Kenapa Introvert Pendiam? Ini Lima Alasannya

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Kenapa Introvert Pendiam? Ini Lima Alasannya

Menjadi introvert identik dengan karakter pendiam. Tapi kenapa ya? Kali ini kita akan bahas lima alasan kenapa introvert pendiam.

 

1. Alasan pertama kenapa introvert pendiam adalah karena dia lebih banyak berpikir.

Satu alasan kenapa introvert pendiam adalah mereka sering merenung dan memperhatikan detail di sekitar mereka. Mereka terus-menerus berpikir, overthinking, semua silih berganti di kepala.

Ketika berbicara, introvert mudah terganggu sama suara seseorang, ekspresi wajah, atau bahkan kata-kata yang mereka gunakan.

Ini nggak berarti bahwa mereka bukan pendengar yang baik. Introvert adalah pendengar yang baik, hanya saja mereka nggak begitu lancar mengungkapkan yang mau mereka ucapkan.

Introvert percaya bahwa membentuk kalimat yang indah di kepala mereka lebih mudah daripada mengungkapkannya.

Mereka perlu berhenti sejenak untuk mengumpulkan pikiran dan mencari kata yang pas. Kadang-kadang mereka berpikir keras tentang gimana caranya mengungkapkan ide itu, kadang sampe mereka gagap sendiri dan mengatakan kebalikan dari yang ingin mereka katakan.

Alasan lain kenapa introvert pendiam adalah kadang-kadang mereka cuma nggak ingin ngomong aja. Dunia yang kita tinggali bisa sangat indah, dan kadang mereka hanya ingin menerima semuanya tanpa terganggu sama obrolan.

Baca juga berbagai kesaksian tentang menjadi introvert di sini. Kita bahas penjelasan lengkap tentang introvert!

 

2. Introvert lebih pendiam karena mencari kedamaian dan ketenangan.

Introvert perlu keheningan untuk berpikir. Terutama setelah beraktivitas bersama orang sepanjang hari di tempat kerja atau sekolah.

Merenung adalah cara introvert dalam menemukan makna di dunia dan hidup mereka.

Mereka ingin mengerti, jadi mereka butuh waktu untuk mengamati. Kebisingan yang berlebihan bisa membuat introvert merasa overwhelmed. Ini bikin mereka pusing dan jadi nggak bisa berpikir.

Kedamaian dan ketenangan adalah waktunya berpikir tanpa diganggu siapapun. Dan inilah yang dibutuhkan semua introvert.

Setiap hari, introvert membutuhkan ruang hening untuk menghindari perasaan terbebani sama dunia yang nggak ada habisnya.

Intinya, semua introvert butuh ruang. Ketenangan dan keheningan adalah ruang lega yang sangat dibutuhkan sama introvert.

Ada 25 ide seru untuk ngedate untuk kamu yang introvert atau punya pacar introvert. Cek di sini ya!

kenapa introvert pendiam

 

3. Kadang introvert lebih banyak diam karena capek bersosialisasi.

Alasan lain kenapa introvert pendiam adalah introvert gampang capek sama interaksi sosial.

Bagi introvert, berada di keramaian adalah proses yang sangat menguras tenaga. Ini memperlambat pikiran mereka dan bahkan bisa bikin sakit kepala. Secara psikologis, introvert mudah merasa tertekan ketika mencoba mengatakan hal yang benar.

Kalau baterai sosial mereka udah habis, introvert ingin segera kembali ke tempat menyendiri mereka untuk menyegarkan pikiran.

Hanya karena seorang introvert pamit pulang lebih awal bukan berarti mereka nggak ingin berteman sama kamu. Mereka mungkin hanya membutuhkan istirahat setelah aktif atau bersosialisasi.

 

4. Alasan lain kenapa introvert pendiam adalah karena introvert nggak mau membuka diri ke orang lain.

Beberapa orang senang berbicara tentang diri mereka sendiri dan kehidupan mereka, baik tentang sesuatu yang sepele atau parah.

Tapi introvert beda.

Ketika mencoba mengungkapkan sesuatu yang sangat pribadi, introvert cenderung merasa malu dan terpojok. Introvert nggak suka ketika orang tahu segalanya tentang mereka.

Introvert adalah orang yang tertutup, jadi kadang mereka butuh waktu lama untuk cerita ke orang yang dia percayai. Kadang mereka lebih suka menuliskannya di suatu tempat rahasia.

Bagi introvert, menuangkan pikiran ke dalam tulisan terasa lebih aman dibanding harus cerita sama orang lain.

Beberapa introvert nggak suka mendiskusikan diri mereka sendiri. Diam dan mendengarkan terasa lebih gampang daripada melibatkan dan berpartisipasi.

Introvert jarang bicara, karena menjawab pertanyaan yang bersifat pribadi bisa jadi menakutkan. Tapi, lama-lama introvert akan terbuka ketika mulai merasa nyaman.

 

5. Introvert menjadi pendiam karena emang lebih memilih diam.

Akan ada fase di mana seorang introvert mulai menerima diri mereka sendiri. Mereka udah males memuaskan kehendak orang lain. Ada saat-saat ketika mereka seharian di sekolah tanpa banyak bicara sampai-sampai suara mereka menjadi serak ketika berbicara.

Introvert kadang-kadang mau juga berinteraksi sama orang lain, tetapi mereka lebih suka menuliskan pikiran dan mengamati orang di sekitarnya.

Nah! Itu tadi lima alasan kenapa introvert pendiam.

Menjadi introvert melampaui lima alasan tadi ini.

Sejatinya, lebih banyak diam adalah ciri khas seorang introvert. Kamu nggak harus terus-menerus berbicara untuk diperhatikan atau merasa penting.

Setiap orang pasti akan menemukan circle pertemanan yang cocok. Carilah.

Lagipula, hanya karena seorang introvert tampak ramah bukan berarti mereka nggak membutuhkan waktu untuk menyendiri.

Introvert percaya bahwa setiap orang harus menghabiskan waktu dengan pikiran mereka untuk lebih memahami diri mereka sendiri, pilihan mereka, dan kehidupan mereka.

Jangan coba-coba mengubah seorang introvert menjadi ekstrovert dengan memaksa mereka untuk berbicara lebih banyak. Itu tak akan pernah terjadi. Terimalah mereka apa adanya, karena nggak ada yang salah dengan menjadi seorang introvert.

 

Credit:

Jordan Anderson

 

Leave a Comment