Tipe Kepribadian ENTJ, Si Komandan yang Tegas dan Visioner

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // MBTI // Tipe Kepribadian ENTJ, Si Komandan yang Tegas dan Visioner

Kali ini kita akan bahas bersama-sama tentang tipe kepribadian ENTJ, si tegas yang punya visi besar. Seperti apa sih ENTJ itu?

 

1. Kepribadian ENTJ Itu Seperti Apa?

Tipe kepribadian ENTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI dengan elemen kepribadian Ekstrovert, Intuition, Thinking, dan Judging.

Ekstrovert, artinya kamu punya kepribadian yang terbuka. Kamu mudah bergaul, mudah mengungkapkan pikiran, dan pintar bicara.

Intuition, artinya kamu mengolah informasi menggunakan intuisi yang kamu miliki. Segala sesuatunya kamu pikirkan dan pertimbangkan dulu.

Thinking, artinya kamu lebih mengedepankan logika dibandingkan perasaan. Kamu kurang menyadari perasaan orang, dan dalam hal ini, kamu mungkin agak keras sama orang lain.

Judging, artinya kamu menyukai keteraturan. Kamu ingin mengatur hidup kamu, dan kamu punya kedisiplinan untuk itu.

Kepribadian ENTJ adalah seorang yang tegas, mengincar karir yang tinggi dan ingin berprestasi di bidang yang mereka kejar.

Kalau kamu berkepribadian ENTJ, kamu mungkin sering belajar mencari tahu cara menggapai tujuanmu, tetapi kadang tindakan kamu jarang kamu pertimbangkan dulu.

Secara umum ENTJ adalah seorang yang punya kemampuan bekerja yang baik, dan punya peluang berhasil di tempat kerja. Kamu juga cenderung mudah naik ke posisi tinggi dalam pekerjaan.

 

 

​1.1 Apa Itu Kepribadian ENTJ-t dan ENTJ-a?

ENTJ itu masih bisa dibagi lagi jadi dua subkelompok, yaitu ENTJ-t dan ENTJ-a. Tapi apa bedanya ENTJ-t dan ENTJ-a?

ENTJ-t adalah ENTJ turbulen, yang cenderung lebih sering memikirkan pendapat orang. Sementara ENTJ-a adalah ENTJ asertif, yang lebih cuek dan percaya diri. Perbedaannya nggak jauh kok.

Hanya karena kamu ENTJ-t, bukan berarti kamu orangnya minder. Kamu tetap percaya diri, tapi respon negatif atau kata-kata yang nggak enak dari orang lain lebih berdampak ke kamu. Kalo ENTJ-a sih lebih cuek dan nggak dipikirin.

 

​1.2 Apa Bedanya ENTJ-t dan ENTJ-a?

  • ENTJ-t kurang bisa menghadapi sres dan susah merelakan sesuatu yang udah berlalu. ENTJ-a menghadapi stres dan positif, karena justru lebih tertantang.
  • ENTJ-t cenderung lebih cepat oleng ketika menghadapi emosi negatif. Misalnya penolakan, kritik, dimarahi, sedang bad mood, lagi laper, dan semacamnya.
  • ENTJ-a cenderung cuek dengan pendapat orang lain tentang dirinya. Kalau ENTJ-t masih suka mikirin pendapat orang.
  • ENTJ-t lebih mudah tersinggung dibandingkan ENTJ-a.
  • ENTJ-t lebih bisa memperlihatkan kasih sayang ke orang-orang yang dia sayangi dibandingkan ENTJ-a.

 

​1.3 Apakah Kepribadian ENTJ kepribadian langka?

Dari total orang Indonesia yang ikut survey di 16personalities.com, populasi ENTJ-t ada di peringkat 27 dengan total jumlah 1,54%. Sementara ENTJ-a ada di peringkat ke 29 dengan jumlah sekitar 1,49%. Jadi kepribadian ENTJ lumayan langka ya!

 

1.4 Siapa orang yang terkenal dengan kepribadian ENTJ?

Dilansir dari berbagai sumber, selebritis terkenal dengan kepribadian ENTJ adalah:

  • Steve Jobs
  • Salma Hayek
  • Robert Downey Jr.
  • Pau Gasol
  • Adele
  • Napoleon Bonaparte

 

1.5 Siapa karakter anime dengan kepribadian ENTJ?

Dari berbagai sumber, tokoh anime dengan kepribadian ENTJ adalah:

  • Madara Uchiha (Naruto)
  • Plankton (Spongebob)
  • Roy Mustang (Full Metal Alchemist)
  • Light Yagami (Death Note)
  • Eula (Genshin Impact)
  • Kamisato Ayato (Genshin Impact)
  • Lisa (Genshin Impact)

 

​1.6 Siapa member kpop dengan kepribadian ENTJ?

  • Heejin (Loona)
  • Key (SHINee)
  • Rain
  • Seo Youngeun (Kep1er)
  • Zico

 

2. Apa ciri-ciri Orang ENTJ?

ENTJ adalah salah satu tipe kepribadian yang terbuka. Kalau kamu seorang ENTJ, maka kamu punya energi tinggi. Karena selalu aktif dan rajin bicara, kamu sering terlihat agak meledak-ledak.

ENTJ adalah orang yang nggak bisa diam. Kalau kamu punya kepribadian ENTJ, maka kamu selalu bersemangat untuk cepat bergerak, supaya kerjaan segera selesai.

ENTJ punya cara bicara yang cepat. Seolah-olah dia pengen semua kata-kata segera keluar dari mulutnya, dan dia pengen orang cepat mengerti apa yang dia maksud.

Ciri lain dari ENTJ adalah tatapan matanya yang tajam. Saat menatap orang lain, ENTJ sedang menilai dan mengukur orang itu. ENTJ mendengarkan kata-kata orang sambil menilai kecerdasan orang tersebut.

Karena aktif dan selalu semangat dalam bekerja, kamu cenderung mudah naik jabatan. Kamu punya kepercayaan diri juga, makanya kalau kamu seorang ENTJ maka kamu cepat beradaptasi sebagai seorang bos. Terus karena punya trait J alias Judging, ENTJ punya kedisiplinan yang baik. Ini membuat kamu bisa jadi pemimpin yang tegas.

 

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan ENTJ?

Tadi kita udah bahas sedikit tentang ENTJ. Sekarang apa sih kelebihan dan kelemahan ENTJ? Skuy lah kita bahas.

kelebihan kepribadian entj apa

 

​3.1 Kelebihan ENTJ Apa Saja?

​3.1.1 Kelebihan Kepribadian ENTJ yang pertama adalah orangnya sat set

Kalau kamu seorang ENTJ, kamu sering terlihat buru-buru. Padahal itu karena kamu nggak suka menunda kerjaan. Kamu nggak suka menunda-nunda, apalagi mengundur-undur selesainya pekerjaan.

Kamu akan gelisah kalau masih ada kerjaan yang belum selesai. Sebenarnya dalam psikologi ini disebut Zeigarnik Effect, dan ini rawan kena di kamu (baca Zeigarnik Effect di sini yes).

Kamu nggak bisa diam selama ada yang belum beres, dan buat kamu orang yang menyia-nyiakan waktu mending ditinggalkan aja.

 

​3.1.2 Kelebihan ENTJ yang kedua adalah energik

ENTJ seperti punya energi yang nggak habis-habis. Kamu sanggup beraktivitas seharian penuh dengan sedikit istirahat.

Kamu lebih memilih terus bergerak dibanding tidur-tiduran di kamar. Kamu nggak merasa itu melelahkan, malah buat kamu itu sesuatu yang udah biasa.

 

​3.1.3 Apa Kelebihan Kepribadian ENTJ lainnya? Percaya Diri.

ENTJ juga memiliki kepercayaan diri yang baik. Kamu percaya dengan kemampuanmu sendiri. Kamu juga pintar bicara, dan ini membantu kamu membela pendapatmu sendiri. Dan kamu percaya kalau kamu bisa jadi pemimpin.

 

​3.1.4 Kelebihan Khas ENTJ adalah Berkemauan Keras

Satu kelebihan ENTJ yang bikin dia cepat sukses adalah berkemauan keras. ENTJ nggak menyerah saat menghadapi kesulitan. Justru kamu malah doubling down, menggandakan usahanya dua kali lipat. Berhasil melewati tantangan bikin kamu bersemangat, dan makin yakin bahwa jalanmu udah benar!

 

​3.1.5 Kehebatan ENTJ lainnya adalah Pemikir Hebat

ENTJ bisa memanajemen urusan kecil seperti permasalahan harian. Tapi ini nggak bikin kamu lupa dengan tujuan jangka panjang, kamu tetap memasang tujuan yang lebih besar.

Kamu bisa mengatasi setiap sudut masalah dan memajukan seluruh rencana dengan solusi yang kamu punya.

 

​3.1.6 Karismatik dan Menginspirasi

Kualitas-kualitas ini berpadu menciptakan seorang yang menginspirasi dan memperkuat orang lain. Kualitas ini dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Dan ini semua ada dalam diri kamu, sehingga semua yang kamu lakukan terasa mengagumkan bagi orang lain.

 

3.2. Kekurangan ENTJ Apa Saja?

Meski terlihat sempurna, bukan berarti ENTJ nggak punya kekurangan. ENTJ punya kelemahannya sendiri, yang mungkin bisa menyebabkan sejumlah masalah.

Jadi, apa kelemahan ENTJ?

3.2.1 Kekurangan ENTJ yang pertama adalah keras kepala dan Dominan

Sebagai ENTJ kamu punya rasa pede dan ambisi tinggi. Ini membuat kamu terlalu ngotot untuk selalu menang. Padahal, sesekali mengalah juga perlu.

 

3.2.2 Kekurangan ENTJ lainnya adalah nggak mau memaklumi orang lain

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ punya ambisi tinggi dalam mengejar tujuan. Meski begitu, di dalam hidup akan ada urusan yang bikin kita menunda mengejar tujuan ini.

Misalnya kamu mau belajar untuk persiapan tes. Tapi tau-tau orang tua menyuruh kamu menunda belajar sebentar karena mereka butuh bantuan kamu. Nah, ENTJ pasti kesel nih sama yang begini. Malah kadang ENTJ remaja akan berani melawan dan membantah, karena belajar ini buat mereka juga.

ENTJ nggak mau menunda ambisinya sejenak dan mengalah demi orang lain.

 

3.2.3 Kekurangan ENTJ lainnya adalah Tidak Sabar

Kadang ada orang yang butuh waktu untuk berpikir. Sebagai pemikir yang cepat, ENTJ nggak bisa menoleransi hal ini. Kamu mungkin salah mengartikan seseorang yang berkontemplasi sebagai lemot atau malas. Padahal, berpikir dengan tenang juga salah satu seni bertindak lo.

 

3.2.4 ENTJ orangnya sombong

Sebagai orang berkepribadian ENTJ, kamu mengapresiasi pemikiran cepat, keyakinan teguh, dan bakatmu sendiri. Jeleknya, kamu memandang rendah mereka yang nggak punya kualitas sama sepertimu.

Ini bisa jadi masalah, karena sebagian orang (seperti introvert) ada juga yang pemalu dan berpikirnya lambat. Di hadapan ENTJ, orang seperti ini dianggap rendah.

 

​3.2.5 ENTJ kurang bisa menghandle emosi

Dengan kombinasi trait Thinking dan Judging, ENTJ jadi lebih banyak menggunakan pikiran dibandingkan emosi.

Emang sih di dunia kerja, banyak menggunakan pikiran adalah hal yang baik. Tapi kurang bisa menangani emosi cukup merepotkan buat ENTJ saat berhubungan sosial.

Ini bikin kamu kadang nggak sadar udah menyakiti orang lain. Kamu juga nggak tau gimana menenangkan orang yang lagi kebawa perasaan, Kamu mungkin kadang pernah menginjak-injak perasaan orang lain, secara nggak sengaja menyakiti pasangan, terutama dalam situasi emosional.

 

3.2.6 ENTJ Orangnya dingin dan sedikit kejam

ENTJ punya ambisi tinggi dalam mengejar tujuan. Itu membuat ENTJ nggak mau berkompromi dalam permasalahan orang lain.

Sebagai pemimpin, ENTJ bisa mengabaikan kondisi bawahan dan rekan kerjanya yang mungkin kelelahan atau burnout. Kamu sebagai ENTJ mungkin menganggap bahwa kelelahan dan stres adalah pengorbanan yang dibutuhkan, tapi bagi orang lain, kamu dianggap nggak peduli dan kejam.

 

4. Apa Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ENTJ?

entj cocok jadi tentara karena tegas

Pekerjaan yang cocok untuk ENTJ di antaranya:

  1. Akuntan atau Auditor
  2. Analis Keuangan
  3. Manajer Keuangan
  4. Konsultan Manajemen atau Analis
  5. Analis Pasar
  6. Manajer Pembelian, Pembeli, atau Agen Pembelian
  7. Ahli statistik
  8. Manajer Layanan Administratif
  9. Manajer Periklanan
  10. Arsitektur
  11. Landscape Architecture
  12. Insinyur Pertanian
  13. Teknik Sipil
  14. Computeer Engineering
  15. Environmental Engineering
  16. Insinyur Kesehatan dan Keselamatan
  17. Geology Engineering
  18. Mining Engineering
  19. Sejarawan
  20. Fisikawan atau Astronom
  21. Political Science
  22. Psikolog
  23. Sosiolog
  24. Perencana Tata Kota atau Wilayah
  25. Ahli Zoologi atau Ahli Biologi Satwa Liar
  26. Arti director
  27. Dokter atau Ahli Bedah
  28. Coach
  29. Programmer
  30. Analis Sistem
  31. Software Developer
  32. Web Developer
  33. Polisi
  34. Tentara
  35. Hakim
  36. Pengacara

Penjelasan lengkapnya akan dibahas di artikel lain ya.

 

4.2 ENTJ Cocok Jurusan Apa?

 

kepribadian entj cocok jadi apa

 

Terus, apa jurusan yang cocok untuk ENTJ? Untuk urusan kuliah, ENTJ cocok kuliah di jurusan:

  1. Bisnis
  2. Manajemen Konstruksi
  3. Ilmu Hukum
  4. Akuntansi
  5. Periklanan
  6. Antropologi
  7. Arsitektur
  8. Biologi
  9. Bisnis
  10. Kimia
  11. Sistem Informasi Komputer
  12. Konstruksi
  13. Peradilan Pidana dan Kriminologi
  14. Ekonomi (Bisnis)
  15. Keuangan
  16. Manajemen
  17. Bisnis internasional
  18. Jurnalistik
  19. Ilmu Hukum
  20. Pemasaran
  21. Ilmu Politik
  22. Psikologi
  23. Studi Agama
  24. Sosiologi

Tentu ini tidak bisa jadi patokan ya. Kalau kamu terlanjur kuliah di jurusan lain, jangan berkecil hati. Kamu tetep bisa sukses kok!

 

​5. ENTJ Cocok Dengan Siapa?

Untuk urusan percintaan, ENTJ cocok dengan siapa ya? Berikut ini pasangan yang cocok untuk ENTJ:

 

5.1 ​ENTJ cocok dengan INFP

INFP punya kebaikan hati dan punya kepribadian yang berbanding terbalik dengan ENTJ. ENTJ cocok dengan INFP karena sama-sama punya visi yang besar. INFP sering gagal dalam urusan hubungan, terlepas dari berapa banyak waktu dan kerja keras yang mereka lakukan dalam segala hal. Karena sama-sama sering gagal ini, mereka bisa jadi pasangan yang cocok dan saling memperjuangkan.

 

​5.2 ENTJ cocok dengan INTP

INTP punya kecocokan dengan ENTJ, karena INTP pintar menemukan solusi dari rencana besar ENTJ dan bisa bertindak sebagai “penasihat” ketika ENTJ punya pertanyaan. INTP punya kekurangan berupa tidak konsisten dan fokusnya sering terpecah. Ini bisa dikontrol oleh ENTJ.

Kepo tentang INTP? Skuylah cek di sini!

 

5.3 ENTJ cocok dengan INTJ

ENTJ punya banyak sekali kemiripan dengan INTJ. Salah satu kemiripannya adalah mereka suka berterus terang tanpa ada yang ditutupi. Sedikit pembedanya adalah INTJ kata-katanya lebih tajam dan kadang menyinggung perasaan.

Baca lebih lanjut tentang INTJ di sini yes!

 

​5.4 ENTJ cocok dengan INFJ

ENTJ mungkin paling cocok sama INFJ. INFJ adalah individu yang hangat dan dewasa. Para INFJ cenderung menjaga prinsip-prinsip dan lebih paham apa yang benar atau salah. Ini bisa membantu ENTJ untuk menjaga kesabaran, dan membuat ENTJ lebih peka terhadap orang dan situasi sekitar.

Nah, itu tadi yes sekilas tentang kepribadian ENTJ. Apa kamu punya kepribadian ENTJ? Atau temen kamu punya kepribadian ini? Coba dong bagiin cerita kamu ke kita di kolom komentar!

 

Sumber

https://www.quora.com/Who-is-the-best-match-for-an-ENTJ

https://personalitymax.com/personality/entj/career/

https://www.truity.com/personality-type/ENTJ/careers

https://www.16personalities.com/entj-strengths-and-weaknesses

 

Leave a Comment