Apa pekerjaan yang cocok untuk ESTJ? Apa jurusan yang cocok untuk ESTJ? Kuylah kita bahas bersama-sama di sini.

 

1. Seperti Apa Pekerjaan yang Cocok untuk ESTJ?

 

1.1 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ESTJ

Sebenarnya orang dengan tipe kepribadian ESTJ cocok kerja apa?

ESTJ akan cocok dan sukses di bidang pekerjaan berikut ini:
1 Teknisi Penjualan
2. Pialang Saham
3. Pialang Asuransi
4. Supervisor
5. Sales Real Estat
6. Manajer
7. Analis Keuangan
8. Penasihat Keuangan
9. Koordinator Proyek
10. Konsultan Bisnis
11. Asisten Administratif
12. Chief Executive Officer
13. Deputy Chief Financial Officer
14. CISO (Chief Information Officer)
15. Perwira Militer
16. Hakim
17. Penasihat hukum
18. Asisten hukum
19. Akuntan
20. Restaurateur
21. Apoteker
22. Dokter
23. Profesional medis
24. Pelatih Atletik
25. Engineering Struktural
26. Engineering Mekanik
27. Teknik Industri
28. Engineering Penerbangan
29. Teknisi Database

 

1.2 Kenapa Pekerjaan-pekerjaan Tadi Cocok untuk ESTJ?

ESTJ memperhatikan fakta dan kebutuhan konkret. Mereka adalah orang-orang yang analitis, teliti, tegas, langsung, efisien, akuntabel, dan berorientasi pada fakta.

ESTJ akan sukses dalam lingkungan yang punya aturan, dan standar yang jelas. Tipe kepribadian ESTJ akan unggul dalam peran memimpin dan menikmati pekerjaan yang hasilnya bisa diukur dengan angka.

Sebagai ESTJ, kamu punya bakat mengelola orang, proyek, dan jalannya kerja. Ini karena ESTJ suka akan tanggung jawab.

Kamu akan sering mencari posisi dalam manajemen, membuat keputusan dan menegakkan kebijakan.

Sebagai orang dengan kepribadian ESTJ, di tempat kerja kamu bisa membangun reputasi sebagai orang bisa diandalkan. Kamu tekun dalam mengerjakan proyek sampai selesai. Malah, kamu kelak jadi terlalu banyak kerja karena mau bertanggung jawab.

Sebagai ESTJ, kamu akan lebih cocok berada di lingkungan kerja yang strukturnya jelas dan ada atasan yang jelas. Kalau peraturan dan tata kerja udah jelas, kamu jadi bisa kerja dengan tenang. Kan tinggal ikutin aja aturannya.

Makanya, pekerjaan yang terbaik bagi ESTJ adalah yang bisa memaksimalkan bakat keterampilan organisasi kamu, dan sesuai sama peraturan yang ada.

pekerjaan yang cocok untuk estj

Karena ESTJ lebih suka aturan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan, maka organisasi yang sangat terstruktur kayak perusahaan atau militer mungkin cocok buat mereka.

Kalo gak suka perusahaan atau militer gimana?

Jangan khawatir. Selain perusahaan dan militer, bidang-bidang pekerjaan apapun yang menghargai dan memupuk integritas, seperti hukum dan pemerintahan, juga ideal buat kamu.

Karena kamu orangnya nggak suka yang abstrak, maka kamu lebih cocok pada bidang yang berhubungan dengan sama sesuatu yang bisa diukur secara langsung. Misalnya keuangan atau teknik.

Kepercayaan diri kamu yang tinggi akan bikin kamu cepat naik ke posisi manajerial atau administratif. Ini juga ditopang sama kepribadian kamu yang sangat menyenangkan, yang berkontribusi pada kesuksesan kamu dalam memimpin.

 

2. Karir yang Harus Dihindari ESTJ

pekerjaan yang cocok untuk estj

2.1 Karir seperti apa yang tidak cocok untuk ESTJ?

Sebenarnya karir tidak selalu ditentukan oleh tipe kepribadian. Meski kamu ESTJ, kamu bisa berhasil dalam pekerjaan apa pun.

Tapi beberapa pekerjaan berikut ini mungkin sebaiknya perlu kamu hindari. Ini karena jenis pekerjaannya nggak sesuai sama kepribadian kamu.

Menurut data yang dikumpulkan dari survei populasi umum, pekerjaan berikut ini nggak cocok untuk kamu yang berkepribadian ESTJ.

  1. Desainer
  2. Ilustrator
  3. Penulis
  4. Musisi
  5. Industri Kreatif
  6. Ahli Kecantikan
  7. Guru TK atau PAUD
  8. Psikolog Sosial
  9. Pekerja Penitipan Anak
  10. Pekerja Sosial
  11. Dokter Hewan
  12. Psikoterapis

 

2.2 Kenapa pekerjaan tadi tidak cocok untuk ESTJ?

Beberapa pekerjaan di atas nggak cocok karena kamu lebih nyaman dalam ketertiban dan stabilitas.

Karena nggak suka kekacauan, bekerja di lingkungan yang nggak tentu akan membebani pikiran kamu. Kamu lebih suka kerja yang pasti-pasti aja. Pasti jelas dapet gaji berapa, sudah tau digaji tanggal berapa, dan apa targetnya.

Kalau pemasukan dan jadwal kerjanya nggak teratur, kamu jadi stres.

Lingkungan kerja yang nggak menerima pengelolaan dan pemasukan juga nggak pas buat kamu. Sebagai orang ESTJ, kamu kan selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi. Ketika idemu nggak diterima, kamu akan merasa diabaikan.

ESTJ adalah pembawa ketertiban dan keuletan dalam tim, dan berfokus pada peluang untuk menerapkan struktur dan mengambil tindakan tegas. ESTJ tidak berbasa-basi saat membagikan penilaian objektif mereka tentang suatu situasi.

Kamu adalah pekerja keras, produktif, dan berorientasi pada hasil, mengharapkan orang lain untuk mengikuti apa yang kamu jalani. Ketika hasil pekerjaanmu nggak bisa diukur dengan angka dan data, kamu jadi nggak puas.

Iklan!

Bisa dibandingkan antara pekerjaan teknisi dan pemain musik. Kalo teknisi, sudah jelas pola perbaikan mesin yang harus diikuti. Ini beda sama pemain musik yang harus terus berkreasi.

 

 

3. Bagaimana ESTJ sebagai pebisnis atau pengusaha, apa ESTJ bisa jadi entrepreneur?

ESTJ juga sebenarnya bisa bekerja sendiri, mungkin sebagai freelance atau berbisnis.

Jika berbisnis, kamu perlu mencari aturan-aturan yang bisa diikuti, memastikan setiap langkahnya dilakukan dengan benar, dan hasilnya konsisten.

Kalau punya karyawan, kamu akan berkomunikasi pada karyawan tentang apa yang perlu dilakukan. Ketika harus mempertanggung jawabkan hasil kerja ke para pemegang saham misalnya, kamu biasanya akan melaporkan hasil akhirnya dengan detail dan terorganisir.

Mungkin kendala bagi ESTJ di dalam bisnis adalah kurang berani dalam berinovasi yang kreatif. Mereka yang berorientasi pada T (Thinking) mungkin kurang cepet mengendus peluang di pasar.

Kamu akan cenderung melihat ke belakang dan nggak berani menciptakan langkahmu sendiri, yang berbeda dan radikal. Visi masa depan adalah tantangan bagi para pebisnis ESTJ, yang seringkali lebih pintar dalam menerapkan peraturan daripada mengubah peraturan.

Mungkin ESTJ bisa nyaman sebagai pebisnis bila marketnya jelas dan nggak perlu banyak berinovasi di produknya. Cari aja bisnis yang strukturnya mudah ditiru dan nggak perlu terlalu banyak berinovasi.

 

 

4. Apa Jurusan yang Cocok untuk ESTJ saat Kuliah?

ESTJ sering kali berprestasi tinggi di kuliah atau sekolah, karena mereka cenderung bertekad dan tekun.

Malahan, ESTJ adalah salah satu tipe kepribadian dengan IPK rata-rata perguruan tinggi tertinggi dan cepat lulus.

Sebagai mahasiswa ESTJ, kamu lebih mementingkan yang jelas dan terukur. Kamu lebih melihat dunia sebagai kumpulan fakta yang dihubungkan.

Makanya, jurusan yang berhubungan dengan hal-hal yang jelas dan praktis mungkin paling cocok buat kamu. Ini termasuk jurusan hukum, bisnis, dan keuangan.

Karena ESTJ memiliki kecenderungan kuat untuk kepemimpinan, mata pelajaran yang berfokus pada manajemen atau administrasi mungkin cocok buat kamu. Kepraktisan kamu, dikombinasikan dengan perhatian kamu terhadap detail, membuat kamu cocok dalam bidang ilmiah seperti penelitian, teknik, dan ilmu komputer.

Apa jurusan kuliah yang cocok untuk ESTJ?
Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk ESTJ:
Akuntansi
Administrasi Bisnis
Teknologi Informasi
Manajemen Bisnis
Administrasi
Kriminologi dan Peradilan Pidana
Ekonomi
Administrasi Perhotelan
Engineering
Ilmu Hukum
Teknik Mesin
Penerapan K3
Teknik Sipil

 

Nah, itu tadi ya beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk ESTJ dan pekerjaan yang harus dihindari. Meski kamu mungkin udah bekerja di tempat yang cocok, tetep kerja keras ya. Biar makin sukses.

 

https://www.truity.com/personality-type/ESTJ/careers

https://personalitymax.com/personality/estj/career/

Dunning, Donna. 2010. What’s Your Type Career? Nicholas Brealey .

 

Author: Robi Maulana

Yang nulis di PH. Sering ada bahan tulisan tapi buntu di tengah jalan. Sekarang main instagram tapi followernya masi dikit.

Ada komentar? Mau nanya? Mau curhat? Silakan tulis di sini :)