Tipe Kepribadian ENTP Itu Apa Sih?

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // Tipe Kepribadian ENTP Itu Apa Sih?

Kali ini kita akan membahas tentang tipe kepribadian ENTP itu apa. Ada juga karakter anime ENTP, member K-pop ENTP, pekerjaan yang cocok untuk ENTP, dan ENTP cocok dengan siapa. Kuy simak!

 

1. Kepribadian ENTP Itu Seperti Apa?

Jadi, ENTP itu apa sih?

ENTP adalah tipe kepribadian MBTI yang terdiri dari Extravert, Intuitive, Thinking, dan Perceiving.

Apabila kamu punya kepribadian ENTP, artinya kamu punya ciri utama berupa berani dan cepat berpikir. Kamu mampu membuat ide kreatif dalam waktu singkat. Kamu selalu mengejar tujuan dengan semangat, terlepas dari hambatan dan pertentangan yang kelak dihadapi.

Sifat utama kamu yang terbuka, mengutamakan logika, dan nggak bisa diatur membuat kamu punya bakat jadi pendebat. Kamu pintar membantah dan suka melawan pendapat orang dengan berbagai cara.

Meski suka mendebat orang, di sisi lain ENTP suka juga bercanda. Kamu sebagai ENTP juga punya rasa ingin tahu yang kuat.

 

1.1 Apa Itu Kepribadian ENTP-t dan ENTP-a?

Nah kamu mungkin sering melihat kepribadian ENTP punya tambahan cabang lagi, yaitu t dan a.

Nah, ENTP-t dan ENTP-a itu artinya apa sih?

ENTP-t artinya adalah ENTP turbulent. Sementara ENTP-a artinya adalah ENTP asertif. Perbedaannya ada di kepercayaan diri dan emosionalnya aja.

 

1.2 Apa Bedanya ENTP-t dan ENTP-a?

  • ENTP-t lebih mencari pujian dan pengakuan dibandingkan ENTP-t. Kalo ENTP-t orangnya cenderung lebih pede.
  • ENTP-a lebih sabar dibandingkan ENTP-t.
  • ENTP-t lebih mudah membuka isi hati dan mau mencoba mengendalikan pikiran buruknya. Kalo ENTP-a, lebih cenderung menekan ke dalam diri.
  • ENTP-t lebih rentan kena stres dibandingkan ENTP-a.
  • ENTP-t cenderung lebih gampang jengkel dan menyalahkan orang lain. Kalau ENTP-a cenderung nggak mudah terganggu.
  • ENTP-a lebih menerima keadaan dirinya dan nggak menyalahkan orang lain, dibandingkan ENTP-t.

 

1.3 Apakah Kepribadian ENTP kepribadian langka?

Dari total orang Indonesia yang ikut survey di 16personalities.com, sekitar 4,35% di antaranya adalah ENTP.

Berdasarkan kelangkaan, ENTP-t menempati peringkat ke-15 dengan jumlah sekitar 2,5%. Sementara, ENTP-a menempati peringkat ke-20 dengan jumlah sekitar 1,85%. Bisa dibilang gak terlalu langka sih. Tengah-tengah lah…

 

1.4 Siapa orang terkenal dengan kepribadian ENTP?

Beberapa artis, aktor, aktris, dan orang terkenal dengan kepribadian ENTP, di antaranya:

  1. Mark Twain
  2. Tom Hanks
  3. Thomas Edison
  4. Celine Dion
  5. Robert Downey Jr.

 

1.5 Siapa karakter anime dengan kepribadian ENTP?

Sejumlah ENTP penyuka anime pernah dimintai pendapat tentang siapa karakter anime ENTP.

Dari jawaban mereka, karakter anime ENTP di antaranya:

  1. Edward Elric (Full Metal Alchemist)
  2. Bulma (Dragon Ball)
  3. Donquixote Doflamingo (One Piece)
  4. Blaine (Pokemon)
  5. Usopp (One Piece)
  6. Cell (Dragon Ball)
  7. Sokka (Avatar)
  8. Shinichi Kudo (Detektif Conan)

tipe kepribadian entp itu apa

Penjelasan lebih lengkapnya akan ditulis di artikel lain yaa.

 

1.6 Siapa kpop member dengan kepribadian ENTP?

Kalau member boyband kpop ENTP siapa ya? Ada nggak?

Beberapa idol pernah mengambil tes MBTI. Sebagian lagi didapat dari analisa fansnya aja. Coba cek, bias kamu ada gak?

  1. Mingi (ATEEZ)
  2. Heechul (Suju)
  3. Siwon (Suju)
  4. Seungyeon (CLC)
  5. Minho (Stray Kids)
  6. Sanha (ASTRO)

siwon kepribadian entp

Penjelasan lebih lengkapnya nggak saya tulis di sini yes, lain kali aja.

 

2. Apa ciri-ciri Orang ENTP?

Misalnya kamu mau tau apakah kamu punya pacar berkepribadian ENTP atau nggak. Bagaimana caranya?

Ciri-ciri ENTP pada orang lain bisa kamu lihat dari:

  1. Apakah dia cerewet? Terutama saat dia berada di tempat yang dia rasa nyaman, kayak tempat yang sering dia datangi, atau waktu bersama orang yang akrab sama dia. Dia nggak akan berhenti ngomong.
  2. Dia selalu punya opini tentang sesuatu. Kalaupun opininya berbeda dari kebanyakan orang, dia nggak takut dan akan mempertahankan pendapatnya itu.
  3. Kalau lagi santai, ENTP akan santai sesantai-santainya. Ceria, rese, bercanda terus. Nggak bisa diam. Kalau lagi serius, dia akan susah diganggu.
  4. Selalu belajar dan mengamati. Entah itu dari buku, atau saat bersama orang. ENTP akan mengamati orang lain dan mengambil kesimpulan tentang orang itu, dilihat dari kata-kata dan tingkah lakunya.
  5. ENTP tipenya nggak bisa nenangin orang yang lagi sedih. Bukannya nenangin orang, yang ada malah dikasi tips dan trik untuk mengatasinya.
  6. Ciri-ciri ENTP lainnya: kadang suka ngomong kelewat blak-blakan. Kadang dia nggak sadar kalo kata-katanya nyakitin hati, meskipun dia berniat baik.
  7. ENTP suka menilai dan mengukur kecerdasan orang lain. Dia tanpa sadar menilai seseorang berdasarkan obrolan dia sama orang itu.
  8. Kalo dia nggak bisa jaga rahasia, alias agak ember, mungkin dia ENTP.

 

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan ENTP?

tipe kepribadian entp itu apa

 

3.1 Kelebihan ENTP Apa Saja?

Kelebihan ENTP yang pertama adalah berpengetahuan luas

Kalo kamu ENTP, kamu pasti suka mempelajari sesuatu yang baru. Kadang-kadang sesuatu yang dipelajari ENTP ini nggak penting, cuma sekedar ingin tau aja. Tapi justru malah ini bikin dia jadi tahu banyak hal.

 

Kelebihan ENTP yang kedua adalah dia bisa berpikir cepat

ENTP memiliki pikiran yang sangat fleksibel dan dapat dengan mudah bertukar pikiran. Mereka dengan cepat menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh untuk membuktikan pandangan mereka sendiri atau lawan sesuai keinginan mereka.

 

Apa Kelebihan ENTP lainnya? Dia orangnya terus terang

Kepribadian ENTP bisa mengabaikan tradisi atau peraturan lama. Mereka akan mempertanyakan apa yang sudah jadi tradisi, dan kalo menurut dia itu udah nggak berlaku lagi, dia akan berusaha menggantinya.

Kalo kamu berkepribadian ENTP, saat bekerja kamu bisa dengan gampang mencari ide baru, ENTP punya database pengetahuan yang sangat besar. Dengan sedikit kreativitas, ENTP bisa menyatukan pengetahuan itu dan menghasilkan ide-ide baru yang berani.

ENTP sangat gembira ketika dihadapkan dengan masalah berat, dan diizinkan untuk mengatasinya.

 

Generator Ide Luar Biasa

Tidak ada yang bisa mengalahkan kamu dalam urusan analisa masalah dan mencari solusi.

Sebagai ENTP, kamu sangat dibutuhkan dalam setiap brainstorming, karena kamu bisa menggabungkan keahlian dan kecerdikan untuk melihat masalah dengan lebih terbuka.

 

Karismatik

Orang dengan tipe kepribadian ENTP pintar bicara dan cerdas. Kepercayaan diri, pemikiran cepat, dan kemampuan mereka untuk mengintegrasikan ide-ide yang tidak terkait dengan cara yang inovatif menghasilkan gaya komunikasi yang menyenangkan, menghibur, dan informatif.

 

Energik

Ketika diizinkan untuk fokus pada sesuatu yang menarik, ENTP bisa antusias luar biasa, Kamu bersedia bekerja siang dan malam demi menyelesaikan sesuatu itu.

Kekurangan ENTP Apa Saja?

 

Terlalu suka debat

Kalau ada satu hal yang paling disukai ENTP, itu adalah berdebat. ENTP suka beradu argumen tentang apapun, bahkan untuk urusan yang remeh.

Kebiasaan debat ini kadang jadi bikin ENTP terlihat sok tahu. Terus juga, perdebatan yang nggak ada gunanya akan mengarah ke tensi pertemanan yang tinggi.

 

ENTP kurang peka sama perasaan orang

Karena aspek T dalam kepribadiannya, ENTP jadi kurang peka sama perasaan orang lain.

ENTP cenderung menilai perasaan orang lain pake parameternya sendiri. Padahal tingkat sensitifnya perasaan orang kan beda beda.

Sifat kurang peka ini diperparah juga dengan kebiasaan debat ENTP, yang bisa mendebatkan hal-hal kecil tanpa ngeliat mood orang lain dulu.

 

Orangnya susah fokus

ENTP sering punya ide-ide bagus. Dan idenya layak untuk ditekuni.

Tapi karena punya kebanyakan ide, ENTP jadi susah fokus dan tekun sama satu hal. Ketika suatu ide dirasa nggak menyenangkan atau menarik lagi, ENTP akan berhenti mengerjakan dan segera pindah ke ide lainnya.

 

ENTP teorinya jago banget, tapi prakteknya agak kurang

ENTP suka mendebatkan hal-hal yang abstrak dan jauh dari praktek. Misalnya debat politik, debat agama, duluan mana telor sama ayam, semacam itulah.

Tapi kalo disuruh mengerjakan detail kecil dan bekerja tekun, udah deh ENTP pasti akan segera berhenti.

 

Apa Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENTP?

 

ENTP secara alami penuh rasa ingin tahu dan cepat belajar. Selain itu, kreativitas yang tinggi dan suka mencari solusi membuat ENTP nggak pernah kehabisan ide.

Kalo kamu ENTP, bisa dibilang kamu adalah tipe kepribadian yang serba bisa. Mungkin perlu beberapa waktu bagi kamu untuk sepenuhnya sadar dengan kualitas dirimu.

Yang perlu kamu fokuskan adalah ketekunan. Ketika kamu punya ketekunan, kualitas-kualitas diri kamu yang luas bisa digunakan ke bidang pekerjaan apa pun yang butuh ide berpikir yang luas dan banyak ngomong

Nah, jadi apa aja sih pekerjaan yang cocok untuk ENTP?

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan terbaik untuk ENTP:

  1. Analis Keuangan
  2. Konsultan Manajemen
  3. Analis Pasar Keuangan
  4. CEO
  5. Art Director
  6. Desain Grafis
  7. Desain Produk
  8. Animator
  9. Aktor
  10. Penyanyi atau Musisi
  11. Politisi
  12. Editor
  13. Fotografer
  14. Reporter
  15. Pengacara
  16. Detektif
  17. Arsitek
  18. Insinyur Sipil
  19. Teknik Mesin
  20. Computer Network Architect
  21. Data Scientist
  22. Pengamat Ekonomi
  23. Sales
  24. Agensi Periklanan, misalnya Copywriter

Penjelasan lengkapnya akan dibahas di artikel lain ya.

 

ENTP Cocok Jurusan Apa?

Terus, apa jurusan yang cocok untuk ENTP? Untuk urusan kuliah, ENTP cocok kuliah di jurusan:

  • Akuntansi
  • Arsitektur
  • Biologi
  • Administrasi Bisnis
  • Computer Science
  • Sistem Informasi
  • Managemen Konstruksi
  • Kriminologi
  • Keguruan
  • Sastra Inggris
  • Ekonomi
  • Geologi
  • Analisa Kesehatan
  • Jurnalistik
  • Ilmu Hukum

kepribadian entp itu seperti apa

Tentu ini nggak bisa jadi patokan ya. Kalau kamu terlanjur kuliah di jurusan lain, ya jangan berkecil hati. Kamu tetep bisa sukses kok!

Tipe Kepribadian ENTP Cocok Dengan Siapa?

Untuk urusan percintaan, Kepribadian ENTP cocok dengan siapa? Siapa jodoh ENTP?

Nah, ENTP punya kecocokan dengan kepribadian yang Intuisinya (N) menonjol. ENTP kan punya semangat yang tinggi dan kreatif, itu akan ngepas sama yang punya kepribadian N.

Makanya, secara umum ENTP bisa akur dengan INFJ, INTJ, INFP, ENFP, ENFJ, ENTJ, INTP, dan ENTP juga.

Tapi ENTP cocok dengan siapa? Pasangan paling yang cocok untuk ENTP adalah INFJ dan INTJ. ENTP akan tertarik dengan sikap INFJ yang misterius dan pesimistis. INFJ akan terlalu bergantung sama ENTP, tapi semakin dewasa maka ketergantungan ini akan berkurang.

ENTP cocok dengan INTJ juga lo. ENTP dan INTJ saling melengkapi kekurangan masing-masing. INTJ bisa melengkapi ENTP yang kurang tekun, dan ENTP bisa menutupi kekurangan INTJ yang tertutup dan kurang gaul.

Tapi kamu nggak boleh terlalu percaya sama ini ya. Kecocokan juga ada pada kedewasaan kedua pihak. Ketika kamu dan dia saling memaklumi, ya apapun kecocokan MBTI kalian, maka hubungan akan awet awet aja.

 

Nah! Itu dia yes penjelasan lengkap seputar tipe kepribadian ENTP itu apa.

Saya memutuskan untuk mempersingkat artikel-artikel tentang penjelasan MBTI. Artikel kepribadian akan saya habisin dulu semua, baru nanti saya akan perdalam satu per satu. Kasian proyek MBTI ini nggak selesai udah dari lima tahun lalu.

Ke depannya saya juga akan bikin beberapa tes MBTI, misalnya tes kepribadian MBTI, tes kecocokan MBTI, dan tes kecocokan kerja dan jurusan berdasarkan kepribadian MBTI.

Ditunggu aja ya!

 

Sumber

https://www.16personalities.com/ENTP-personality

https://www.truity.com/personality-type/ENTP/careers

https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/entp

https://www.truity.com/personality-type/ENTP/relationships

 

Leave a Comment