Apa Pekerjaan yang Cocok Untuk ENFJ? Lihat dan Persiapkan Masa Depan Kamu!

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // MBTI // Apa Pekerjaan yang Cocok Untuk ENFJ? Lihat dan Persiapkan Masa Depan Kamu!

Apa saja pekerjaan yang cocok untuk ENFJ? Apa jurusan yang pas untuk mereka? Dan, karir seperti apa yang tidak cocok untuk kepribadian ENFJ?

Kali ini kita akan bahas jenis karir untuk ENFJ dan bagaimana supaya ENFJ bisa sukses.

1. Pekerjaan yang Cocok untuk ENFJ

1.1. Apa contoh pekerjaan yang cocok untuk ENFJ?

Jadi, ENFJ cocok jadi apa sih? Apa jenis pekerjaan yang cocok untuk ENFJ? Jenis pekerjaan yang cocok untuk ENFJ adalah:

  1. Guru/Dosen/Guru TK
  2. Bekerja di tempat penitipan anak
  3. Pengusaha yang bisnisnya berupa layanan
  4. Customer service, atau pelayanan pelanggan
  5. Relawan
  6. Pekerjaan yang lebih banyak melayani dan tidak bersaing satu sama lain
  7. Konselor dan terapis di lembaga rehabilitas penyalahgunaan narkoba dan alkohol
  8. Pekerja keagamaan
  9. Bekerja di layanan sosial, seperti LSM, LBH, dan semacamnya
  10. Psikolog
  11. Psikiater
  12. Konseling
  13. Dokter
  14. Perawat
  15. Bidan
  16. Dietitian
  17. Humas
  18. Penjualan
  19. Manajer
  20. PNS bagian pelayanan publik
  21. Aktor/aktris

1.2. Kenapa Pekerjaan tadi pas untuk ENFJ?

Kita perlu ingat kalau ENFJ adalah tipe yang lebih mengandalkan kemanusiaan dan kasih sayang. Buat ENFJ, hidup akan lebih baik bila kita saling berbagi dan mengasihi.

Kebersamaan dan kerjasama bagi mereka adalah hal yang penting. Dengan saling menguatkan, saling bersahabat, dan saling membantu, maka kehidupan akan jadi lebih mudah.

Inilah prinsip hidup yang dipegang ENFJ. Dalam kehidupan, dia akan berusaha untuk selalu peduli dan selalu memberikan yang terbaik untuk orang lain. Dia akan berusaha bersikap ramah, menerima orang lain, dan selalu berusaha menolong orang lain.

Di dalam pekerjaan pun demikian. Seorang ENFJ akan mendapatkan semangat lebih apabila pekerjaannya memiliki kemuliaan. Bekerja bagi ENFJ bukan tentang uang, tapi tentang membantu orang.

Makanya ENFJ cocok bekerja sebagai dokter, perawat, bidan, atau pekerja sosial. Dengan menolong orang yang membutuhkan, ENFJ merasa lebih semangat dalam bekerja. Kerjanya akan terasa lebih bernilai. Capek juga seolah terbayarkan.

Pekerjaan yang cocok untuk ENFJ

ENFJ juga bisa sukses bekerja sebagai guru atau pengajar. Mereka akan dengan tulus dan sabar mengajar murid yang kesulitan, yang pada akhirnya bikin siswa betah sama mereka.

Membantu ini tidak hanya ke konsumen, pasien, atau siswa lo. ENFJ juga sigap menolong rekan kerjanya.

Kalau kamu seorang ENFJ, maka kamu sebenernya punya bakat menyatukan orang untuk menyelesaikan sesuatu. Artinya, kamu bisa meredam konflik di dalam pertemanan, bisa membantu mendengarkan cerita rekan yang kesusahan, dan membantu membuat orang merasa diterima di lingkungan kerja.

Kamu sebenarnya punya bakat mengkoordinir. Makanya, kamu mungkin bisa sukses dan nyaman di posisi manajerial, semacam manajer atau direktur. Jadi pemimpin yang komunikatif akan bagus buat kamu, dan kamu akan jadi ENFJ yang berhasil di pekerjaannya.

Selain ke konsumen dan ke rekan kerja, kamu juga cocok menolong masyarakat luas. Makanya, kalau kamu ENFJ, kamu cocok di pekerjaan terkait penjualan dan hubungan langsung ke masyarakat. Jadi PNS di bagian pelayanan publik mungkin. Keteraturan jam kerja yang ada di PNS juga bagus untuk aspek J di dalam kepribadian kamu.

Secara sifat, ENFJ berusaha menjaga keharmonisan di dalam tim. Selama bekerja ENFJ akan siap membantu dengan tulus. Selama pekerjaan itu bisa membantu banyak orang, itu akan jadi pekerjaan yang cocok untuk ENFJ.

Bagi ENFJ, suatu tempat kerja yang baik adalah tempat di mana semua orang punya hubungan baik satu sama lain. Kalau tempat kerjanya ternyata nggak nyaman atau suasananya kurang akrab, maka mereka berusaha supaya gimana caranya tempat itu jadi nyaman dan akrab.

Performa ENFJ dalam bekerja dipengaruhi oleh mood dan moral orang-orang di sekitarnya. Kalau rekan kerjanya enak diajak bekerjasama dan mau saling terbuka, performa kerja mereka pun akan naik.

Sebaliknya kalau tempat kerjanya saling tusuk dan saling jegal. Ini akan bikin ENFJ stres. Mustahil bagi ENFJ untuk kerja di tempat yang persaingannya nggak sehat; ramah di depan tapi saling menjatuhkan di belakang.

 

2. Pekerjaan yang Tidak Cocok untuk ENFJ

2.1. Contoh pekerjaan yang tidak pas untuk ENFJ

Jenis pekerjaan yang tidak cocok untuk ENFJ adalah

  1. Buruh/kerja bangunan
  2. Ahli farmasi atau kimia
  3. Mekanik
  4. Bekerja di bidang statistik
  5. Auditor
  6. Pekerja Bank
  7. Programmer/Coding
  8. Trading atau Pemain saham
  9. Pengacara
  10. Polisi
  11. Teknisi
  12. Surveyor
  13. Operator tur
  14. Kerja politik
  15. Pekerja kompetitif seperti atlet atau e-sports
  16. Freelance

2.2 Kenapa pekerjaan tadi tidak nyaman untuk ENFJ?

ENFJ harus menghindari jenis kerja yang tidak banyak berhubungan dengan orang lain.

Misalnya, menyibukkan diri dengan angka dan data. Karena ini nggak berhubungan langsung dengan orang lain, dan tidak terkait dengan menolong orang, maka ENFJ nggak maksimal di sini.

ENFJ juga bakal sengsara kalo nggak ada komunikasi selama bekerja.

Makanya kerja sendirian semacam freelance mungkin kurang cocok buat kamu. Belum lagi jam kerjanya yang nggak teratur dan nggak terikat; maka ini akan membuat kamu kesulitan sendiri.

 

ENFJ harus menghindari pekerjaan yang menghindari lingkungan kerja toxic.

Kalau kamu ENFJ, kamu pasti benci dengan gosip atau konflik dengan orang lain. Buat kamu, performa kerja harusnya diraih dengan saling membantu. Bukan saling menjatuhkan. Kamu harus menjauh dari pekerjaan apapun yang lingkungan kerjanya seperti ini.

 

Kamu sebagai ENFJ juga akan cepat bosan dengan pekerjaan yang alurnya lamban dan statis.

Kamu orangnya mudah bersemangat, tapi kalau lingkungan kerjanya terlalu sunyi dan membosankan, kamu juga akan bosan. Padahal kamu orangnya suka ngobrol dan membantu orang. Beberapa pekerjaan seperti statistika, akuntansi atau pemrograman komputer, pada dasarnya sepi dan membosankan. ENFJ bukanlah tipe yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk mengisi data. Kamu perlunya ngobrol dengan orang lain sepanjang waktu.

Karir yang cocok untuk ENFJ, enfj pekerjaan

Kamu nggak bisa melakukan pekerjaan yang membosankan. ENFJ suka mempelajari, mencoba, atau menemukan hal baru. Ini karena kamu sangat intuitif. Kamu akan semangat bekerja ketika kamu menemui tantangan dan orang baru setiap harinya. Makanya pekerjaan untuk ENFJ bukan yang semacam ini,

 

Kenapa ENFJ tidak cocok jadi polisi?

Meski suka keteraturan, kamu orangnya nggak bisa dipaksa mengikuti aturan yang ketat. Kamu juga orangnya nggak bisa terlalu tegas sama orang. Makanya kamu nggak cocok untuk pekerjaan seperti penjaga keamanan, polisi, dll.

Kamu orangnya gampang kasihan sama orang. Takutnya kalo kamu jadi polisi, bocil bocil yang mau ngebegal bukannya kamu tangkep malah kamu lepas dan kamu kasi duit.

 

ENFJ juga nggak bisa tegas sama orang lain.

Masih soal ketegasan nih. Meskipun ENFJ adalah pemimpin yang baik, mereka nggak bisa mengatur atau menangani orang lain secara tegas. ENFJ lebih suka berhubungan dengan hati ke hati. Mereka akan kesulitan kalau harus menghukum atau memecat seseorang tanpa memikirkan dampaknya ke orang dipecat. Padahal pemecatan atau ketegasan kadang terpaksa dilakukan. Sebagai pemimpin, ENFJ biasanya nggak bisa tegas memarahi atau menegur orang, padahal ini dibutuhkan lo.

 

ENFJ nggak bisa kerja di tempat yang nggak berkembang.

Kamu sebagai ENFJ juga nggak bisa kerja di tempat yang nggak memberi kesempatan belajar. Kamu akan lebih tertarik dan terlibat ketika bisa mempelajari keterampilan baru. Makanya, kerja yang nggak memungkinkan kamu untuk mengembangkan skill bukanlah kerja yang cocok buat kamu.

 

3. ENFJ Karir: Lingkungan Kerja yang Nyaman untuk ENFJ

Orang dengan kepribadian ENFJ suka bekerja di situasi yang membuat mereka harus membuat keputusan dan bertindak cepat.

Kamu suka merencanakan, mengatur, dan mengoordinasikan orang. Kamu pantang menyerah dan melakukan apa yang sudah kamu tekadkan. Kamu ingin segala sesuatunya teratur dan merasa nyaman ketika masing-masing pekerjaan sudah ada aturannya.

Kamu sebagai ENFJ juga mau terlibat di banyak aktivitas di luar kerja. Misalnya, kamu dan temen-temen kerja menghabiskan weekend atau malem sabtu untuk jalan bareng.

Biasanya ini dikoordinir sama kamu, malah mungkin kamu sendiri yang ngasi ide. Kamu punya bakat pemimpin dan suka mengatur acara yang bisa dinikmati dan diikuti orang.

Lingkungan kerja terbaik buat kamu adalah yang pertemanannya akrab. Lingkungannya boleh serius, tapi di luar kerja tetep bisa santai. Kamu nggak masalah dengan pekerjaan yang serius, tapi kamu perlu rekan kerja yang juga bisa diajak bercanda dan bisa diajak main selepas kerja.

Lalu, lingkungan kerja yang pas buat kamu adalah yang punya aturan jelas. Kamu perlu tau jam berapa kamu masuk dan jam berapa pulang. Dan jamnya udah pasti, nggak ganti-ganti setiap waktu. Ini karena kamu suka keteraturan.

Dan kamu butuh lingkungan kerja yang kondusif untuk mengembangkan diri. Setiap orang punya kesalahan. Kamu pun memahami itu. Tapi kepribadian ENFJ agak sensitif bila dikritik soal kesalahannya. Makanya kalaupun salah, kamu berharap bisa dikasi tau baik-baik tanpa dipermalukan.

 

4. Lingkungan Kerja yang Kurang Nyaman untuk ENFJ

Lingkungan kerja seperti apa yang harus dihindari ENFJ?

ENFJ perlu menghindari lingkungan kerja toxic. Kamu nggak bisa kerja di tempat yang orang-orangnya saling menjegal dan menusuk dari belakang.

Kamu sebagai ENFJ juga harus menghindari situasi kerja yang terlalu kompetitif. Kalau kamu saling berkompetisi dengan rekan kerja, kamu tepaksa melihat kawan sebagai lawan. Padahal buat kamu rekan kerja harusnya bisa jadi teman atau sahabat.

 

Jurusan yang cocok untuk ENFJ

ENFJ punya skill komunikatif dan senang membantu orang lain mencapai potensi mereka. Orang-orang ENFJ secara umum bersemangat kalau jurusan kuliah mereka bisa memperbaiki dan meningkatkan kehidupan orang lain. ENFJ pun termasuk kreatif dan dapat mengejar sejumlah jurusan kreatif, seperti desain dan komunikasi.

Jurusan kuliah apa yang cocok untuk ENFJ?

Jurusan kuliah yang cocok untuk ENFJ di antaranya:

  1. Periklanan
  2. Kedokteran
  3. Seni Peran
  4. Administrasi Bisnis
  5. Ilmu Komunikasi
  6. Psikologi
  7. Bimbingan dan Konseling
  8. Kriminologi
  9. FKIP
  10. Manajemen Bisnis
  11. Desain Komunikasi Visual
  12. Ilmu Kesehatan
  13. Manajemen Perhotelan
  14. Desain interior
  15. Jurnalistik
  16. Pemasaran
  17. Bahasa modern
  18. Musik
  19. Nutrisi dan Dietetika
  20. Psikologi
  21. Hubungan Masyarakat
  22. Studi Agama
  23. Sosiologi
  24. Teater
  25. Perencanaan dan Pengembangan Kota

Jurusan lain yang nggak tertulis di sini juga ada, tinggal dilihat saja nanti kerjanya kira-kira berhubungan dengan banyak orang apa nggak.

Kira-kira itu ya pekerjaan yang cocok untuk ENFJ dan jurusan yang cocok untuk ditempuh oleh kamu. Tapi perlu diingat; kesuksesan perlu diraih dengan kerja keras dan semangat belajar. Kalau kamu mau sukses di bidang apapun, kamu tetep harus berikan yang terbaik secara maksimal.

Kamu sendiri cita-citanya mau jadi apa?

Sumber:

Ball State University

Psychology Junkie

Dunning, Donna. 2010. What’s Your Type of Career? Nicholas Brealey.

Leave a Comment