Gangguan Penyesuaian – Definisinya Menurut Psikologi

Home // Istilah Psikologi // Gangguan Penyesuaian – Definisinya Menurut Psikologi

Kali ini kita akan membahas pengertian gangguan penyesuaian. Gangguan penyesuaian adalah kategori diagnostik yang ditandai dengan reaksi emosional terhadap peristiwa yang membuat stres.

Gangguan ini memperlihatkan penderitaan dan gangguan emosional, yang terjadi karena stres atas proses transisi kehidupan yang penting, sedang mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, penyakit fisik yang parah, atau potensi penyakit serius.

Semua pernah mengalami stres. Namun, gangguan penyesuaian berkembang ketika teknik koping yang biasa kita gunakan sudah gagal mengurangi stres secara memadai.

Pengertian Gangguan Penyesuaian Menurut Para Ahli

Gangguan penyesuaian di dalam DSM 5

Seperti apa pengertian gangguan penyesuaian dalam DSM V?

Menurut DSM-5, gangguan penyesuaian didefinisikan sebagai “adanya gejala emosional atau perilaku sebagai respons terhadap stresor yang dapat diidentifikasi yang terjadi dalam waktu 3 bulan sejak dimulainya stresor” (American Psychiatric Association, 2013 ).

Kriteria DSM-5 lain untuk gangguan penyesuaian harus ada selain paparan satu atau lebih stresor. Salah satu atau kedua kriteria berikut ada:

• Distress yang tidak sebanding dengan reaksi yang diprediksi oleh stresor

• Gejala harus substansial secara klinis, menyebabkan nyeri yang signifikan dan gangguan fungsional.

Selanjutnya, kriteria ini harus ada:

• Distress dan hendaya disebabkan oleh stresor dan bukan merupakan gejala dari masalah kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya.

• Reaksinya tidak khas.

• Gejala harus hilang dalam waktu enam bulan setelah stresor dihilangkan atau orang tersebut mulai menyesuaikan dan mengatasinya.

Gangguan penyesuaian dalam PPDGJ

Seperti apa pengertian gangguan penyesuaian dalam PPDGJ?

Gangguan Penyesuaian dalam PPDGJ III berada di kode F43.2, termasuk dalam kategori reaksi terhadap reaksi berat dan gangguan penyesuaian.

Di dalam PPDGJ III, Gangguan penyesuaian adalah gangguan yang berasal dari stres luar biasa, atau ada perubahan penting yang menimbulkan situasi tidak nyaman berkelanjutan.

Suatu gangguan dikatakan gangguan penyesuaian apabila ada kejadian, situasi yang stressful, atau krisis kehidupan. Dan gangguan tidak muncul seKamuinya situasi stressful ini nggak ada.

Di dalam PPDGJ III, Gangguan penyesuaian adalah gangguan yang berasal dari stres luar biasa, atau ada perubahan penting yang menyebabkan situasi tidak nyaman berkelanjutan.

Suatu gangguan dikatakan gangguan penyesuaian apabila ada kejadian, situasi yang membuat stres, atau krisis kehidupan. Dan gangguan tidak muncul situasi stres ini nggak ada.

Gangguan penyesuaian dalam ICD 10

Seperti apa pengertian gangguan penyesuaian dalam ICD 10?

Gangguan penyesuaian diklasifikasikan sebagai reaksi terhadap stres berat dan gangguan penyesuaian dalam klasifikasi ICD-10 (F43). Kategori ini termasuk reaksi stres akut (F43.0), gangguan stres pasca-trauma (F43.1) (PTSD), gangguan penyesuaian (F43.2), reaksi stres berat lainnya (F43.8), dan reaksi stres berat yang tidak ditentukan ( F43.9).

Gangguan penyesuaian adalah sekelompok kondisi yang dapat muncul ketika Kamu tidak dapat mengatasi peristiwa kehidupan yang penuh tekanan. Ini dapat mencakup kematian orang yang dicintai, masalah perkawinan, atau dipecat dari pekerjaan. Meski setiap orang pasti akan mengalami stres saat menghadapi masalah tadi, akan ada orang-orang yang kesulitan menghadapinya.

Ada enam gangguan penyesuaian, masing-masing dengan tanda dan gejalanya sendiri.

Gangguan penyesuaian dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak.

Kamu dapat mengobati gangguan ini dengan terapi, obat-obatan, atau kombinasi. Kebanyakan orang yang memiliki gangguan penyesuaian dapat sembuh dengan cepat dengan bantuan. Selama stresor tidak berlanjut, maka kondisi ini akan berlangsung tidak lebih dari enam bulan.

Baca juga pengertian dari berbagai istilah psikologi lainnya di sini.

Jenis-jenis gangguan penyesuaian

Adjustment disorder dengan mood tertekan

Orang dengan gangguan penyesuaian cenderung merasa sedih dan putus asa hampir sepanjang waktu. Ini juga terkait dengan menangis terus-menerus. Kamu mungkin juga menemukan bahwa Kamu tidak lagi suka melakukan hal-hal yang dulu Kamu sukai.

Adjustment disorder dengan kecemasan

Gangguan penyesuaian dengan kecemasan menyebabkan orang merasa kewalahan, cemas dan khawatir. Orang dengan gangguan ini mungkin juga sulit untuk fokus dan mengingat sesuatu.

Untuk anak-anak, diagnosis ini biasanya terkait dengan kecemasan berada jauh dari orang tua dan orang-orang terkasih lainnya.

Adjustment disorder dengan gabungan kecemasan dan perasaan tertekan

Orang dengan gangguan penyesuaian semacam ini mengalami depresi dan kecemasan.

Adjustment disorder dengan gangguan perilaku

Gejala jenis gangguan penyesuaian ini terutama melibatkan masalah perilaku seperti mengemudi dengan sembrono atau memulai perkelahian.

Remaja dengan gangguan ini dapat mencuri atau merusak properti. Mereka mungkin juga mulai bolos sekolah.

Adjustment disorder dengan gangguan emosi dan perilaku

Gejala gangguan penyesuaian ini termasuk depresi, kecemasan, dan masalah perilaku.

Adjustment disorder Tidak Terspesifikasi

Mereka yang didiagnosis dengan gangguan penyesuaian yang tidak terspesifikasi memiliki gejala yang tidak terkait dengan jenis gangguan penyesuaian lainnya. Ini termasuk gejala fisik atau masalah dengan teman, keluarga, pekerjaan, atau sekolah.

Gejala Gangguan Penyesuaian

Dalam semua gangguan penyesuaian, gejala yang paling jelas adalah ada reaksi berlebih terhadap penyebab stres. Untuk disebut gangguan penyesuaian atau adjustment disorder, reaksi harus mengganggu fungsi sosial, pekerjaan atau pendidikan secara signifikan.

Gejala juga bisa berbeda tergantung pada usia, berapa lama keadaan stresful berlangsung, seberapa besar dampaknya dan apa efeknya.

Gejala gangguan penyesuaian diri remaja bisa lebih bersifat behavioral, seperti kenakalan atau membangkang. Orang dewasa yang mengalami gangguan penyesuaian menunjukkan gejala yang lebih depresif.

Ada enam subtipe gangguan penyesuaian yang didasarkan pada jenis gejala utama yang dialami. Berikut ini adalah gejala paling umum dari masing-masing subtipe gangguan penyesuaian. Namun, setiap orang mungkin mengalami gejala yang berbeda:

Gangguan penyesuaian dengan mood depresi. Gejala mungkin termasuk:

• Suasana hati yang tertekan
  • Menangis
  • Perasaan putus asa

Gangguan penyesuaian dengan kecemasan. Gejala mungkin termasuk:

• gugup
  • khawatir
  • gemetar
  • Takut berpisah dari orang terdekat

Gangguan penyesuaian dengan kecemasan dan suasana hati yang tertekan.

Ada kombinasi dari kedua gejala gangguan penyesuaian di atas.

Gangguan penyesuaian dengan gangguan perilaku. Gejala mungkin termasuk:

• Pelanggaran hak orang lain
  • Pelanggaran norma dan aturan masyarakat (membolos, perusakan properti, mengemudi atau berkelahi)
  • Gangguan penyesuaian dengan gangguan campuran emosi dan perilaku. Kombinasi gejala dari semua subtipe di atas hadir (mood depresi, kecemasan dan perilaku).

Gangguan penyesuaian tidak ditentukan.

Reaksi terhadap peristiwa stres yang tidak sesuai dengan salah satu subtipe di atas hadir. Reaksi mungkin termasuk perilaku seperti penarikan sosial atau hambatan untuk kegiatan yang biasanya diharapkan, seperti sekolah atau bekerja.

Gejala gangguan penyesuaian mungkin menyerupai masalah medis atau kondisi kejiwaan lainnya. Selalu berbicara dengan penyedia layanan kesehatan remaja Kamu untuk diagnosis.

Penyebab Gangguan Penyesuaian

Apa penyebab gangguan penyesuaian?

Berbagai peristiwa stres dapat menyebabkan gangguan penyesuaian. Beberapa penyebab umum pada orang dewasa meliputi:

• kematian anggota keluarga atau teman

• masalah hubungan atau perceraian

• perubahan besar dalam hidup

• penyakit atau masalah kesehatan (dalam diri Kamu atau seseorang yang dekat dengan Kamu)

• pindah ke rumah atau tempat baru

bencana mendadak

• masalah uang atau ketakutan

Penyebab khas pada anak-anak dan remaja meliputi:

• pertengkaran atau masalah keluarga

• masalah di sekolah

• kecemasan akan seksualitas

Penanganan Gangguan Penyesuaian

Beberapa penanganan gangguan ini dapat berupa:

1. Psikoterapi individu menggunakan pendekatan kognitif-perilaku. Pendekatan kognitif-perilaku digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang sesuai dengan usia, keterampilan komunikasi, kontrol impuls, keterampilan manajemen kemarahan dan keterampilan manajemen stres.
  2. Terapi keluarga. Terapi keluarga sering difokuskan untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam sistem keluarga. Contoh: meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi keluarga.
  3. Terapi kelompok sebaya. Terapi kelompok sebaya sering difokuskan pada pengembangan dan penggunaan keterampilan sosial dan keterampilan interpersonal.
  4. Obat-obatan. Obat-obatan jarang digunakan dalam pengobatan adjustment disorder ini, namun dapat jadi pilihan dengan kondisi tertentu.

Mencegah Gangguan Penyesuaian

Upaya pencegahan dari gangguan penyesuaian belum diketahui saat ini.

Namun, penemuan dini dan mendapatkan bantuan profesional bisa mengurangi parahnya gejala yang muncul.

Jurnal terkait gangguan penyesuaian

Pengertian gangguan penyesuaian dapat dilihat lebih lanjut di sini.

Patra, B. N., & Sarkar, S. (2013). Adjustment disorder: current diagnostic status. Indian journal of psychological medicine35(1), 4–9. https://doi.org/10.4103/0253-7176.112193