nah, sekarang kita bahas lebih lanjut tentang kepribadian INFJ.

 

1. Orang INFJ adalah introvert yang pinter bergaul.

INFJ sering dikira ekstrovert, karena mereka terlihat mudah bergaul dan bisa beradaptasi di berbagai model pertemanan. Padahal sebenernya INFJ adalah introvert.

INFJ paling hepi dan akan sering ngumpul bila teman-temannya baik, jujur, dan sesuai sama prinsipnya dia. Dan dia rela mengorbankan apapun demi teman-temannya ini.

Meski pinter gaul, tapi dia nggak suka berkerumun di tempat yang banyak orang. INFJ akan merasa cepet capek dan pengen segera pulang.

 

 

2. INFJ punya intuisi yang tajam.

INFJ pintar mengendus kebohongan dan kemunafikan. Dia tau kalo dia lagi dimanipulasi alias disetir, dan kadang dia biarkan saja si pembohong ini bicara.

Di sisi lain, dia juga bisa melihat sebuah masalah atau kejadian dengan sudut pandang berbeda. Ketika orang-orang mengalami masalah satu sama lain, INFJ dengan intuisinya bisa menganalisa dan menghadirkan solusi yang tepat sasaran.

Intuisi ini juga membantu dia membedakan mana sih orang yang jujur dan mana yang munafik. Dengan kemampuan membedakan kejujuran dan kemunafikan, INFJ bisa melindungi dirinya dari ditipu atau dimanipulasi.

 

3. INFJ merasa berbeda dari orang lain.

Orang dengan kepribadian INFJ tergolong langka, jadi dia agak kesulitan menemukan orang yang cara pandangnya sama dengan dia.

Makanya INFJ merasa kesulitan menemukan orang yang idenya, pendapatnya, dan sikapnya mirip dengannya. Selain itu dia juga punya kepribadian yang rumit, makanya dia sering merasa nggak dimengerti.

Makanya meskipun dia sering bergaul sama orang banyak, INFJ kadang ngerasa kesepian juga.

 

 

4. INFJ orangnya hangat dan mempesona.

INFJ orangnya ramah dan hangat. Makanya orang seneng saat dia ada. INFJ mendengar perkataan orang dengan baik, dan selalu siap membantu. Ini membuat orang selalu merasa nyaman dengan keberadaannya.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

 

5. INFJ punya empati yang tinggi.

Orang INFJ mudah memahami perasaan orang lain. Jadi kalo ada orang yang lagi sedih, atau lagi ada masalah, orang INFJ bisa mudah mengenalinya.

Dan intuisi tinggi akan perasaan orang lain ini dilengkapi dengan kepedulian, jadi INFJ siap membantu temennya yang kesulitan.

Ketidakegoisan dan kebaikan inilah yang membuat orang lain suka berada di sekitar INFJ.

Intuisi, empati, dan kebaikan hati ini membuat INFJ rela melakukan sesuatu tanpa mementingkan keinginan pribadi.

 

 

6. INFJ punya keinginan mengubah dunia.

INFJ punya rencana mengubah dunia, dan dia tau dia bisa mewujudkannya. Dia melihat hal-hal nggak baik terjadi di dunia. Dia terganggu akan hal itu, dan dia merasa bisa memberikan perubahan.

Karena INFJ adalah seorang yang berempati dan siap berkorban, makanya seringkali masalah yang berusaha dipecahkan INFJ adalah masalah kemanusiaan. Jadi yang ingin dimudahkan adalah hajat hidup orang banyak.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Keinginan mengubah dunia ini nggak selalu berupa jadi presiden atau pemimpin. Tapi bisa berupa menciptakan sesuatu yang memudahkan hidup banyak orang.

INFJ terkadang merasa ragu akan banyak hal, tetapi keyakinan akan cita-citanya nggak bisa digoyahkan.

INFJ juga nggak membiarkan apapun dan siapapun mengganggu keyakinan atas cita-citanya. Kalo kerjaan yang ia miliki saat ini ternyata nggak sesuai dengan prinsip hidupnya, maka dia nggak segan mengundurkan diri. Idealis memang.

Bagi INFJ, sukses itu bukan kekayaan pribadi, tapi keberhasilan memudahkan hidup banyak orang. Kelas!

 

 

7. INFJ adalah seorang visioner.

Kayak yang kita bahas barusan yaa, INFJ punya cita-cita mengubah dunia. Karena cita-citanya besar, INFJ selalu terfokus untuk bisa mewujudkannya. Cita-cita itu kemudian lambat laun berubah menjadi rencana yang kongkret, alias rencana yang bisa dikerjakan sedikit demi sedikit.

Selain mengerjakannya sendiri, INFJ nggak sungkan mengajak orang lain untuk bergerak bareng. Terutama kalo orang lain punya pemikiran atau rasa peduli yang serupa sama dia.

Karena punya empati yang tinggi dan bisa merasakan yang orang lain rasakan, INFJ jadi mudah terkoneksi dengan orang lain. Pun jadi mudah baginya untuk meyakinkan orang lain buat ikut bergabung dengannya.

 

Ini membuat INFJ seringkali pinter berorasi dan menulis, yang pada akhirnya digunakan untuk menggerakkan hati orang banyak.

Tapi karena selalu melihat masa depan, kadang INFJ lupa dengan urusan-urusan kecil yang perlu dia selesaikan juga. Makanya INFJ akan klop sama orang yang siap mengingatkan dan menyelesaikan urusan-urusan remeh temehnya.

 

8. Kamu Orangnya Ngotot

Sikap idealis INFJ membuat mereka berpikir bahwa jika ada sesuatu yang dia rasa penting, maka dia akan mengejarnya sampai dapat. Kengototan dan energinya kadang membuat orang lain kelimpungan, nggak sanggup mengimbangi.

Passion yang besar ini kadang tidak disukai orang, tapi ini adalah bagian tak terpisahkan dari orang INFJ.

 

balik ke atas

 

[the_ad id=”4519″]

Kekurangan Orang dengan kepribadian INFJ

 

Seperti yang kita tau INFJ orangnya berempati, idealis, punya cita-cita yang besar, peduli, visioner, dan ngotot.

Tapi setiap kelebihan adalah pedang bermata dua, alias ada kekurangannya juga. Apa aja c???

 

1. INFJ orangnya sensitif

INFJ selalu berpegang teguh sama prinsip hidupnya. Prinsip hidup yang dimiliki selalu jadi jalan ninjanya. Makanya ketika prinsip hidup ini dikritik, dipertanyakan, atau diledek, maka INFJ bakalan tersinggung.

Orang dengan kepribadian INFJ juga susah menerima kritik, kalo idenya disanggah atau dipertanyakan, maka dia bakal tersinggung dan dimasukkan ke dalem hati.

 

2. INFJ memaksa orang melebihi kemampuan mereka.

INFJ memang berpassion dan bisa menggerakkan orang, tapi kadang dia mendorong orang melebihi kapasitasnya. Kalo seseorang nggak siap atau nggak mau, bisa jadi konflik.

 

3. INFJ sulit membuat keputusan yang berat.

Kadang INFJ menemui masalah sulit yang solusinya nggak memuaskan orang. INFJ yang karakternya berempati akan berat kalo harus membuat orang lain kecewa, jadi susah banget kalo harus membuat keputusan semacem ini.

Dan INFJ memang orangnya gemar menolong. Di sisi lain, kegemaran menolong ini membuat INFJ susah menolak kalo dimintai tolong.

 

4. INFJ cenderung menghindari konflik, jadi malah dimanfaatkan.

INFJ ingin membahagiakan dan menyenangkan orang lain, tapi kadang mereka melakukannya dengan mengorbankan diri mereka sendiri. Kalo nggak hati-hati malah bisa dimanfaatin.

 

5. INFJ orangnya perfeksionis.

Orang dengan kepribadian INFJ terobsesi dengan pengejaran cita-citanya. Keinginan yang besar dan kuat ini membuatnya ingin semua proses menggapai cita-cita itu berjalan sempurna.

Meskipun obsesi ini baik, kadang ada juga hambatan yang datang tanpa terduga. Atau cita-citanya mustahil terwujud. INFJ yang ingin semua berjalan sesuai keinginan kadang sulit menerima ini.

 

6. Enggan mengurusi masalah sepele.

Seperti yang kita bahas tadi, INFJ orangnya visioner. Dia mengincar perubahan besar, dan dia merasa semua yang ia lakukan sehari-hari harus mendekatkan dia ke tujuannya.

Ambisinya ini membuat INFJ enggan menyelesaikan urusan sehari-hari. Beresin kamar, cuci baju, atau belajar pelajaran yang nggak dia suka, adalah hal membosankan yang nggak mau dia lakukan.

 

7. INFJ mudah stres.

Punya passion, nggak suka urusan sepele, idealis, dan tertutup membuat INFJ susah melampiaskan beban pikiran.

Karena sulit menyeimbangkan kerja dengan main, kadang dalam waktu singkat aja INFJ udah merasa capek pikiran dan jadi lebih cranky.

 

balik ke atas

 

[the_ad id=”4508″]

157 thoughts on “INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis”

  1. Baca artikel ini, cengar cengir sendiri. Berasa lagi dikulik sama psikolog dan ini hasil yg didapet dari kulikan nya. Jadi ngerasa kebantu banget deh, buat bener2 berusaha melakukan sesuatu lebih gigih demi segera dapat mewujudkan cita2 yg tadinya aku pikir aneh, dan cape ngeliat kelakuan orang lain yg ga pernah bisa ngerti dan satu lagi sensitif kalo berasa ada yg ga beres dan auto ngejauh. Tapi ternyata emang udah kepribadiannya begitu.
    Thanks a lot yah!

    Reply
  2. Tepat sehari sbelum hari ulang tahunku, setelah baca artikel ini aku merasa di mengerti dan yg terpenting aku merasa lebih berharga, aku merasa jadi mengetahui value dlm diriku, karna jujur selama ini aku merasa sangat insecure dgn sgala kemampuan yg aku punya

    Reply
  3. ini adalah artikel kesekian yang sudah aku baca dan tulisannya benar2 lengkap.
    aku merasa dimengerti karena ada yang bisa menggambarkan diriku lebih dari diriku sendiri.
    terima kasih untuk penulis yang sudah membuat artikel ini .<3

    Reply
  4. Wah baru nemu artikel ini dan rasanya emang pas bgt, bisa sedetail itu ngegambarin orang-orang INFJ. Salut bgt sama yg nulis artikel ini, thanks sudah mengerti INFJ dengan baik

    Reply
  5. Iya. bahkan ada yang bilang aku udah kek udh punya istri sama anak aja. dan ada juga yg bilang aku nya kek nya mau gila. hahaha bahkan depresi nya keseringan. tpi sekarang udh lega. Walaupun aku tau kita lagi disetir kita bisa melihat persfektif berbeda. Tpi kita paling jago klo ngiring opini. Bener gk sih. Walau digunain buat kearah yang baik

    Reply
  6. Hallo para INFJ ,,,semoga hidup kita diberkahi dan sukses selalu,terimakasih ka untuk artikel nya sangat membantu 🙂

    Reply
  7. Intuisi tinggi bersama altruisme jadi penyakit yang dengan mudahnya menelan jiwa pemilik tipe kepribadian ini.

    Menolong orang disekitar sama halnya memberi harapan, dan tidak pernah sehat bagi siapapun yang terbiasa disuapi harapan atas sisi kebaikan absolut pemilik kepribadian ini.

    Bisa merasakan kemunafikan teman, sahabat, kekasih, dan keluarga sendiri, si pemilik kepribadian harus memaklumi sisi kemanusiaan orang disekitarnya.

    Kalian yang merasa bahagia menjadi INFJ, sadarkah bahwa sebenarnya kebaikan kalian tidak menjadikan kalian malaikat? Untuk saya sendiri, INFJ adalah monster yang ingin menjadi malaikat. Sangat menyedihkan.

    Reply

Leave a Comment