kesurupan dalam psikologi

Kesurupan dalam Psikologi, Emang Ada Ya?

Seperti apa kesurupan dalam psikologi? Apa penjelasan psikologi mengenai kesurupan?

Bapak saya pernah jadi kepala sekolah di suatu SMP.
Sekolah itu biasa aja.

Sampai terjadilah suatu kejadian yang membuat bapak masuk TV nasional.
Bukan, bukan pembunuhan atau pemerkosaan.

Di sekolahan bapak saya, terjadi kesurupan massal dan terjadi berhari-hari.
Kesurupan ini bahkan terjadi pada hampir semua siswa, menyebabkan kegiatan belajar mengajar diliburkan.

Bapak sampai pergi jam 12 malam demi menyelesaikan kesurupan ini.

Kesurupan adalah fenomena aneh. Ia sangat erat dengan klenik.
Selama ini kesurupan dianggap sebagai fenomena mistis.

Tapi, benarkah bahwa kesurupan adalah mistis?
Adakah jawaban ilmiah untuk fenomena psikologi ini?

Mari kita selami bersama-sama kesurupan dari sudut pandang psikologi!
Hiiiiiiihihihihihihihihi~

Kasus Psikologi paling terkenal sepanjang masa

10 Kasus Psikologi Paling Terkenal Sepanjang Masa

Contoh kasus psikologi paling terkenal sepanjang masa.

Psikologi telah memulai debut sejak 1879, ketika Wilhelm Wundt mendirikan laboratorium khusus kejiwaan. Psikologi melalui jalan yang panjang dan berliku, tetapi satu hal yang pasti: ia memberikan manfaat bagi umat manusia.

Layaknya cabang ilmu lain, psikologi juga menemui masalah dan kasus yang butuh waktu panjang untuk diuraikan.
Berikut ini 10 studi kasus paling terkenal yang ditemui oleh psikolog dan ilmuwan psikologi.

eksperimen psikologi yang melanggar kode etik

10 Eksperimen Psikologi yang Melanggar kode Etik

10 eksperimen psikologi yang melanggar kode etik, kini sudah nggak bisa dilakukan lagi.

Penelitian itu penting. Karena makin sering dilakukan penelitian, maka ilmu pengetahuan bakal makin berkembang. Makanya setiap tahun, bahkan mungkin setiap hari, penelitian baru terus menerus muncul.

Di psikologi juga gitu. Tiap bulannya pasti ada artikel baru tentang penelitian, dari jurnal dalam negeri maupun internasional. Penelitian juga jadi syarat wajib buat kamu yang mau wisuda, dan juga buat dosen yang mau jadi profesor.

Penelitian sebenernya bebas, tapi tetep ada juga batasannya. Kita nggak boleh asal melakukan eksperimen, apalagi yang sifatnya menyakiti fisik dan jiwa subyek penelitian.

Kalo dulu, sebelum jaman peran dunia misalnya, penelitiannya masih bebas banget. Makanya jaman dulu banyak eksperimen berbahaya yang diujikan langsung ke manusia. Itulah sebabnya dulu ada juga penelitian-penelitian yang sempat dilakukan yang sekarang udah terlarang.

Berikut ini Eksperimen Psikologi yang Melanggar kode Etik, yang kini terlarang untuk dilakukan.

kepribadian narsisisitik, definisi narsisistik dalam psikologi, narsisistuk disorer, narsistik, narsistik disorder, narsistik dalam psikologi, narsistik, narsisistik, narsisistik adalah, narsisme, apakah narsisistik, narsisistik itu apa,

Narsistik Itu Apa Sih? Ini Penjelasannya Secara Psikologis

Sebenarnya narsistik itu apa sih? Seperti apa definisi narsisistik dari segi psikologi?

Semua berawal dari satu mitologi dari Yunani, ketika seorang pria bernama Narcissus mengembara demi mencari cinta. Dalam upaya pencarian cinta itu, dia bertemu cewek bernama Echo. Si Echo ini ternyata naksir sama dia.

Apa daya, Narcissus gak ada rasa sama Echo. Dia nolak Echo deh.
Lalu satu kali, Narcissus memandang genangan air.
Ada seseorang di genangan air itu. Pantulan wajahnya sendiri.

Dan Narcissus jatuh cinta sama pantulan wajahnya itu. Tapi apa daya, dia gak mungkin mencintai dirinya sendiri (maksudnya kayak pacaran atau menikah). Atas kekecewaan dan frustrasi itu, Narcissus menenggelamkan diri deh.

Jatuh cinta sama diri sendiri itulah yang memunculkan istilah narsisistik.
Secara garis besar sih, narsisistik didefinisikan sebagai kecintaan diri sendiri yang tinggi, bahkan pada taraf tertentu merugikan.

Narsisistik adalah perilaku yang mengagungkan dan menyayangi diri sendiri yang terlalu besar.
Orang dengan narsisistik menganggap mereka lebih menarik, lebih pintar, dan lebih penting dari orang lain.
Orang dengan narsisistik menganggap mereka layak diperlakukan spesial.

Pernah kenal sama orang yang kayak gini nggak? ;p

Lanjut!