Kepribadian ENFJ Itu Apa? Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi?

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // MBTI // Kepribadian ENFJ Itu Apa? Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi?

Mengenal lebih jauh tentang tipe kepribadian ENFJ itu apa, dan sisi yang tak pernah diceritakan.

Kepribadian ada macem-macem, namun tipe kepribadian ENFJ mungkin paling hangat.
Kasih sayangnya luas dan ia siap menolong.

Tapi walaupun gitu, ada juga yang nggak cocok sama dia. Siapa ya?
Lalu, karir apa yang ternyata TIDAK COCOK sama kepribadian satu ini?

 

1. Kepribadian ENFJ Itu Apa?

1.1 Seperti apa kepribadian ENFJ?

Eh, tapi sebelumnya Kepribadian ENFJ itu apa?

ENFJ adalah salah satu tipe kepribadian dalam MBTI (MBTI dijelaskan di sini ya).

Apabila kamu adalah ENFJ, kamu merupakan pengorganisir orang yang baik.. Kamu berusaha berkorban demi kebaikan orang lain. Kamu juga bisa bertindak sebagai “pengubah” manusia, karena kemampuan kamu dalam melihat bakat orang lain, dan memandu mereka untuk mengejar tujuan.

Seperti motivator, kamu lebih bersemangat menciptakan kebaikan untuk orang lain. Kamu adalah pemimpin sejati, penuh semangat dan karismatik.

ENFJ tergerak oleh rasa empati terhadap orang lain. Mereka punya kepekaan emosi terhadap orang lain, bahkan lebih peka dari orang yang merasakan emosi tersebut.

Hebatnya, kepekaan emosi ini tidak cuma untuk orang dekatnya saja; hati ENFJ selalu cukup untuk semua orang. ENFJ akan tergerak bila melihat seseorang menderita, walaupun orang itu tak pernah ia kenal. Rasa simpati yang kuat ini membuat dia gampang terharu.

ENFJ menginginkan hubungan yang dekat dan saling mendukung. ENFJ yakin, bekerja sama adalah cara terbaik mengerjakan sesuatu. Makanya, masukan dan saran selalu diterima oleh mereka.

ENFJ adalah orang dengan niat yang lurus, dan ia berharap orang lain pun memiliki niat yang sama. ENFJ akan kecewa dengan orang yang tidak berbuat tulus untuk orang lain.

Dengan pengaruh alami yang ia punya, ENFJ paling bahagia bila berhasil memandu orang lain untuk memperbaiki diri.

Semua orang tertarik dengan manusia berkarakter kuat, dan ENFJ memiliki itu. ENFJ adalah orang yang lurus, apa adanya, dan peduli untuk orang lain. Bila menurutnya ada sesuatu yang salah, ia akan bangkit dan mengutarakannya.

Kepribadian ENFJ mudah berkomunikasi dengan orang lain, terutama secara empat mata. Ini karena bakat Intuisi (N) yang ia punya, membantu ENFJ dalam mempengaruhi orang lain. Kecakapan ini bisa melalui fakta atau sekadar “mengaduk-aduk” emosi pendengarnya.

ENFJ punya kepedulian besar pada orang lain, sebuah tindakan tanpa mengharap balas.

Bila ENFJ melihat potensi dalam diri seseorang, ia akan sebisa mungkin membantu orang itu menggapai potensinya. Malah, secara polos ia mengira bahwa orang itu sama jujurnya dengan dia.

Hmmm sebenarnya bukan polos sih. Cuma, ENFJ percaya bahwa sejelek-jeleknya orang, pasti ada kelebihannya sendiri. ENFJ bisa melihat kebaikan dalam diri orang lain. Ia sampaikan kebaikan itu, sehingga mereka yang semula enggan jadi berniat berubah.

Karena terlalu peduli pada orang lain, kadang ENFJ menyusahkan diri sendiri. Masalah orang lain pun ikut ia pusingkan. Jika orang yang ia percaya sedang mengalami hambatan, ENFJ kadang ikut menyalahkan dirinya sendiri. Sesuatu yang bukan masalahnya dia, justru malah membuat ia terganggu.

Karenanya, penting bagi ENFJ untuk berhenti sejenak dan menenangkan diri. Terkadang masalah orang lain harus orang itu sendiri yang menyelesaikan. ENFJ dapat membantu, namun cara membantunya adalah dengan memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai masalah itu.

 

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj, enfj itu apa

 

 

1.2. Apakah ENFJ kepribadian langka?

ENFJ termasuk tipe yang langka: hanya 2% orang yang punya kepribadian ENFJ di dunia ini. Kepribadian ini ditemukan di bidang politik, pelatih dan guru, ada juga yang jadi motivator.

Di Indonesia sendiri, sekitar 6,77% orang di Indonesia adalah kepribadian ENFJ, dengan perincian ENFJ-a 2,71% dan ENFJ-t 4,06%.

 

1.3. Apa bedanya ENFJ-a dan ENFJ-t?

ENFJ-a dan ENFJ-t adalah perbedaan kemampuan mengelola emosi antar ENFJ. Kalau ENFJ-a lebih tenang, sementara ENFJ-t sedikit lebih agresif.

Perbedaan kepribadian ENFJ-a dan ENFJ-t meliputi:

ENFJ-a lebih percaya diri, berani dan mandiri, sementara ENFJ-t lebih peka terhadap masalah orang lain.

ENFJ-a lebih menyadari dan merenungi kesalahannya dibandingkan ENFJ-t.

ENFJ-a lebih nyaman menghadapi emosi dan stres, sementara ENFJ-t kurang nyaman. Namun, ENFJ-t lebih bisa memahami kesulitan orang lain.

ENFJ-a cenderung lebih mandiri dan tidak memedulikan pendapat orang lain tentang dirinya.

Sementara, ENFJ-t lebih cenderung meminta pendapat dan mendapat pengaruh kuat dari orang-orang terdekatnya.

 

2. Ciri-ciri ENFJ Itu Apa?

Bagaimana cara mengenali ENFJ?

ENFJ punya bakat murni sebagai guru. Sadar nggak sadar, ENFJ sering memimpin dan mengajari teman-temannya dalam belajar. Orang dengan tipe kepribadian ENFJ punya sifat suka memegang kendali, dan memimpin teman-temannya untuk sama-sama tumbuh dan berkembang.

ENFJ dapat melihat potensi orang lain. Dan, dengan kehangatan yang ia punya, ENFJ dapat meyakinkan orang lain untuk mau berkembang. ENFJ bersemangat dalam memimpin orang, sehingga orang yang dipimpin pun ketularan semangatnya.

ENFJ adalah komunikator yang baik, berbakat dalam menggunakan kata-kata untuk mempengaruhi. ENFJ juga suka mendengar orang lain. Mereka juga suka membantu menyelesaikan masalah orang lain, dan berdiskusi mengenai hidup dan masyarakat.

 

3. Siapa Tokoh ENFJ?

3.1 Tokoh terkenal ENFJ siapa saja?

ENFJ terkenal di antaranya ialah

  1. Oprah Winfrey
  2. Pope John Paul II
  3. Margaret Mead
  4. Ralph Nader
  5. Abraham Maslow
  6. Dr. Phil McGraw
  7. Martin Luther King, Jr.
  8. Harry Styles

 

3.2 Siapa member K-pop yang ENFJ?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini member boyband dan girlband k-pop dengan kepribadian ENFJ:

  1. Jimin (BTS)
  2. Joshua (SVT)
  3. Mingyu (SVT)
  4. Dino (SVT)
  5. Yunho (ATEEZ)
  6. Seojeong (SNSD)
  7. Kang Daniel
  8. Ravn (ONEUS)
  9. Bang Chan (Stray Kidz)

 

3.3 Siapa tokoh anime ENFJ?

  1. Muten Roshi (Dragon Ball)
  2. Tanjiro (Kimetsu no Yaiba)
  3. Sanji (One Piece)
  4. Shirohige (wanpis jugak)
  5. Maito Guy (Naruto)
  6. Hokage ketiga (Naruto)
  7. Kaku (wanpis lagi)
  8. Kyojuro (Kimetsu no Yaiba)
  9. Mbah-mbah nomor urut 001 (Squid Game)

 

4. Kelebihan dan Kekurangan ENFJ Itu Apa?

 

4.1. Kelebihan ENFJ

a. ENFJ punya sifat toleran

Ia mendengarkan pendapat orang lain dengan sungguh-sungguh, bahkan walaupun pendapat itu berlawanan dengannya. ENFJ tipe yang menerima kritik dengan terbuka, selama kritik itu membangun.

 

B. ENFJ Orangnya Bisa dipercaya

Orang ENFJ anti mengecewakan orang lain. Ia melakukan apapun agar kepercayaan orang tidak ternodai. Makanya, bila pekerjaan dipercayakan ke dia, akan dikerjakan sebaik mungkin.

 

C. ENFJ orangnya Karismatik

ENFJ punya bakat alam untuk menarik hati orang lain. Mereka tau cara memikat audiens, membawa mood dan memotivasi orang. Bisa membangkitkan emosi dan passion orang lain, apapun situasi yang muncul.

 

D. ENFJ Orangnya Tidak Mengharap Balasan

Bakat memikat orang lain tidak digunakan untuk diri sendiri, ia menggunakannya untuk menolong orang lain. ENFJ bertekad untuk berbuat baik untuk orang-orang di sekitarnya, baik di lingkungan maupun di dunia. Hangat dan tidak egois, ENFJ percaya bahwa dengan bersama-sama, mereka bisa menciptakan kebaikan.

 

E. ENFJ PUNYA BAKAT Pemimpin alami

ENFJ punya perilaku layaknya pemimpin, membuat dia sering ditunjuk memimpin padahal ia sendiri nggak meminta. Bila ENFJ ditunjuk jadi leader, orang-orang di sekitarnya setuju dan malah merayakannya.

 

4.2 Kekurangan ENFJ Itu Apa Saja?

A. ENFJ Orangnya terlalu Idealis

Orang dengan kepribadian ENFJ kadang lupa bahwa nggak semua orang mengerti pikirannya. Toh, mengubah kebaikan nggak semudah yang ENFJ pikir. Makanya, kadang-kadang orang lain mengira dia punya maksud tertentu, padahal dia sendiri nggak bermaksud demikian. Biasanya, bila dilawan, ENFJ gak marah, tapi menyalahkan diri sendiri.

 

B. ENFJ Terlalu cuek sama diri sendiri

Karena terlalu ngurus orang lain, kadang ENFJ lupa mempedulikan diri sendiri. Kadang ENFJ terlalu memikirkan masalah orang lain, sehingga masalahnya sendiri nggak keurus. Bila nggak hati-hati, rasa cuek ini bisa menghambat upaya mereka dalam menolong orang.

 

C. Orang berkepribadian ENFJ biasanya Terlalu sensitif

ENFJ memang menerima kritikan, tapi bila kata-katanya negatif, biasanya dia sering kepikiran. Kadang kepikiran ini malah bikin stres. Ketika ENFJ pernah dikritik atas suatu hal, kadang ia takut melakukan hal tersebut lagi, karena kepikiran sama kritik sebelumnya.

 

D. ENFJ kurang bisa menghargai diri sendiri

ENFJ mematok kualitas dirinya berdasarkan seberapa jauh dia berhasil menggapai tujuannya. Bila ia berhasil menggapai sesuatu yang ia targetkan, rasa pedenya meningkat. Namun, ketika ia gagal menggapai sesuatu, atau gagal menolong orang, dia langsung jatuh dan bad mood.

 

E. Orang ENFJ Kurang tegas

ENFJ bukan tipe pemikir tegas. Ini karena aspek Feeling dan Extrovert-nya yang kuat. Dua aspek E dan F ini membuat ENFJ sulit membuat keputusan tegas, karena terhalang emosi dan selalu kepikiran dampaknya buat orang lain. Makanya, bila ENFJ dihadapkan dua pilihan yang sama-sama beresiko, ENFJ akan mati kutu.

 

5. Hubungan ENFJ: ENFJ Cocok Dengan Siapa?

Kamu bisa baca lebih lengkap tentang siapa kepribadian yang cocok dengan ENFJ di sini.

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj, enfj itu apa

Orang-orang dengan kepribadian ENFJ merasa hidupnya lebih nyaman bila punya pasangan, dan mereka sedikit ngotot dalam mempertahankan komitmen.

ENFJ melihat pacaran dan kencan sebagai sesuatu yang serius. Buat mereka, pacaran adalah langkah pertama dalam pernikahan, sehingga mereka cukup pemilih. Namun, bila ENFJ sudah dapet pasangan, sayangnya bukan main.

Satu hal yang asik dari ENFJ adalah dia stabil dan dewasa dalam hubungan. Orangnya penyayang dan nggak banyak nuntut.

Biasanya, saat baru-baru jadian, orang merasakan kasmaran ya? Setelah itu, sedikit demi sedikit api cinta itu akan menurun. Nggak demikian dengan ENFJ. Rasa sayangnya stabil, sejak awal hingga kelak akan selalu sama.
ENFJ membuktikan kasih sayangnya dengan kepedulian. Ia akan sering nanya “lagi ngapain“, “sudah makan belum“, atau “jangan lupa makan nanti mati lo“. Kepedulian ini kadang terlalu intens. Bila pasangannya nggak ngerti, si pasangan ini bisa ngerasa terganggu.
Walaupun gitu, ENFJ bukan pacar yang manja atau menuntut. Yang ia mau cuma melihat pasangannya bahagia, dan ia ingin pasangannya memperlihatkan itu.
Kebahagiaan lain bagi ENFJ adalah bila pasangannya berhasil berkat bantuannya dia. ENFJ akan berusaha sebisanya untuk membantu pasangan menggapai mimpi.
Kadang kelakuan ini malah menghambat cita-cita ENFJ sendiri, namun bila pasangannya berhasil, bagi ENFJ pengorbanan itu sepadan.

Bila berkonflik sama pasangan, ENFJ cenderung menghindari konflik itu. Misalnya pasangannya sering pergi gak ngabarin. ENFJ mungkin jengkel sama sikap itu, tapi dia berusaha buat memendamnya biar gak berantem.

Di sisi lain, tipe kepribadian ENFJ kadang-kadang suka ngasih kode-kode nggak jelas dalam pertanyaannya, pertanyaan yang kadang nggak dimengerti sama si pasangan.

Karena sifat penyayangnya yang besar, ENFJ memberi banyak ruang di hatinya untuk si pasangan, sehingga kadang ENFJ lupa mengurusi perkara-perkara lain daripada sekadar pacaran. Bila pasangannya nggak sepaham dengannya, hubungan ini akan cepat kandas.

Dan, bila kandas, ENFJ akan merasakan perasaan bersalah yang besar, karena sudah gagal membantu orang lain.

Itu kan kalo pasangannya nggak ngertiin dia. Kalau ngerti, lain ceritanya.

Jika si pasangan mengerti betapa penyayangnya si ENFJ, dan menghargai porsi cinta yang ENFJ berikan, hubungan mereka akan lama dan bahagia terus. Kan enak tuh kalau kita ngasih perhatian yang besar ke orang lain, dan orang itu menghargainya. Hubungan bisa awet lama.

 

5.1. Kepribadian ENFJ sebagai Teman

 

Dalam pergaulan, ENFJ termasuk orang yang aktif. Bila orang-orang kadang cuek dengan grup chat yang sepi, atau diem aja bila temen lama nggak ngasih kabar, ENFJ nggak demikian. Ia akan aktif nulis sesuatu di grup chat atau ngomen di postingan temennya, supaya hubungan pertemanan ini terjaga terus.

Semua orang suka ENFJ. Mereka asik diajak ngobrol, pengertian, dan tulus. Walaupun asik diajak ngobrol, tapi dia jujur-jujuran aja sama orang. Jadi kalau seseorang punya kekurangan, ENFJ akan bilang.

Saat pergi dan jalan bareng temen-temen pun dia biasanya enerjik dan banyak ngomong. Dia membawa keceriaan dan kehangatan, seolah dia adalah matahari pagi dalam geng.

Dalam lingkungan baru, ENFJ dikenal mudah membuka obrolan dan cepet beradaptasi dengan gaya orang lain. Bila berselisih pendapat pun ENFJ seneng-seneng aja, karena beda pendapat berarti perspektif baru.

ENFJ bertekad jadi teman terbaik semua orang, berusaha membahagiakan banyak orang. Ini terlihat dari upaya ENFJ dalam mengenal orang lain, mimpinya, harapannya, dan kekuatannya. Bagi ENFJ, nggak ada kebahagiaan yang lebih besar daripada melihat temannya berhasil, dan dia bangga bila pernah berkontribusi dalam membantu keberhasilan itu.

Tapi, nggak semua orang suka dicampuri urusannya.

Ada juga kan kepribadian yang sukanya kerja sendiri dan nggak diganggu orang lain. Kepribadian INTP misalnya, lebih suka kalau dia memegang kendali atas tiap usahanya.

ENFJ nggak suka nih ketemu yang kayak gini. Bila usaha tulusnya ditolak, ENFJ akan tersinggung. Biasanya ENFJ akan bersikeras buat nolong, menyebabkan muncul sedikit cekcok.

ENFJ cocok dengan yang suka membimbing dan memimpin, kayak INFJ, ESFJ, dan ENFP. Sementara, ketidakcocokan mungkin akan muncul pada tipe yang kurang serius kayak ESTP, atau tipe yang individual seperti ISTP IFTJ, dan ISTJ.

 

5.2. ENFJ sebagai Orang Tua

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

ENFJ punya bakat sebagai orang tua. Ia bisa menyeimbangkan antara sikap friendly dan menanamkan nilai moral.

Kelebihan terbaik ENFJ sebagai orang tua adalah sikapnya yang empatik. Ia bisa melihat masalah dari sudut pandang anak, sehingga ia bisa memancing anak dalam melihat pilihan-pilihan dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Orang tua ENFJ akan menggugah anaknya untuk berkembang dan mengeksplorasi. Selain itu, ENFJ selalu mengawasi dan mengapresiasi tumbuh kembang anaknya dan memastikan anak itu berada di jalan yang tepat.

Sebagai orang tua, tipe kepribadian ENFJ menjunjung tinggi nilai-nilai moral, dan ia memastikan nilai moral tersebut tertanam di hati anak. Jadi, perbuatan baik anak tidak muncul karena patuh, tapi karena kesadaran.

Berhubung ENFJ punya sifat membenci konflik, maka sebagai orang tua, mereka memastikan lingkungan keluarganya aman dan bebas dari pertengkaran. ENFJ bisa sih marah. Tapi itu bukan senjata utama mereka, sehingga marah dan hukuman fisik jarang muncul.

Seiring perkembangan, anak akan tumbuh menjadi abg yang labil. Abg tentu saja mulai memilih pilihannya sendiri. Dan, bila pilihan si anak berbeda dari bayangan orang tuanya, ENFJ sebagai orang tua akan merasa terluka.

Rasa terluka ini hadir karena ia merasa gagal membimbing anak sesuai tujuan awalnya. Mungkin perasaan ini nggak diungkapkan sih. Seiring waktu, ENFJ mencoba memakluminya.

Tapi kejadian semacam ini jarang terjadi. ENFJ punya bakat dalam menanamkan nilai moral pada anak, sehingga kemungkinan yang paling besar adalah anak ngerti tentang nilai-nilai moral. Kepemahaman ini akan muncul seiring kedewasaan anak.

Dan, ketika anak dewasa, ia akan menyadari berharganya cinta dan perhatian yang ENFJ berikan.

 

6. Pekerjaan yang Cocok untuk ENFJ Itu Apa?

Kamu bisa baca pekerjaan yang cocok untuk ENFJ dan jurusan ENFJ di sini.

Urusan karir, ENFJ paling suka pekerjaan yang sesuai hobinya. Apalagi kalau bukan menolong orang lain?
Untungnya banyak pekerjaan yang sesuai sama hobinya ini. Karena itu, ENFJ cenderung gampang betah sama kerjaannya, terutama kalau saat bekerja diniatkan untuk nolong orang.

Pekerjaan yang cocok untuk ENFJ adalah kerjaan yang dekat sama orang lain. Mungkin kerja sosial, mengajar, konseling, atau penasehat.

Selain itu, karena empati dan cepet akrab sama orang, ENFJ juga bisa jadi HR, koordinator dan politisi. Pokoknya kerjaan yang bisa membantu banyak orang berkembang, ENFJ suka.

Oh iya, ENFJ suka mengekspresikan dirinya secara kreatif dan blak-blakan, membuat ENFJ cocok bekerja sebagai tenaga penjual atau konsultan produk.

Kalau kamu ENFJ, kamu harus berniat kerja buat nolong orang ya, bukan demi kejar target. Kalau pikirannya ngejar target, ada kemungkinan kamu terpaksa bohong, sehingga akan ada rasa bersalah dalam dirimu.

Bakat intusi membuat ENFJ nggak cocok kerja di tempat yang menuntut keputusan cepat dan tegas, kayak militer atau unit darurat. ENFJ akan cepet sekali stres kalau kerja di tempat kayak gitu. ENFJ nggak sanggup mempertahankan fokus terhadap lingkungan menit demi menit, sehingga yang ada malah salah ambil keputusan.

Nah, itu yes pembahasan soal ENFJ itu apa dan bagaimana kelebihan dan kekurangan ENFJ. Kalau kamu adalah ENFJ, ya selamat! ENFJ adalah kepribadian yang cukup langka.

 

sumber:

wikipedia

truity

personalitypage

66 thoughts on “Kepribadian ENFJ Itu Apa? Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi?”

    • ini adalah kekurangan dari teori MBTI, kadang-kadang kepribadian orang bisa berubah-ubah tergantung situasi dan mood.

      Reply
  1. Aku setuju banget sebagai kepribadian ENFJ juga:”)
    Aku lagi berusaha banget sih selalu membantu seseorang/ orang lain, tapi ga lupa juga kalo ENFJ/ diri aku sendiri juga seseorang:”)

    Terima kasih banyak untuk tulisan-nya! btw aku juga main Quora hehe

    Reply
  2. Saya INTP tpi pas baca kepribadian ENFJ beberapa point related sma saya. Cuma dibagian sosial yg kurang. Jadi saya merasa yang benar-benar tahu potensi kita yah diri kita sendiri. Terlepas dari hasil test kepribadian yang sudah dilakukan. Semangat buat teman-teman yang sedang mencari jati diri♥️.

    Reply
  3. Hi guys
    kebetulan aku ENFJ nih yg mau sharing2 karena kebetulan aku orgnya suka menolong bisa dm di ig aku ya @bintangastiana salam kenal smuanya. Semangat!

    Reply
  4. I’m ENFJ-A. keren juga ini kalo ada group WA-nya. Kita makhluk langka yang hanya 2-3% dari populasi dunia 🙂

    Reply

Leave a Comment