Berantem sama pacar lagi ya? Mau tau penyebabnya? Ingin hubungan jadi awet? Baca dan praktekkan ini deh.

Ada yang bilang kalo pacaran banyak berantemnya berarti jodoh. Tapi kalo memang jodoh, kenapa ini begitu menyiksa?

Apa iya bertengkar adalah bumbu cinta? Seberapa sering berantem yang bener, untuk bisa disebut sebuah hubungan yang sehat?

Yoklah kita bahas!!!

 

Apa penyebab sering bertengkar sama pacar?

Jadi apa sih yang menyebabkan kamu sama dia sering cekcok hmmm?

 

1. Penyebab berantem sama pacar: Bisa jadi kamu atau dia keseringan begadang. 

Ha?

Yes. Kurang tidur bisa menyebabkan munculnya kecemasan, sulit mengontrol emosi, dan akhirnya jadi gampang berantem.

Sebuah penelitian menyebutkan kalo salah satu pasangan kurang tidur, maka hubungan jadi rapuh, saling bersikap dingin, dan mudah terjadi konflik.

Jadi kalo kamu dan pasangan sering berantem, coba suruh dia bobok lebih banyak.

 

2. Penyebab berantem sama pacar: Kalian belum bersikap dewasa

Beda keinginan dalam hubungan itu biasa. Cumaaa kadang-kadang yang bikin beda pendapat berubah jadi pertengkaran adalah ketika kamu atau pasangan atau dua-duanya sama-sama nggak mau ngalah.

Alias tetep bertahan sama pendapat masing-masing. Ini udah pasti bikin pertengkaran tambah besar.

Nggak mau ngalah ini bisa jadi karena egois. Atau karena keras kepala. Atau pola asuhnya waktu kecil yang apa-apa diturutin, jadi kalo nggak diturutin dia ngambek.

Tapi sebenernya terlalu sering mengalah pun nggak baik. Mengalah, kalo keseringan dilakukan salah satu pasangan, bisa bikin dia ngempet dalem ati. Bisa aja lama-lama dia nyari yang lain. Atau mungkin aja dia meledak marah, dan bisa berujung putus.

 

3. Penyebab pertengkaran sama pacar: Kamu atau dia tidak saling percaya.

Insecure itu kayak rasa nggak aman atau takut kehilangan yang berlebih. Ini biasanya terjadi karena trauma dulu pernah diselingkuhin, pernah dibohongin, atau ngerasa minder karena kurang pantes sama si pasangan.

Semua perasaan ini menimbulkan rasa takut kehilangan, yang biasanya keliatan dari gampang curiga, gampang cemburu, ngelarang-larang, gitu-gitu deh.

“suda lima menit tida dibalas, pasti dia lagi ngebalesin chat selingkuhannya…”

 

Kalo emang seseorang udah maklum bahwa pasangannya insecure, mungkin ini nggak masalah. Tapi sebagian orang ada juga yang nggak suka dicurigain atau dikekang. Ini bisa jadi sebab seringnya berantem sama pasangan.

 

4. Penyebab marahan sama pacar: Kalian tidak bekerjasama dalam memecahkan masalah

Namanya masalah udah pasti ada di setiap hubungan.

Tapi yang menyebabkan pertengkaran adalah: ketika masalah muncul, kamu berpikir bahwa ini adalah aku vs pasangan, bukan aku dan pasangan vs masalah.

Pola pikir simpel ini bisa menjawab banyak banget pertengkaran!

Kalo emang masalah dateng, coba aja berpikir bersama-sama buat nyelesaiinnya, bukan berusaha nyelesaiin sendiri-sendiri.

 

5. Penyebab putus sama pacar: Bisa jadi kalian tidak saling menghormati

Dalam hubungan, rasa sayang aja nggak cukup. Harus ada rasa respek atau saling menghormati. Menghormati ini bisa berupa memberikan privasi pada pasangan. Bisa berupa ngedengerin pendapat pasangan dan mempertimbangkannya.

Memang sih dalam sebuah hubungan itu “dua jadi satu”, tapi tiap orang masih pengen punya ruang privasi. Ruang privasi ini bisa berupa ngasi waktu untuk beraktivitas sesukanya. Kalo di dunia maya, ya membebaskan pasangan untuk ngefollow siapapun dan membalas komentar dari siapapun.

Misalnya kamu deh. Walaupun udah punya pacar, kamu nggak mau juga kan nempel mulu atau telponan mulu?

Iklan!

Kamu juga nggak mau kan akun sosmed kamu dibajak sama dia, terus tau-tau kamu mendapati chatting di DM kamu ada yang udah dihapus2in tanpa persetujuanmu? Nah ini namanya dia nggak menghargai privasi kamu.

Terus kamu berpendapat terhadap sesuatu. Kamu marah nggak kalo pasangan menganggap remeh pendapat kamu? Pasti marah dong. Ini juga bisa bikin hubungan jadi kurang akur.

 

6. Penyebab putus dengan pasangan: Kamu dan dia beda ekspektasi

Kalo kita berhubungan atau pacaran, ya pasti ada sesuatu yang diharepin lah ya.

Mungkin kamu berharap hubungan kamu sama dia jadi yang terakhir. Tapi dia malah terlalu santai, malah nggak nganggep hubungan kamu terlalu serius. Atau kamu mau hubungan yang sehat dan cuma sebatas ngobrol, tapi dia malah meminta kontak fisik yang lebih banyak (re: mesum).

Atau kamu misalnya pengen banget dimanjain, diperhatiin. Makan pengen disuapin, minum pengen diminumin, solat pengen disolatin (lah). Sementara dia malah cuek abis dan lebih banyak main sama temen. ini sudah pasti akan menyebabkan keributan, ladies and gentlemen.

Meskipun ini sebenernya bisa diomongin baik-baik, tapi kalo didiemin ini bisa jadi sebab pertengkaran tak berujung.

Sebenernya banyak banget sih penyebab kenapa kamu dan pacar sering berantem, tapi secara garis besar ini sih.

 


Berantem yang sehat itu kayak apa sih?

Berantem dalam suatu hubungan itu biasa. Malah sebenernya itu nunjukin kalo kamu dan pasangan punya pendapat masing-masing, dan itu baik.

Tapi seberapa sering sih berantem yang disebut sehat itu?

Kalo jumlahnya sih nggak pasti. Tapi ada beberapa tolak ukur berantem sehat dalam hubungan. Apa aja ya?

 

1. Abis berantem bisa ketawa-ketawa lagi

Kalo misalnya abis berantem kalian bisa becanda dan ketawa-ketawa lagi, terus lupa sama berantemnya, nah itu hubungan yang oke.

Tapi kalo abis berantem masih ada ngambek-ngambek, atau judulnya udah maafan tapi ngomongnya masih judes, yaaaa mungkin renungkan lagi kecocokan kalian.

kita damai aja ya

 

2. Fokus ke masalah, nggak ke personal

Proses adu pendapatnya juga perlu dilihat. Misalnya kamu sama dia lagi mau makan di luar. Dia pengen makan steak, tapi kamu maunya makan beling.  Mungkin kalian akan beradu pendapat.

Tapi gimana adu pendapatnya? Apakah dengan berfokus pada mau makan di mana, atau merembet ke urusan lain? Apakah ujungnya mencari win-win solution, atau saling menyerang personal?

Kalo kamu dan dia bisa berargumen secara sehat, dengan kata lain saling ndengerin dan menghargai keinginan masing-masing, maka ini menunjukkan kalo hubungan kamu oke. Tapi kalo berujung ke menyerang personal (kata kasar, mengkritik, mengungkit masa lalu), maka ini bisa dibilang nggak baik.

 

3. Nggak diungkit-ungkit lagi

Ciri lain dari pertengkaran yang sehat adalah kalo suatu masalah selesai, ya udah selesai. Nggak diungkit lagi. Tapi kalo masalah lama yang katanya udah selesai masih diungkit, ini nggak bener. Ini kan seolah-olah mengalah, tapi sebenernya nggak rela.

“pokoknya nanti kalo dia bahas mamamu, kamu bales pake masa lalunya!”

 

4. Nggak kasar

Berantem sehat itu yang sebates omong-omongan aja. Nadanya biasa aja, nggak sampe menarik perhatian orang sekitar. Jadi kalopun judulnya adu argumen, orang ngiranya kamu sama dia cuma ngobrol biasa.

Kalo udah sampe lempar-lemparan barang, sampe ada yang nangis, saling melontarkan kata kasar, bahkan menyerang fisik, ini sih udah jadi bendera merah. Segera stop.

 

 


Terus gimana caranya mengurangi berantem sama pacar?

Aku sama dia emang selalu baikan sih, tapi capek juga berantem terus…

Iya sih. Walaupun mungkin berantem kalian sehat, tetep aja adu argumen bisa menguras emosi dan pikiran Mungkin kamu ingin mengurangi intensitas berantem kamu. Tapi gimana caranya ya?

Berikut ini tips biar nggak sering berantem sama pacar.

 

1. Ubah bertengkar jadi diskusi

Beda pendapat nggak harus jadi adu argumen, apalagi sampe berantem. Beda pendapat bisa kok jadi bahan diskusi.

Apa bedanya?

Kalo diskusi, berarti kedua belah pihak siap pasang kuping buat saling ndengerin. Sebelum salah satu selesai ngomong, yang satu nggak boleh motong. Saat ndengerin pasangan ngomong, niatkan dalam hati untuk memahami, bukan untuk membantah.

Berikutnya kalo kamu adu pendapat sama pacarmu, kamu bisa bikin peraturan ke dia. Bilang ke dia kalo kamu belum selesai ngomong, dia nggak boleh nyamber. Bilang sama dia buat bantu cari solusinya bareng-bareng. Minta dia untuk mulai mikir dari sudut pandangmu juga.

Bilang ke dia kalo kamu capek berantem, tapi kamu masih sayang sama dia dan pengen terus bertahan.

kenapa sering berantem sama pacar, contoh baikan setelah berantem sama pacar berantem sama pacar ldr cara membuat pacar kangen setelah bertengkar kata kata memperbaiki hubungan dengan pacar setelah bertengkar tips agar tidak sering bertengkar dengan pacar pacaran sering berantem cara memulai percakapan setelah bertengkar sering bertengkar apakah jodoh
“ini kalo omongan aing dipotong lagi aing tabok beneran dah nih”

Tapi ngomongnya yang alus, yang manis. Kalo ngomongnya baik, dia pasti ngerti kok. Dengan gini, beda pendapat nggak harus berujung sama ngotot-ngototan.

 

2. Supaya nggak musuhan sama pacar lagi: Identifikasi Masalah Sebenernya

Kadang topik berantem beda-beda, tapi inti permasalahannya sama.

Kalo emang berantemmu bervariasi tapi intinya sama, kamu bisa lacak inti ini dan selesaikan langsung. Inti masalah yang paling, paling sering muncul itu ada lima:

  • Waktu luang (waktu buat sendiri, waktu buat bersama, gitu-gitu de)
  • Duit (dipake apa, siapa nraktir siapa, pinjem-pinjeman duit, minta-minta duit, gitu-gitu de)
  • Peran sebagai pasangan (peran yang diharapin dari pasangan)
  • Intimasi fisik (sejauh mana tingkat kontak fisik yang kalian inginkan)
  • Keluarga masing-masing (kelakuan keluarga, masalah keluarga, direstui apa nggak, dsb)

Coba deh diinget-inget. Berantem kamu sama dia mungkin bervariasi; tapi temanya berujung ke lima topik di atas nggak?

Kalo lagi ada waktu kosong, coba deh kamu sama pasanganmu duduk bersama, terus inget-inget apa aja yang kalian berantemin. Coba deh gali terus sampe nemu inti pertengkaran kalian.

Kalo udah nemu intinya, ya coba masing-masing ungkapkan harapan kalian, kegelisahan masing-masing. Ijinkan masing-masing untuk mengungkapkan sebebas-bebasnya. Jangan dipotong.

Biar makin sip, kamu bisa nyoba bersikap layaknya psikolog. Caranya? Contek di sini.

 

3. Supaya nggak marahan sama pacar terus: Fokus, jangan perlebar

Kenapa ya masalah sepele aja bisa jadi berantem hebat?

Itu karena masalah kecil ini dibawa-bawa ke hal lain. Bisa berupa dihubungin ke masalah yang udah selesai, ke masa lalu, ke orang tua, ke mantan, pokoknya merembet-rembet lah.

Berikutnya kalo kamu berantem, coba deh fokus ke masalah itu aja. Kamu tau pendapatmu apa, kamu tau pendapatnya pacar kamu apa. Ya udah fokus ke masalah spesifik itu aja.

Ini membuat adu pendapat bisa berujung ke diskusi yang slow dan santai, bukan ke pertengkaran sampe adu nada tinggi.

Terus juga hindari bilang,”kamu selalu kayak gini…” “kamu nggak pernah ngertiin aku”, dan kamu-kamu yang lainnya. Hindari menuduh dan menuding! Itu bikin tensi pertengkaran jadi heboh.

 

4. Solusi berantem sama pacar: Mulai dari sisi yang sama-sama kalian setujui

Maksudnya itu gimana bosq~?

Misalnya kamu sama dia barusan ada duit. Kamu pengen nonton film, tapi dia maunya ikut sabung ayam. Terus gimana nih nyari jalan tengahnya?

Ya cari kesamaan dari dua pendapat kalian.

Kalo di contoh barusan ya kamu dan dia setuju kalo sama-sama pengen hiburan. Tapi kan sabung ayam itu ilegal, dan kamu belum siap masuk penjara.

Jadi yaudah coba deh nonton film action terus kamu bikin taruhan kecil, siapa yang tokoh gacoannya mati ya dia yang nyetirin pulang.

 

5. Solusi berantem sama pacar: Pahami prinsip masing-masing pihak

Kadang-kadang adu argumen terjadi karena emang prinsip dan pola pikir kalian yang beda.

Tapi kira-kira kamu tau nggak gimana prinsip atau cara berpikirnya dia?

Coba aja ungkap perbedaan prinsip kalian ini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan salah satu pertengkaran kalian sebagai bahan renungan.

Duduklah bersama, pilih salah satu bahan, dan minta pasanganmu untuk ungkapkan perasaannya dia terhadap pertengkaran tersebut.

Gali terus perasaannya dia. Kalo dia selesai ngomong, tanya,”kenapa?” teruuus gitu sampe kamu dapetin apa sebenernya prinsip yang dia pegang.

 

6. Solusi berantem sama pacar: Datangkan pihak netral

Kalo emang sering banget bertengkar sampe terasa mengganggu, dan kalian selalu gagal menemukan intinya, mungkin udah waktunya nyari pihak netral.

Pihak netral ini sebaiknya bukan temen ataupun keluarga. Sebaiknya psikolog aja sekalian.

Kadang-kadang pertengkaran yang terjadi terlalu sering dan terlalu lama bikin cara pandang kita jadi keruh. Dengan mendatangkan pihak ketiga yang profesional, kamu berdua akan mendapatkan sudut pandang yang lebih bersih dan lebih tajam.

Bisa aja psikolog akan menemukan sesuatu yang selama ini nggak kalian sadari.

Untuk masalah menemukan psikolog, tarifnya, dan tempatnya, kita udah bahas banyak di sini yes.


NAH! itu tadi yes tentang berantem sama pacar dan pasangan. Semoga kamu dan pasangan semakin awet, nggak marahan sama pacar lagi. Atau kalo kamu udah lama menjomblo, mungkin bisa jadi renungan kenapa kamu bolak-balik putus sama pacar. Semoga kamu yang baca ini jadi nemu pacar yang baik dan ngertiin kamu.

Kalo mau berbagi pengalaman, share aja~

Author: Robi Maulana

Yang nulis di PH. Sering ada bahan tulisan tapi buntu di tengah jalan. Sekarang main instagram tapi followernya masi dikit.

124 Replies to “Kenapa Aku Berantem Terus Sama Pacar?

  1. Assalamualaikum kaa..aku mau nanya, kenapa yah pacar aku sering banget marah marah sampe kasar, ngga sampe mukul sih, cuma masalah dia ga suka sama eskul yg aku ikutin, dia selalu banyak alasan untuk berantem jadi aku bingung sebenernya dia udah ga sayang atau emang bener masalhnya itu.. terima kasih ka

      1. Ka saya mau nanya pacar saya tuh suka bgt marah kalau aku Deket sama cwo..padahal n cwo itu temen2 saya sendiri..tapi saya tahu kalau pacar saya seberapa marahny ia sama saya.pasti besoknya nelvon.tapi karna saya ngk trima kemarin di marahin jadi saya balik marah.apakah tindakan saya salah ka.soalny gimana iya saya sebagai cwe udah mencoba jujur tapi tetep di curigai..

        1. kamu harus memahami kalo pacar kamu punya sifat posesif. posesif ini di satu sisi nggak baik, tapi mungkin dia berlaku gitu karena dia mau melindungi kamu.
          kamu perlu bicarakan lagi ke dia soal perlunya kalian untuk saling percaya, dan ingetin dia kalo mengekang atau membatasi akan bikin kamu nggak nyaman.

      2. Ka saya mau nanya sekalian cerita, mungkin saya dibilang posesif banget, saya pegang semua akun cowok saya dari fb, WA, Instagram, saya ingin diprioritasin. Hubungan ini udah setahun kak. Saya ingin dia selalu ngabarin apa yg setiap dia lakuin, dia kemana aja, bahkan saya sering ngelarang dia untuk keluar rumah main sama teman cowok apalagi cewek. Saya juga ngelarang dia komen2an sama cewek di medsos, ngefollow2 cewek, chatting d WA sama cewek. Saya selalu ngebatasin dia ngelakuin sesuatu. Itu kak yang bikin kami selalu berantem, masalahnya selalu sama.. Saya bingung kak saya harus ngapain

  2. Hi kak, saya sama doi berbeda selisih usia 5th dia lebih muda dari saya, awal dia mendekati saya ada sedikit berbohong dengan usia, awal selisih 1th. Dan kami ldr an juga hehe. Berjalan waktu ada rasa tertarikan dengan doi terus menjalin sebuah hubungan. Sekitar jalan 3/4 bulan mengenal saya membuka ruang untuk dia, setelah itu ada rasa ketertarikan dan kenyamanan tetapi ada suatu permasalahan yah menurut pendapat dia saya tak menghargai dia sebagai pacar saya, overall itu hanya sekedar sharing doang. Menceritakan hal2 pengalaman, but tanggapan dia kurang srek emosional. Dari situ dia marah kasar bahkan mencaci maki saya, terus dia mutusin saya tetapi ajak balikan di hari itu. Sebab dia ada menyesal sedikit berjalan waktu menuju 1th berhubungan setiap persoalan yang tidak senang di hati doi dia bakalan marah dan mencaci maki, dari situ saya tidak merasa kenyamanan lagi sebab setiap dia sharing dan tanggapan saya kurang pas dia selalu mencaci, tp dia selalu mengingatkan komitmen yg kami sepakati tapi seseorang wanita apa merasa kenyamanan jika lelaki setiap marah menjadi arogan berkata kasar. Sebagai wanita saya mengeluarkan unek2 ketidaknyamanan karena kekerasan verbal terjadi, saya ajukan akhir in hubungan di sana dia terima terapi mengeluarkan argumen kasar lagi kak, seolah2 dia paling kecewa tetapi kecewa dia itu di lapisin dengan kebencian. Seperti kata nya, bajingan2 tak tau kalau kekecewaan bisa di tutupin kebencian, dari situ saya sangat yakin untuk mengakhiri hubungan tidak sehat ini. Sedih sih engga cuman hanya teringat ttg perkataan kasarnya aja. Apakah karakter sedemikian di pengaruhi usia dia juga tak dewasa seperti kak? Setiap marah dia selalu menyesal cerita ke saya demi Tuhan , tp dia tdk menyesali hal ygsudah lewat apakah tidak sadar perkataan dia terlalu menyakitkan. Menjudge saya bahwa dia sudah bisa melihat sapa saya sebenarnya dan hanya bertopeng busuk semua. Dan akhir nya saya langsung memutuskan deh. Intinya setiap permasalahan kecil yang tidak d senangi hatinya dia akan marah dan berkata kasar.

  3. Halo kak! Aku mau cerita.

    Pacarku ni lagi banyak masalah, tapi dia tuh gak pernah mau cerita sama aku. Di kondisi kayak gini imbasnya jadi ke hubungan kita. Lagi lagi kita berantem soal masalah sepele, bener bener sepele. Dan yang bikin aku tambah bingung, kita ini memutuskan buat jarang ketemu karna dia butuh jarak, tapi chat dan telpon pun dia jarang banget. Aku harus gimana ngadepin pacarku yang kayak gini 🙁

  4. Kak aku sama pasanganku itu suka berantem klo chtan ada aja yg jdi masalahnya, entah itu masalah masalalu sama mantan yg bahas fto aku lupa hapus atau masalah sosmed dia gasuka klo aku bnyak update di sosmed, dia suka ngebales klo ada perbuatan aku yg salah tnpa sengaja yg jdinya ke berantem ka, padahal saya awalnya ga niat tapi lama-lama suka ada aja yg buat salah paham :(, apakah bner perlkuan pasanganku itu?

  5. Kaa aku mau nanya nih. Pacar ku tuh sebenarnya gamau pisah dari ku tpi asal kami berdua bertengkar karna hal sepele dan ujungnya berantam hebat dia selalu minta break/putus

    1. putusin aja, tapi cerita dulu ke orang tua/temen buat minta perlindungan. yang kayak gitu biasanya kalo diputusin beneran malah ngamuk

  6. Kalo pacaran selalu ngungkit masalalu buat bahan perdebatan gimana dong ka?

  7. Ka,pacar gimana cara ngadepin pacar yang selalu bawa emosinya ke semua orang,mau dia punya masalah dengan siapapun,pasti dia emosi ke semua orang.dan dia ngerasa kalo aku gabisa ngertiin dia,padahal aku udah berusha buat ngertiin sifat,dan sikap dia yang seperti itu.gimana tuh ka buat ngadepinnya?

    1. rasanya kok dia lagi ada masalah yang dirahasiain ya. ini terjadinya sejak kapan? terus emosinya gimana, marah2 sampe ngajak berantem gitu?

  8. Ka, aku pucar, gak tau knapa udh beberapa minggu dia sllu alasan buat ktmu , dan klo di chat pun gk kya biasanya, cenderung biasa aj gtu gada kesan apa apa. Pas aku tanya dia lgi pngn maen sama tmn tmn nya. Kata dia dia lagi di fase bosen, padahl kita baru aja balikan, dan padahal dulu dia yng pernh nyakitin dan sempet selingkuh, dan tiba2 datang lagi minta balikan seolah olah dia mau bnerin smuanya, tpi skrng mlh kesn nya ko kya aku yng mohon2 buat dia bertahan dan aku yng hRus ngertiin dia, padhl aku cuma pngn dia tuh berubh dan gk ngulangin sikap sikap dia yang kya dulu tapi dia keras kepala tetep gmn dia dan smau dia aja gtu, aku harus gmn ya

  9. Kak jadi saya sering banget berantem dan mungkin timbul dari saya sih kaya saya pengennya dia harus udah ngerti apa yang saya mau tanpa saya kasih tau. Dan kami berantem selalu hal2 sepele tapi dia kaya kalo aku ajak berantem kaya gamau gt kak lebih baik didiemin atau tinggal tidur. Itu gimana kak?

    1. kadang cewek harus paham kalo cowok nggak selalu ngerti maunya pasangan itu apa. dia juga ngehindarin berantem karena males dan capek berantem terus, banyak urusan lain. kurang-kurangin ngajak berantemnya ya. belajar ngertiin maunya pasangan kamu juga.

  10. Ka aku kenapa ya susah sekali menerima bantuan dari pasangan dan cenderung defense ketika dia menawarkan bantuan. Terus aku udah berusaha untuk menahan marah di depan semua org saat aku kesel tapi malah jadi tambah parah. Bantuin dong

  11. Aku setiap hari berantem gara” hal sepele gitu tapi jarang baikan mau di tinggalin gak enak rasanya,setelah berantem kenapa aku merasa bersalah sama dia kak

      1. kak , aku sma cowokku jg begini
        tiap hari berantem , saat berantem dia diem gak ada hbungin aku berbulan2 abis itu tiba2 muncul lagi tanya kabar ..

        hubungan kayak gitu sehat gk sih ??

  12. Kak gimana ya, aku udah beberapa bulan ini seriiiing banget berantem karna hal sepele. Kami udah pacaran jelang 3 tahun setengah.
    Apa mungkin ini semua berawal dari ekspektasi aku yg dulu pas belum dekat sama dia ya? Karna dulu aku mikirnya dia orangnya mau berjuang demi aku, apapun rela, gesit, tanggap gtu.
    Eh taunya, dia anak mami gitu. Ini itu masih bnyak yg dilarang larang, pdhal kami udah kuliah semester akhir, even dia pulang jam 8 atau 9 malam aja ditelfonin terus sama ibunya.
    Masa aku yang lebih mandiri, lebih gesit, dll. Aku yang lebih rela berkorban waktu tenaga, dll.
    Tapi ya jadi sering kesel gitu, karna ekspektasiku yang ga sesuai fakta
    Fyi, dia orangnya setia, aku juga ga mau kehilangan dia.. Aku juga tau ga ada manusia yang sempurna, bahkan mungkin ada juga sifat didiri aku yang dia ga suka.
    Tapi tetap aja karna hal itu, tiap ada hal sepele selalu jadi berantem, walaupun berantemnya ga sampai yg teriak teriak.
    Dia juga marahan gtu ga lama
    Tapi tetap aja kan ga enak berantem terus 🙁

    1. ini udah dikomunikasiin belum? kalo belum, kapan2 carilah waktu untuk membicarakan ini.
      pasangan pasti punya kekurangan yang bikin risih. tinggal kitanya aja mau membantu dia berubah, atau mau menerima dia atau nggak.

  13. Kak aku sama pacarku berantem hampir tiap minggu dan kita berantem karna dia selalu minta diprioritasin, dan suka nyalah-nyalahin aku. Aku harus gimana kakk?

    1. tapi kamu udah ngasi dia prioritas belum?
      mungkin kamu harus komunikasiin lagi prioritasnya dia maunya kayak gimana. perhatian yang dia mau tuh kayak gimana. juga harus bisa kasih tau dia kalo kamu juga mau waktu sendiri.

  14. Kak aku hampir sering berantem sm pacar ku ya itu sering berdebat krn beda pendapat, beda perspektif, bahkan hal sepele pun kdg jdi bahan perdebatan. Dan slalu akuu yg minta maaf klo menurut dia salah. Bahkan disaat dia sbnrnya salah, malah aku yg minta maaf dan slalu begitu.
    Tapi perjuangan dia selama pacaran sm aku cukup besar sih kak. Cuman ya itu klo berantem walopun ada yg aku gasalah malah ujung2nya aku yg minta maaf.
    Aku terlalu bucin apa gmna yah kak? Capek juga kek bgitu terus 🙁

  15. Hm balik lagi ngomen nyesel gak di copas tadi gue curhat nulis panjang bang😪😭 hai bang nama gue Aris gue punya hubungan yang amat rumit gue punya pasangan yang cantik dan pinter nyanyi namanya Cindy , dia sayang sama gue dan gue lebih sayang sama dia . Kita sudah pacaran hampir 2 tahun kurang satu bulan dan bulan depan kita anniv gue mau ngasih kejutan makan malam dinner berdua paket romantic Di salah satu hotel di Malang. Gue udah kenal deket sama keluarganya sudah akrab dan seperti ibu sendiri begitupun sebaliknya dia juga sudah deket dengan keluarga gue bang. Jadi Begini ceritanya akhir akhir ini dia mudah marah dia sering emosi dan ngelawan di sering bentak gue aslinya sih gue gak suka dibentak tapi yang namanya sayang ya gimana lagi dia yang salah gue yang minta maaf hehe jujur tiap hari kita berantem trus , kita sering berbeda pendapat , gue udah bilang kedia bang kalo gue gak suka kalo nada bicaranya gak santuy , tapi dia akhir akhir ini sering ngelakuin hal yang sama jujur sih gue emang sedikit posesif tapi seiring berjalannya Waktu posesif ku sudah hilang karna gue sayang dan gak mau kehilangan dia. Gue iri juga sih dia chat sama temen cowok nya bisa balesnya panjang lebar dan kaya seru gitu giliran chat sama gue pasti cuek , kita hampir ketemu setiap hari. Tapi bang mau gue itu dia gak usah marah marah dan bentak kalo gue salah dan sebaliknya demi apapun kalo dia salah gue gak pernah bentak dia bang jujur gue udah nangis karna dia berapa kali ya? Mungkin 4 kali karna dihati gue udah ngempet banget gue nangis cuma hara gara dia . Gue malu sih tapi gue emang sayang dan di benak gue udah meledak. Gue gak bisa apa apa karna dia orang yang gue sayang. Dia orang yang keras dia egois . Rencana nya sih gue mau ngelamar dia tapi gue pikir pikir kalo sifatnya terus begini apa baik kalo kita sudah menikah kelak? Dia yang sering ngelawan. Mbantah kalo gak dituruti maunya. Dia kalo mau itu ya harus dituruti kalo gak dia ngambek. Gue bingung harus gimana gue sebenarnya udah muak sama siap dia. Tapi gue masih sayang. Gue sudah omongin baik baik kedia tapi dia ulangi lagi seakan akan janjinya itu cuma ucapan doang. Gue gak pernah chat sama cewek gue gakeenah deket sama cewek sekali nya ada yang folow gue dan gue folback pasti diblok. Kalo sekiranya dia cantik hehe gue bingung bang gue harus gimana . Gue udah ngelakuin apa aja yang dia mau gue sayang dia. Dia sari kecil udah gak pernah di beri kasih sayang dari seorang ayah. Hubungan ini dipertahankan apa jangan bang kalo bisa sih dipertahankan tapi abang harus ada solusinya. Sekian terima kasih

  16. Aku uda 8 bln sm psngan aku kak, tapi sifat dia naudzubillah la kalau dblg, Emosian, egois, pemarah, suka nyalahkan saya, posesif, Over protektif yaallah pokoknya setiap hari hal sepele selalu jadi bahan brantem dblg bosan ya bosan bgt udah tapi posisi ldr masi ada hasrat buat jumpa, kemana2 gabole mnta pap setiap menit kluar sma saudara aku ygprempuan aja nyarik gadoh dulu apalagi sm laki2 gpernah sma sekali kluar sm laki2 semua sosmed dilarang nya main ig dblgnya kegatalan main tiktok dblgnya kgtalan main fb di curigai dia gabisa berpling sdkitpun bls cht dia hrus cpt smpe bls cht kwn nnya yg pnting aja uda gbsa krna klihatan online jd cht dia trus aja yg bole dbls, marah selalu pakai kata kasar memaki mnghina, plg kerja capek pgn tidor dblg mau melalak, tidor harus diatas jm 1bru bole tdr stiap hri nemeni diaa kalau dblg syg ya syg kak tapi kek uda gktahan lgi tpi hrsat masi pgn jumpa byngan pgn senang bahagia☹️

  17. Mau tanya kak, aku punya pasangan dia tuh orangnya kalau aku bilang agak curiga an sama aku. Kayak misalnya kalau lagi chatt an sama dia, terus di bales lama pasti bilangnya aku lagi chatt an sama cowo lain, bukan sekali dua kali kayak gitu tapi sering banget. Dan kalau udah marah tuh dia pasti langsung hapus no aku terus baikan berantem lagi dihapus lagi bahkan sampai di blok wa aku, ini sering banget terjadi, dan sekarang kita lagi berantem karna dia nuduh aku lagi chatt an sama orang lain, dan dia bilang mau akhirin semuanya. kadang aku ngerasa capek di posisi yang kayak gini (selalu ngalah sama sikap dia)

    Oh iya sebenarnya hubungan kita masih terhalang sama restu keluarga aku, jadi aku harus apa ya ?? Asli bingung harus apa -_-

    1. dia ini insecure. sikap insecure ini lahir dari takut kehilangan tapi dikeluarkannya dengan cara yang salah. contoh cara salah itu ya dia dikit-dikit ngambek, minta putus, curigaan.

      kemungkinan insecure ini macem-macem. restu keluarga ini mungkin aja. kemungkinan lain adalah karakternya dia yang emang kekanakan, mungkin dimanja sama orangtuanya. mungkin dari umur juga, soalnya anak smp sma kadang kayak gini sama pacarnya. atau dulunya pernah diselingkuhin, jadi takut ditinggal lagi. atau minder karena gak selevel sama kamu.

      harus apa ya? harus kasi tau dia kalo dia itu insecure. ingetin. kasi tau juga kalo dicurigain tu nggak enak. dan diskusikan bersama soal dia maunya gimana, diterusin apa nggak. kalo diterusin ya jangan pake blok-blokan wa kayak anak kecil, jangan tuduh macem-macem, jangan ngancem minta putus.

  18. Hallo kak, aku berantem gara2 masalah no wa yang aku kasih ke seseorang cowo yang mau ngajak kolaborasi untuk video youtube, dia marah dgn bilang aku jg kasih no ku ke orang2 kalo ada yg dm2 di ig, trus aku sahut iya selama itu ada keperluan bukan disengaja, dan terus2 an ngomong akhirnya diam2 an, eh akhirnya dia yg nangis trus bilang maaf aku emosian, trus kenapa aku ngerasa bersalah ka, tapi aku pengen coba kolaborasi supaya bisa makin maju.

    1. harusnya sih gapapa ya kalo keperluan kerja mah. pacar kamu juga harusnya mendukung cita-cita kamu dong. kalo kamu jadi kolab, suruh pacarmu nemenin aja, jadi dia tau prosesnya.

  19. Mau nanya ka, apa yg harus sy lakukan ketika pacar sy marah karna sy mengatakan saat dia butuh baru dia ingat aku, itu yg membuatnya marah besar, apa yg harus sy lakukan ka

  20. Kak aku mau cerita.. aku dipastikan setiap hari berantem.. kami pacaran baru 10 bulan.. dia emang sih orangnya gampang marah(sensitif). Tapi saat cewe saya marah.. marahnya sampai marah banget.. padahal hal sepele yang dia omongin.. apakah wajar kalo cewe saya marah terus.. saya marah juga?.. selama ini saya udha sabar yang minta baikan dluan.. saya cape kak.. gmna solusinya?

    1. sejak kapan marah-marahnya? apa dari pedekate juga dia emang gampang marah?

      mungkin kalian udah memasuki fase-fase jenuh dalam hubungan. waktu dia lagi gak marah-marah ya coba ajak ngomong lagi maunya dia apa, terus hubungan ini mau dibawa ke mana, masih mau memperjuangkan apa nggak. kalo kayak gini sih kalian harus sama-sama berusaha mendewasakan diri, dalam arti menjaga emosi dan menahan diri untuk nggak marah-marah.

  21. Sebenernya dari pendekatan udah kayak gitu kak.. dia egois orangnya.. terus saya mau nnya kak.. wajar ga dia DM an sama cowok lain.. abistu diapus chatnya.. saya tau karena keluar notif di hp saya.. makasi

    1. yaaa kalo dari awal kamu udah tau soal egoisnya dia, berarti saat udah jadian kamu harus sabar dlm menghadapi kekurangannya.

      dm sama cowok lainnya kayak gimana dulu, ngobrol doang apa gimana. siapa tau itu emang temen2nya dia.

      kalian umur berapa sih kalo boleh tau?

  22. Kak mau nanya, aku tiap hari selalu benatem kak ya masalahnya itu gara” aku pernah keluar sama temen cowokku gitu liburan bareng temen” Sampek nginap gitu kejadiannya itu udah setahun yg lalu cuma baru ketahuan sekarang dang dulu” aku klo ada masalah sellau aku yg buat masalah sekarang dia minta putus gitu Kaka tapi aku gamau dan habis masalah gitu aku klo ada masalah pasti dia emosi dan ga mau ngalah klo ada msalah ya cuma 2 Samapi 4 hari aja baikan trus gitu ya berantem lagi jadi gimana jalan keluarnya kak

      1. Bilang rame” satu kelas padahal cuma ber lima, dulu yg buat salah aku kak tapi semenjak dia tau klo aku bohong gakeluar 1 kelas dia udah beda kak di klo ada masalah gapernah mau ngalah dan emosi Mulu kak, dan hal kecil aja udah dibuat masalah padahal dulu sebelum tau klo aku bohongin dia, dia sabar bgt ngadepin sifat aku dan sekarang dia udah beda ga kayak dulu lgi, kita pacaran udah 2 th kak, gimana jalan keluarnya?

      2. Aku hampir setiap hari ribut sama dia cuma gara-gara sepele, aku tinggal pergi tapi beberapa hari kemudian dia selalu tlp ngemis2 minta buat aku pulang, terus selang berapa hari ribut lagi . kejadiannya selalu kaya gini kak ,Apa ini wajar ?

      3. Hubungan aku sama doi kak baru 1 bulan lebih, serasa ada perubahan gitu di dia, kayak cuek gitu sama aku..
        Intinya tu kak dia udah kyk berubah gak kyk awal ketemu.. Solusinya kak gimana…

  23. Bang, saya pacaran udah 7 bulan lebih. Kita LDR.
    Kita sering banget berantem karna hal sepele.
    Karna sedikit aja saya telat bilang saya lgi apa langsung bertengkar.
    Kita berdua sama sama mengakui egois, sama sama keras.
    Kalau masalah muncul nya dri saya dia pasti marah kesal emosi.
    Tpi kalau masalah muncul dri dia dia gk pernah sadar sebelumnya, tetap dia yg marah emosi. Dia akui kesalahan, tpi cara dia mengakui kesalahannya itu kaya dia gk nerima.
    Dia ngomong sendiri kalau ada masalah itu jngn langsung menghilang, dan jangan bilang terserah. Tpi dia juga yg ingkar.
    Atau mungkin karna dia masih muda jadi jiwanya masih labil atau gmna.
    Baiknya gmna bang? Saya minta solusi🙏.
    Putus atau pertahankan?
    Ngomong² kita beda 5 tahun, Cewek saya umur 18thn.

  24. Kak, Kenapa ya, semakin aku sayang sama orang, aku semakin gak bisa ngontrol emosiku. Suka marah”, besar”in masalah kecil, Sebenarnya (niatku) aku cuma gak mau orang itu menjauh tapi aku takut sikapku yang seperti itu malah buat dia makin menjauh.
    Aku gak tau harus gimana. Di satu sisi aku ingin jadi yang terbaik buat dia, disisi lain aku haus perhatian. Apalagi kami itu ldr, suka kesel kalau lagi telponan tiba” nyuruh tidur padahal masih kangen. Seakan udah gak ada hari esok lagi. Alhasil, aku jadi marah karna kesal dan selalu berakhir buruk. Aku sadar aku terlalu egois dan dia selalu sabar. Jadi aku sempat berpikir, aku gak mau dia semakin lama sama aku semakin tersakiti karna sikapku. Karna aku tau setiap orang pasti punya titik jenuh. Jadi sebelum semakin jauh lebih baik aku membebaskan dia. Aku merasa gak pantas buat orang baik kayak dia. Apakah tindakanku ini udah benar kak? Apa yang terjadi kalau aku bilang kayak gitu sama dia. Apa yang harus aku lakukan bertahan atau membebaskannya dari rantai keegoisanku ini.

  25. Mau tanya kenapa yah pacar saya orangnya keras dan ngutamain sikap egonya ketika ada permasalahan kita tidak mau saling mengalah..
    Bagaimana menghadapi orang yg sifatnya keras dan egois biar gk salah faham trs??..
    Terima kasih

  26. Kak jd aku punya pacar udah pernah putus dan balikan lagi tapi waktu putus sebenernya kita tetap contact, hubungan udah 3 tahunan. Tapi dari dulu kita sering bgt berantem tapi emang lgsg dikelarin masalahnya udah. Sebelum putus dulu tuh aku kalo berantem sm dia selalu nangis sampek capek sendiri. Nah dia jg bukan tipe org yg mau publik ttg hubungannya ke sosmed tapi aku tuh kyk gimana gitu kadang soalnya dia pernah suka sm cewek dikantornya.. kadang pikiran negatifku dia gak mau update soalnya gak mau cewek itu tahu. Jadi masalah kayak gitu bikin kita berantem lagi setelah balikan ini. Lalu aku tanya setelah berdebat gak selesai2 dia mau ngelanjutin atau udahan aja. Dia bilang aku mau mgelanjutin tapi hatinya waktu pas kita berantem itu biasa aja gak sedih gak apa.. padahal kalau aku sedih kmren pas berantem. Jadi menurut kakak pacarku ini masih pabtas diperjuangkam gak ya kak?

  27. Kak jadi aku nih punya pacar, kita nih sering berantem bahkan setiap hari, tapi setiap udah berantem kita baikan ya lupa sama masalah itu, pernah sekali dan sekarang sedang di alami, kita ini Berantem tapi rasanya beda ga kaya biasanya, biasanya langsung baikan dan kaya dulu lagi ketawa lagi, tapi ini enggak aku tuh mikirnya dia berubah dia ga kaya dulu lagi, dia ngejanjiin kalau dia ni bnr sama aku, bakalan lakuin apa aja, asal ga ribut gini, tapi aku tuh mikirnya enggak dia biasa aja, apa karna aku lagi mens jadi sensian ya?

  28. Mau tanya dong. Kalau pacar marah gara” Cowoknya sering ninggalin tidur. Sedangkan dianya susah tidur cepet. Kira” Cowok nya harus gimana yaa?
    Atau ada solusi lain biar ceweknya gak ngambek
    Terimakasih….

  29. Sebenernya apa yg kk saranin itu bener dn masuk akal. Tapi kita udah 2 bulan berantem gak kelar kelar dan kami ldr udah hampir 7 bulan gak jumpa serta di tambah komunikasi yg gak intents jadi itu agak susah di terapin ke hubungan ini :'(

  30. Kak. Aku udah ngertiin dia , dia mau main di warkop lah, nge game lah. Aku ijinin dan aku gitu ngindari biar gak bertengkar , meskipun JD sering nunggu lama krna dia sibuk dengan dunianya kaloa dulu sih ngerasa gak enak bgt , kayak gak di ngertiin sama sekali,dan ujungnya malah bertengkar. Nah skrang aku mulai meng iyakan apa yg dia lakukan . Tp kok makin kesini dia egois gitu , meskipun aku dak salahpun aku sering bgt minta maaf duluan biar dak jadi masalah. Kan capek berantem Mulu aku kak. Intinya mencoba berdamai dengan keadaan ku sekrang dan lebih mengecilkan masalah. Tp yg namanya manusia seperti aku , ada dimana sudah capek mengalah pengen di mengerti sedikit saja. Tp dia gak perduli malah i di jadiin masalah dan malah tambah marah dan nyalahin aku . Aku yg salah katanya. . aku harus gimana kak. Terkadang aku capek , tp kalo dia gak gini dia itu sweet bgt . Tp egois nya itu yg kadang buat aku capek. Apa aku harus break dulu sementara. 3, hari gitu…

  31. Kak, aku punya pcr sdh hampir 2 thn tpi kami beda usiax jauh dan sering ribut meskipun persoalan sepeleh dan paling lama 2 hari kelar, hanya capek juga sering ribut apalgi kami LDR, mgkn mslhx dr sy juga sich kadang merasa ga diperhatiin pdahal dia lagi sibuk apalgi dia tipekal workholic gitu kak, hanya kadang sbgai cewek butuh jg diperhatiin tp dia ga peka dikodein jg ga peka2, tp kdang sich ga nyangka tiba2 dia romantis dan klo ribut sy kdang maux selesai saat itu jg tp dia kadang chat hnya dibaca, trus diem malah bikin tmbh jengkel parahx lagi dia malah kdang milih matiin hp dan bobo tp keesokan hrix dia chat ucapin selamat pagi dan seolah2 tdk trjadi sesuatu. Itu gimna kak?

  32. Ka kenapa pacar aku cuek gtu sih tapi dia peduli.. Cuma kalo lagi ribut dia selalu bilang terserah, okeh, gtu doang. Dan misalkan aku bilang sesuatu yg menurut dia bakal mengakhiri hubungan dia malah jawab “ohh gtuu.. Ohh jadi mau lu gtu.. Ohh yaudah”. Aku harus gimana sih ka nanggepinnya supaya ga ada kesalah pahaman

  33. Kak aku mau tanya. Aku pacaran udah hampir 4 tahun. Tiba2 dia jarang telfon dan angkat telfon ku. Dan akhirnya dia jujur kalo sebenernya udah gak nyaman sama aku. Tapi dia sayang dan cinta aku. Gimana ya kak ?

  34. Kak mau tanya. Aku udah pacaran hampir 4 tahun. Kita selalu berantem dan berdebat dengan hal2 kecil. Akhir2 ini dia udah jarang angkat telfon dan telfon aku. Bilang males dll. Dan akhirnya dia ngaku kalo dia udah gak nyaman sama aku. Tapi dia sayang aku. Dia gak mau kita pisah. Tapi diah udah gak nyaman. Gimana ya kak ?

  35. Kak kenapa ya aku sering bnget berantem sma psangan, aku sllu minta putus stiap berantem tpi dia malah mempertahkan hubungan kami

  36. Ka aku mau tanya , aku pacaran sudah mau 1 tahun . Awal pacaran ga pernah berantem malah slalu have fun dan dia gak pernah ganggu privasi aku. Tapi semenjak dia suka buka2 hp dan liat w.a aku suka komunikasi dgn teman cwo (bckground aku mahasiswa aktif yg pasti harus banyak interaksi dengan orglain). dia jd posesif bahkan berani block kontak tanpa sepengetahuan aku dan dia nghandel akun instagram juga , dm pun dia respon seenaknya bahkan unfoll banyak cwo . Sampai aku d dm min banyak cwo(tmn kenal/temensosmed) karna aku unfollow mreka. Alasaan dia ngelakuin itu (pengen aja) . Terus aku kasih penjeasan untuk ngeyakinin klo buat saling percaya. Tapi dia ga terima malah sangka aku ngebelain cwo2 itu. Singkat certa dia mau berubah dan minta maaf atas posesif dan kecurigaan yg berlebih. Semenjak kejadin tsb permaslaahan trus muncul. Bahkan aku ngerasa terus disudutkan dengan kesalahan aku yg sblmnya. Sampai dia blg “aku gini karna kamu sblmnya gt” .
    . Pdhl dia bilang percaya sm aku tp nyatanya masih di posesifin tiap hari brantem masalah spele .
    Contoh cht balesnya lma dan blg ” chtn sm siapa” pasti curiga trs dan slalu minta screenshoot cht. Sampe ss isi chtnya(khsus cwo ). Aku sempat brontak dan ngediemin karna diposesifin tp ttep aja dia sprt itu smpai skrg bahkan Aku udh bberapa kali blg putus tp dia ga terima. Smpai akhirnya aku gabsa ngelepas karna liat dia yg gamau dan mnta maaf lgi dan mnta tlong buat ngingetin klo dia salah. Tp ketika diingetin malah ujung2nya aku lg yg disudutkan .Pdahal aku sering ada d ttik cape dan bnerbner pengen lepas. Bagaiamana cara melepaskan smua ini ya ka ? Dann apakah aku benar bertindak untuk berpisah. Kdang terpkirkan aku salah karna smua ini grgr aku sblmnya. Tp hbngan ini ganyaman buat aku stress sndri

  37. Kak aku selalu berantem terus sama pacar karena masalah sepele, biasanya emang aku sih yang selalu memulai, padahal aku cuma ngerasa kangen kak karena udah tiga bulan gak ketemu, tapi dia itu gak terlalu suka kalo aku kaya gini, katanya aku masih kaya anak kecil, terlalu bucin, dll. Meskipun ujung ujung nya tetep baikan tapi tetep aja kak udah capek berantem terus, aku juga udah berusaha buat gak nyari masalah, tapi mesti aku nyari masalah terus ,aku selalu jadi pihak yang salah kak, tolong bantuin dong kak sebaiknya aku harus gimana ya ?

  38. Kak, aku sering banget berantem. Bahkan tiap minggu tuh selalu ada yg bikin marahan. Kebanyakan sih aku (cewe) yg gampang kesal. Tapi apa baik gitu kalau tiap ceweknya marah si cowo itu malah balik marah. Bahkan cowo itu kalau marah balik suka balas chatnya jadi kasar dan ngediemin berhari-hari sampai aku bosan nunggunya. Lalu dia juga tiap marahan suka bilang “udahan aja” gitu kak. Solusinya kak.

  39. Jadi gini kak. Aku sama pacar aku sering berantem. Iya aku suka kesel kalo dia ga ngertiin aku:( aku ga suka dia balas lama tapi dia online. Dia cuma iyaiya doang tapi ga Ngrtiin aku Trusan iya emang sih dia kalo salah lngsung minta maaf Tapi Dia selalu ngulangin kesalahan yang sama kak. Itu di ulangin trus:(( aku udh Brpa kali ke gini teruss apaapa msalh aku yang nyelsain, Aku yang nyari jalan keluar padahal kan dia cowoknya gtu. Iya emng ga slah aku selalu Maapin tapi heranya dia selalu kaya gitu teruss Gaa Pernah ngrti gtuh. Aku udh Ngrtiin dia aku nungguin dia Lama bngt bles cht dia sibuk nge game. Aku udh sabar bangtt kak:(((

  40. Gimana kak cara hilangin rasa cemburu? Kadang ngeliat pasangan deket sana cewe yg lebih dari kita ngerasa takut dia berpaling, terus jadi bahan ributan terus grgr masalah cemburu 😢

  41. Kta pacar bru 1 thn lbih pas bngt nginjek 1thn cwo aq baru tau tabiat asli cwo ku ,apapun smua dya jdikan dendam lbih suka dingertiin ga pernah mau ngertiin balik egonya terlalu tinggi kdang klo aq pergi ga bilang udahnya aq dimusihin sedangkan dya kapanpun pergi kdang ga bilang,apah lg kalo udah jnji mau pergi jm skian dya bisa bantalin kpan aj dan dia lbih mntingin temennya udahnya kta ribut dan aq yg slalu dimusuhun sma dya kdang ga di kabarin

  42. kak aku sama dia baru jalan 3 bulan,tapi kadang sok berantem gitu karena masalah perkataan,misal terakhir aku yg bilang dia gak kaya pacare temen aku,tapi disisi lain karena berawal dia bilang kalau dia gak ada aku dikira sama mantan atau kamu gak aneh aneh kan,duuh kaya aku gak dipercayai selama ini,dan dia bilang itu hanya bercanda..tapi dia tidak hanya sekali dua kali bilang itu…gimana ya kak?

    1. kalo dari baca sekilas gini sih kayaknya dia insecure ya. dia tu takut kehilangan kamu, tapi caranya dia mengekspresikannya yang mungkin bikin kamu nggak nyaman. penyebabnya ada banyak, bisa dari dia (mungkin dia ngerasa minder bisa dapet cewek kayak kamu) atau bisa juga dari kamu (yang mungkiiiin masih temenan sama mantan, atau akrab sama banyak cowok). saya gatau penyebab pasti ya, ini cuma kira-kiraan aja.

      obrolin aja soal kenapa dia ngerasa insecure dan takut kehilangan itu. sama-sama berusaha bersikap dewasa aja, dan komitmen untuk mengutamakan hubungan di atas ego masing-masing.

  43. Kak aku kalo nanya2 ato bahas masalah aku yang ga enakan sama dia selalu dibilang bosan, ga sayang lagi dan dibilang mau putus. Waktu itu pertama kali aku nanya masalah aku yang ga pernah chat dia duluan, tapi dia marah karna baas yang gituan, terus yang kedua ini gara2 aku minta maaf karna selalu jawab bertanyaan dia dengan candaan. Kayak pertanyaan ‘kamu kangen ga sih sama aku?’ tapi aku jawab ‘ga’ padahal aku kangen banget.. ehh pas aku chat minta maaf karna itu, malah dibilang aku mau putus. Katanya aku gausah ngungkit2 yang aku ga senang. Jadi sebenernya aku itu yang benernya gimana kak? Emang beneran salah ya kalo nanya2 dan bahas yang kayak begituan? Jadi bingung sama posisi aku yang kayak gitu._.

  44. Kak aku kalo nanya2 ato bahas masalah aku yang ga enakan sama dia selalu dibilang bosan, ga sayang lagi dan dibilang mau putus. Waktu itu pertama kali aku nanya masalah aku yang ga pernah chat dia duluan, tapi dia marah karna baas yang gituan, terus yang kedua ini gara2 aku minta maaf karna selalu jawab bertanyaan dia dengan candaan. Kayak pertanyaan ‘kamu kangen ga sih sama aku?’ tapi aku jawab ‘ga’ padahal aku kangen banget.. ehh pas aku chat minta maaf karna itu, malah dibilang aku mau putus. Katanya aku gausah ngungkit2 yang dia ga senang. Jadi sebenernya aku itu yang benernya gimana kak? Emang beneran salah ya kalo nanya2 dan bahas yang kayak begituan? Jadi bingung sama posisi aku yang kayak gitu._.

    1. dia bukan tipe yang seneng becanda ya? maunya yang diseriusin dan agak dikejar-kejar.

      saya gak bisa nebak penyebabnya ya, tapi mungkin dia insecure. coba tanya kenapa dia selalu nyinggung-nyinggung putus. saya juga gak bisa nebak penyebabnya. terus tanya dia maunya diperlakukan seperti apa.

      1. Ka, mau nanya aku pacaran sm cowo ak msh dlm hitungan baru sih tp knp slalu berantem trus slalu aja ada hal yg buat aku kesel di benak aku tentang dia dan aku ngerasa kdng sikap dia ke aku jg kaya kurang yakinin aku gitu padahal dia dh byk ngalah sm aku bahkan dia dh aku putusin 8x dia putusin aku sekali cuma sikap nya aja gt ka yg kdng rada kaya kurang serious ke aku INI penilaian aku sendiri ya, trus dia jg ga pernah ngenalin aku ke org tua nya slama 5bln ini aku mau dia peka soal ini tanpa hrs aku yg ngesor dluan itu kira2 knp ya ka? Hubungan sehat atau ga? Baiknya di terusin apa jgn? Tp dia diputusin berkali2 ga mau ka heran aku , akunya kdng dh ga ada rasa gtu ke dia

      2. Kak, aku udah putus sama cowo aku sekitar 4 bulan. Tapi kita masih komunikasi ,jalan bahkan liburan bareng. Chatting gak intens, on of gitu. Misal hari ini ketemu kita pasti bakal chat selama beberapa hari kedepan trus akhirnya berantem dan 2minggu kemudian salah satu dari kita pasti ada yg mulai menghubungi lagi. Kita pun putusnya hanya karna kurang komunikasi. Misal aku dah cuek dan menghilang pasti dia nyari, tapi kalau aku udah mulai respon baik, eh malah dia yg menjauh. Sebenarnya dia itu kenapa sih kak? Aku memang masih sayang sama dia, dan dia yg mutusin hubungan.

    2. Kak aku mau nanya aku punya pacar tiap hari kami bertengkar terus itu pun gara gara masalah sepele truss ujung ujungnya ngomel masalah yang ngga pernah ngertiin perasaan dialah contohnya aja ya kak cuman gara gara nada bicara yang beda udah diomelin Trus dia juga sering ngelarang pas aku mau pergi kemana padahal aku ngga pernah ngelarang pas dia pergi.Gimana nih kak solusinya

  45. Halo kak, sy mohon buat dijawab ya soalnya sy gatau mau cerita ke siapa lgi TwT
    Jd sbnrnya kami saling suka tp nggk pacaran krn bbrp alasan. Udh 6 bulanan tau perasaan masing2. Awalnya sih tentram2 aja,sering bercanda ngobrol2 santuy.. Tp 3-4 bulan terakhir ini di chat sy ngerasa jadi sering berantem cm krn hal sepele. Sy udh sering berusaha mengalah biar jd jln tengah tp jatohnya selalu sy aja yg salah:(
    Kadang cm ngobrol biasa tiba2 dia ngambek pdhl gaada apa2. Sy udh coba tanya “kenapa” tapi jawabnya selalu “pikir sendiri” atau “sadar aja sendiri”. Udh kupikir2 tp tetep bingung, ga ngerasa bikin salah, soalnya gaada angin gaada hujan tiba2 ngambek gitu:( dan klo lagi ngambek kadang dia gabakal online sosmed:((
    Sempet mikir apa krn lg karantina dianya jd gampang moodswing? Soalnya sebelumnya ga gampang marahan gitu.. Mnurut kakak sy harus ngapain ya?:( makasihh

  46. Kak, sekarang aku ada di fase pacar aku minta break karena uda capek sama sifat/sikap aku yang sering mengulang kesalahan yg sama (di mana aku sendiri sudah coba untuk berubah meskipun ya masih progresnya baru sedikit kak)
    Sekarang aku ngerasa kesepian kak, biasanya kita berkabar, ketemu saling tegur sapa, luangin waktu untuk ketemu, bercanda” baik pas ketemu, video call/chat.
    Sekarang aku ud ikutin masa break yang dia minta kak karena sadar aku yang salah, tapi entah sampai kapan kak. :”(
    Untuk selanjutnya gimana ya kak?
    Karena sebelum break aku minta untuk ngobrol berdua dia sudah gak mau kak, karena capek dan percuma (pasti ujung-ujungnya) ntar aku ngulangin lagi pikir dia begitu kak.

    Ini selepas break apa bisa lanjut / mending putus saja kak. Biar pacarku juga lebih bahagia dan gak merasa capek/lelah hadapin aku

    Mohon bantu solusinya ya kak
    Terimakasih

  47. kak aku sama pacar sering banget berantem. dan menurut aku, pacarku ini menanggapi masalah yang aku hadapi sama dia itu sepele. itu menurut aku. dia bilang iya dia akan jadi yang terbaik, tapi belum beberapa menit berlalu dia ulangi lagi hal yang aku gak suka dari dia. selalu begitu. aku harus apa kak. aku yakin pisah bukan solusi. saling meninggalkan adalah bukan solusi. jadi bagaimana kak? jujur kak, aku gak punya teman cerita yang bisa ngasih aku solusi terbaik untuk hubungan ku ini kak

  48. aku sama pacar terpaut dalam umur yang selisih berkisar dia lebih muda 2 tahun dari aku. tapi aku percaya, umur bukan penentu kedewasaan seseorang. aku merasa pacarku ini hanya 20% cinta sama aku dan sisa nya 80% adalah nafsu. tapi ini semua hanya perasaan ku aja dalam menilai dan bisa saja salah kan kak. dalam hal bertengkar, banyak aku yang ngalah kak/ bahkan aku berpikir dalam hubungan ini hanya aku yang punya rasa takut untuk kehilangan, tapi dia nggak punya rasa itu kak. bahkan aku merasa, tanpa aku pun dia bisa bahagia kak. tapi knp di sini aku yang merasa sangat menggantungkan kebahagiaan ku sama dia kak, aku merasa aku bahagia kalau sama dia dan aku akan menyesal jika aku melepaskan dia. itu yang ada di pikiran ku kak. bahkan, aku gak peduli mau harga diri aku gimana, mau di sakitin sesakit-sakit nya sampe nangis bahkan mau bunuh diri sekalipun aku gak mau kehikngan dia kak. sifat dia ke aku, aku harus selalu baik ke dia, selalu nurut ke dia, dan gak boleh melakukan kesalahan sekecil apapun kak. sedangkan dia msalah kecil yang dia lakukan, aku gak boleh marah kak. mungkin ini terdengar sepele, tapi klo dirasakan…jadi diri ku itu sakit kak. kalo di ibaratkan, dia itu udah kayak nikotin kak, mau berhenti mencintai dia tu sakit kak, susah. dah candu bgt kak.mau jdi kyk org gila klo udh gk sama dia kak. benar2 merasa hidup aku sebagian ini udah sama dia. tapi dia gak segini nya sama aku kak.

  49. Kak aku punya pacar tp kita LDRan
    trus dia itu tdk pernah kasih kabr klo mau pergi krja / plng krja gtu.. Trus libur krja pun boro² chat dluan / tlpon dluan
    Yg ada dichat dlu trus disuruh tlpon mau tp dia gk mau bicar apa cerita gtu..kk
    Inti a mau a dichat dluan truss mau a di ajak becanda yg intinya d prhatin dengan sllu seneng² gtu..
    tp dia gak mau pernah bikin aku seneng ya layak a diperhatin balik..
    Apa sebener a dia suka sma aku apa dia cuman seneng krna baperin aku aja..
    Trus klo aku panasin dia di status tentang mntan, hal mlmminggua /post yg bikin dia panas tp dia sllu komen sttus aku itu marah n gk terima gtu yg ada dia bls dendam gtu..
    Klo dia gk disindir dia bakal cuek sma aku trus …saat aku marah² dia sllu respon n bls trus klo aku chat tnya tau pun apa gtu dia uga respon cept ..
    Menurut pendapat kk
    Apa ini pantes di pertahankn.
    Apa dia egois/ di hnya pura² suka aj sma aku..
    Apa yg hrs aku lakuin biar dia nujukin rasa syg ke aku beneran n aku biar percya bhwa dia serius sma aku..

  50. Halo kak. Aku dan pacarku sering bgt berantem karena aku selalu insecure dan gabisa 100% percaya sama dia jadi ujung2nya aku yg super posesif. Penyebabnya adalah karena dia selalu nolak kalo aku mau liat hapenya, pernah sih 2x kali aku dikasih liat hpnya tapi cuma sekedar liat galeri aja. Gara2 hal itu aku jadi curigaan terus. Btw pacarku ini baik gak macem2 sih, dia juga gapernah cek2 hp aku karena merasa gada kepentingan dgn segala isi hp aku. Selain masalah hape kita baik2 aja, aku harus gimana ya? Sering berantem tp sampe sekarang masalahnya gakelar2. Terima kasih kak

  51. Kak, aku pacaran baru 3bulan lebih itupun kita ldr:(
    Setiap hari pasti ada aja berantemnya, cuma gara” hal sepele kak, ky misal aku lupa ngabari klo mo pergi trs besokny dia yg lupa ngabari, pdhl dia sendiri yg nyuruh aku ngabari tiap mo pergi tp diany juga gitu kak sering bgt ga ngabari, pokokny berantem hal sepele…
    Tiap pagi siang sore ada aja berantemny trs malem baikan, gitu terus kak tiap hari:(
    Jadi aku harus gimana kak? Lama” capek sendiri klo berantem mulu:(
    Bantu dong kak kasih saran:(

  52. Jdi gini kk,aku ama dia ini sering bgt berantem.tpi emg pure slh dia,kdg aku cuma negur doang kk,sprti ksitau apa slh dia trs hrs perbaikin gausa pke mrh².tpi kdg dia kyk ga trima gtu.dia bilng aku ini mancing emosi dia,pdhl emg aku butuh dia ga lakuin kslhn itu lgi trs aku butuh dia perbaikin dan brubah bkn mlh jdi mrh².trs skrg kk aku lgi di posisi bimbang bgt,dia kn lgi mo msk kuliah.dia si udh tes udh smuanya yg syarat buat msk kuliah,cm dia pusing krna biaya doang.tpi mlh kyk nyalahin keadaan dia ke aku.cm aku bicarain hal dikit yg aga sensitif cm hrsnya kl dia pinter ato emg gamau bermslh sm aku,yauda gausa di perlebar jg.cukup di belokin aja kn mslhnya atau pura² becanda.ini ga kk,mlh mslhnya dibwa ke arah yg gjls.kek dia bikin kata² yg nyudutin dan mojokin aku.tpi aku gphm,mksd dia apa.soalnya kdg kata²nya itu buat nyari pembelaan diri dia sndiri tpi ganyambung sm mslh yg lgi dipeributkn.trs jg dia suka ngebentak aku dan ngmg kasar ama aku.pdhl aku udh sring nangis didpn dia,aku udh sering negur dia dan bikin perjanjian ama dia kl misal ada mrh² tlg kontrol emosi krna ga smua apa yg aku katain itu brrti kita hrs brntem gtu,kdg aku skedar negur dan nyadarin kl apa yg dilakuin slh.
    Jwb ya kk hehe,bnr² butuh bantuan bgt.krna posisinya aku udh ngrtiin parah.cm aku kn manusia,gbisa jauh dri ego dan salah atopun khilaf 🙂

  53. Jadi gw binggung nih kak
    Jadi pada malam hari gw vc nah itu udah malem dan gw ngantuk.. Dan pas malam itu cewe gw kalo mau tidur biasa ngomong sayang asalamualaikum, nah karena gw ngantuk gw cuma jawab waalaikumsalam. Dan paginya saya beres beres kamar, dia telfon, posisi gak megang hp. Nah gw jawab lagi beres” kamar. Nah gak ada sejam telfon lagi emng lagi gak pegang hp. Dia malah chat yaudah lanjuta aja beres” maaf ganggu. Nah permasalahaanya tuh gw jarang gitu ngomong sayang apa segala macem. Tapi kan dari hati emng sayang suka. Dia malah gitu ngomong gw egois. Jadi gw harus gimana nih bjirr apa gw harus ikut sabung ayam?

  54. Kak. Mau tanya. Aku pacaran sama yg lebih muda. Dulu sblm pacaran dia ngeyakinin aku katanya dia bakal lebih dewasa buat ngertiin aku yg sifatnya masih kekanakan dan manja. Tp blkgan ini dia sering cemburuan. Buka whatsapp kelihatan online, belum sempat balas chatnya gara2 buka grup atau chat dr org lain (keluarga/teman/mitra kerja) udh dicurigain, katanya “udh ada yg lebih asik, dilanjut aja” gt. Udah dijelasin ujung2nya malah berantem.. dan karena ruang lingkup pekerjaanku banyak laki2nya, jadi teman2 juga banyak cowok.. kalau aku balasin chat teman2ku dia cemburu, selalu bilang harusnya balas seadanya. Ya gimana ya masa sama teman akrab tb2 jadi jutek. Ntar dikira aku gimana.. belakangan jadi stress. Sering marah sama diri sendiri. Apa emng aku salah. Kadang ortu dan saudara juga komen, knp aku sering diem, marah2 sndiri.. padahal aku gamau sampai keluargaku terkena imbasnya.. kadang cuma bisa nangis.. aku harus gmn ?

  55. Kak aku mau tanya. Kenapa sih aku sma si doi sering bgt berantem? Mulai dari hal kecil atau sepele tapi selalu di besar2in. Hampir setiap hari ada aja yg jd topik permasalahan. Padahal dlu awal2 kenal dia baik bgt. Aku udah jalan setahun ini. Akupun udah melangkah serius kak. Aku udah sayang bgt.. Aku berusah mengerti, sabar dan selalu nurut apa kata dia. Tapi kenapa di nya masih aja sering mikir yg engga2. Msih suka gapercaya.. Dia bilang aku terlalu care sm cwo dll.. Tp apapun itu aku tipe orang yg setia dan komitmen sm tujuan awalku. Sebenernya dia ini udah bosen makanya sering marah2 gajelas atau memang gamau kehilangan sih kak? Apalagi klo marah sampe buat aku nangis.. Bsoknya gampang gt balikan lgi. Aku sempet ngerasa kira2 kita jodoh ga sih tiap hari berantem capek juga kakk..

  56. Kita pcrn udh 2 thn semkin sering ktm semkin sering berantem jg dan mslhnya sbnre itu2 aja gk bs memahami saya, mau putus berat tpi kadang gk bs jg tanpa dia…aku cmn pgn dia full perhatian aja ke aku bukan ke orang2 terdekat dia..thank you

  57. Kak, aku mau nanya, mudah”an di jawab.
    Aku (cwek) uda pcrn 2 thnan, awal pacaran sering berantem krn masa lalu aku sekitar sampe 1-4 bln awal lalu lanjut lg berantem hal lain jg sampe 1 th pcran, Abis tu enggak lagi ungkit masa lalu n agak jarang berantem paling 1-2 bln sekali, tp krn kayaknya kami kebanyakan berantem skrg klo berantem dia sllu blg capek, malas selalu gini trs, muak n gk ngejar kyk dlu. Crtanya bru ini berantem krn aku lg dlm situasi down bgt sama hidup aku, karir aku, n wktu itu siang aku crta ke dia aku lg ngalamin ini, n dy responnya cm oh gwt dong lalu ngilang 3 jam lbh, fyi dia orgnya lumayan sibuk dg pekerjaan, jd emg akhir” ini suka lama balas chat, cuma aku berharap sesekali dia bs luangin wktunya sedikit walau lg sibuk untuk hibur aku saat aku lg down bgt krn aku gk ada siapa” lg buat cerita. Lalu dia malah sedih katanya krn sikap aku gtu, kyk aku gk ngertiin kerjaan dia n dia minta aku sabar kalo dia akan ladenin aku pas uda gk sibuk, dan aku ngerasa dia juga gk ngertiin kondisi aku n gk prioritas kn aku. Gimana ya mnrt kakak apa bs lanjut hubungan dg dia?

  58. kaa ..aku tipe pacar yg santai aja yg gak suka ngelarang gini gitu tapi kalo lihat pacar yg kadang tu karena dianggap boleh2 aja jadi dya nya keenakan dan aku juga jadinya sukak kesel dan marah sendiri tapi dya juga ngga suka kalo banyak diatur dan harus gini gitu..gimana cara ngadepinnya biar dya juga bisa tau..

  59. Kak, aku sama cowo ku dah putus sekitar 4bln tapi komunikasi kita on/of tapi sesekali masih jalan bahkan liburan bareng. Misalnya dia chat aku jawab cuek pasti dia bakal sering chat lagi, tapi kalau ku respon manis dia itu suka tiba” menjauh lagi. Trus sekarang dia blokir kontakku. Sebelumnya kami pernah putus tapi sebulan. Nah sebenarnya mau dia itu apa sih kak menurut kakak sebagai cowo. Umur mu lebih tua setahun dari dia. Dan aku harus gimana menghadapinya kak? Dia nyuruh aku cari cowo lain, tapi dia selalu kepo dan gak suka sama cowo yg naksir samaku, padahal aku nya gak cuma sayang sama dia.

  60. Ka mau nanya, aku sama doi Sering berantem, dia marah gara2 aku ikut eskul pdhal dia juga ikut eskul yang sama, dulu dia pernah sayang2an ama shabat aku sendiri tapi endingnya dia balik ke aku,, tapi skrang udah Ada Kali 1bulanan lebih milih buat ga komunikasi bahkna delete contact, Kita udah 2kali putus tapi nyambung lagi wkwk tapii dia pernah bilang kalo dia lagi males.
    menurt Kaka gimana? Dipertahanin apa udahan?

      1. Ka gmn ya aku baru berpacaran, dan baru mengetahui sifat perempuan. Pacar aku baik, apa² kami saling bergantian kalo jajan diluar, dan kalo misal aku yg bayar dia malah kesel ngambek ketika aku taro tas ny ketahuan. Dan pacar aku itu mandiri ka, jdi apa² dia sudah biasa sendiri, dia selalu gk mau ngerepotin aku, misal contoh dia mau pergi ke kawan abangan aku malah milih naik gojek online. Kan bisa kalo kabarin aku dlu buat jemput untuk sma² kesana. Intinya dia gk mau selalu ngerepotin aku, terus selalu gk enakan, dan dia tuh gk mengeluh atau cerita apa yg dia alami, seperti dia bisa mengatasi ny sendiri, giliran aku selalu ngeluh kerjaan dengan dia. Aku jdi sebagai cowo susah berbuat untuk dia. Dan pernah dia tuh suruh aku duluan jemput ade aku dlm keadaan berkendara. Dia bilang aku bisa sendiri, pas gitu dia gk enakan gitu aku anter pulang ampe rumah dia malah marah aku benci klo kamu kyk gini, ade kamu kasian aku bisa naik grab cepet turun, bgitu ka dia bilang gk usah khawatir gpp. Aku harus gmn ya ka

        1. itu cara dia dalam menyayangi kamu, dia nggak mau nyusahin kamu. dia justru bertekad mau ngebantu kamu. saran saya, buat ngebales kebaikannya kasih aja surprise kecil-kecil. orang suka kok dikasi surprisa walaupun itu bukan barang mahal. misalnya cemilan atau jajanan. yang murah-murah aja, kalo cemilannya mahal nanti dia sungkan. kalo murah kan dia nggak ngerasa sungkan. kalo dia ngotot mau ngeganti, bilang aja kalo itu bentuk sayang kamu ke dia.

  61. Kak mau nanya.
    Kita ini baru banget pacaran, tapi udh bbrpa kali berantem. Gara²nya aku tipe cewek cuek bgt, pernah hp dia rusak dua hari aku ngga nyariin. Klo dia ngga ngechat, aku ngga pernah ngechat dluan.
    Trus aku juga ada temen cwo yg deket yg hampir tiap hari ngechat aku dia ngga suka, dia bilang skalipun aku ngga ada perasaan apa² skrng ngga tau nanti katanya. Jadinya dia suka curigaan klo aku online tapi ngga lagi chatan sma dia psti nyangkanya aku chatan sma cwo lain. Dia juga jd ngeraguin perasaan aku ke dia. Smpe yg terakhir ini dia marah dan bilang nyerah sma sikap aku, aku hrus gimana kak? Apa sbnrnya dia ngga sesayang itu sma aku? Tapi Aku ngga mau dia nyerah.

  62. Gini kak, hubungan ku baru 3 bulan maju 4 bulan,
    Dari dulu sifat dia tuh cenderung cuek,
    Tapi gak terlalu cuek ttep suka ada perhatian nya,
    Dia kerja di toko, kalo aku jadi kurir,
    Tapi dia gak pernah peduli, gak pernah nanyain gmna2 saya kalo di lapangan,
    Malah sering aku selalu pulang malam aku bilang sama dia, pas jam 8 aku msih di lapangan dia bilang nya oh iya,
    Gitu doang, gak pernah gmana gitu,
    Bukan berarti aku pengen ngemis kepedulian dia, tapi gmna lah caranya biar hati sama pikiran aku semangat

  63. Ka mau tanya, saya berantem sering banget, karna saya belum bisa ngenalin ke keluarga dan juga kerabat saya lainya, dan ini udah ke 2 thnnya hubungan kita, tapi setiap ada masalah bahasnya ke masalah yang tdi, contohnya tadi udah aku kenalin ke kerabatku, tapi aku pun juga jawab, maaf ya kalo belum bisa ngenalis ke kerabatku, dll smpea dia marah marah karna masalah yang dulu dulu di bawa lagi, seoalah olah masalah dulu itu belum close di pikiran dia, dan kaya masih di pendem gitu, itu artinya dan solusinya gimana ya, atau di lnjutin atau di diskusikan lagi tentang masalah saya ini?

  64. kak, aku sering berantem sama doi gara” masalah sepele, emang ini salah aku kak yang awalnya ga mood terus jadi kesel ke dia gitu, aku juga bingung kenapa aku kaya gitu malah hampir tiap hari kak, apalagi aku sering di tinggal tidur sama doi padahal masih berantem, waktu pas kutanya dia lagi males debat gitu. aku harus gimana kak? aku gamau lagi berantem tapi masalahnya belum diselesain baik” malah di tinggal tidur sama doi

  65. Kak mau nanya, kami udh pacaran mau ke 5 tahun kami sering bgtttt berantam akhir2 ini sebentar ya dri Dalam fikri udh ada gasuka karna dia ga sesuai ekspetasiku soalnya umurku udh 22 th dna hampir setahun udh wisuda dan syukur sudah ada sedikit penghasilan sementara dia laki2 wisuda aja belum dan dia selalu tergantung sma orgtua(keuangan dan kegiatan ya sehari2 bantuin orgtua ) terus akar mslh kami selalu komunikasi dia tipe yg gabisa ngalah sma perempuan dan kalo ada sikit mslh dia jarang bgt buat redahin emosiku bahkan dia sekalian membuat suasana emosi. Dan kami kalo berantam suka omong2 kasar. Dan paling gasuka keadaan gni dia jarang bgt bagus waktu ketemu/komunikasian smaku, kdg udah dibicarain to nanti muncul mslh lagi gitu2 aja udh hampir 6 bln 🙁

  66. ka aku dan pacarku belakangan ini sering berantem, pertama cowo ku kerja dan sering kecapean akhirnya tiap malem gampang kesulut emosinya, dan aku juga cape kuliah jujur pengen ada waktu lebih chattan walopun tau dia sibuk dan cape, aku selalu sabar tapi kadang gabisa ngontrol emosi karna kadang dianya jg ga peka suka tidur duluan, akhirnya berantem hebat karna dia pikir aku ga pernah ngertiin, kadang sampe saling bawa2 putus. Tapi cowok ku besoknya selalu minta maaf dan beda lagi sikapnya, kalo ketemu pun baik bgt, cuma dichat setiap cape gitu. solusinya gmn ya kak?:(

    1. capeknya kerja seharian kadang bikin seseorang jadi pengen istirahat dan menenangkan diri. cara menenangkan diri orang beda-beda. ada yang dengan rebahan sambil main game, buka sosmed, dan ada juga yang menenangkan dirinya dengan telpon atau chat pacar.

      pacar kamu mungkin bukan tipe yang doyan chatting. chatting mengharuskan seseorang buat lama mantengin layar hape, padahal pikirannya udah butek dan pengen hiburan. saran saya sih komunikasiin sama pacar tentang betapa kamu ngertiin capeknya dia, tapi kamu juga pengen tau kabarnya dia. kalo chatting gak bisa, sepakatin aja buat telponan sebentar buat sekedar tau kabar, setelah itu kembali jalani hidup masing-masing. pas weekend baru sempetin ketemu dan berbagi cerita panjang.

      emang kesannya kok kayak nggak pacaran. tapi intensitas hubungan nggak melulu dilihat dari lama komunikasi per harinya. asal komunikasi sehat dan saling percaya, hubungan bakal baik-baik aja.

  67. Ka, mau cerita. Jadi aku sama pacarku ini uda hampir 2th. Dulu dia mantanku di 2017. Dan balikan di 2019 sampai sekarang. Awal2 hubungan kami baik2 aja ka, dia perhatian dll. Belakangan ini karna aku kuliah, dia juga lagi pendidikan jadi kayak kita jarang ketemu ngobrol langsung, komunikasi kita cuma jalan di chat doang kak. Tapi kadang juga slowrespon dianya. Nah kita belakangan ini lagi berantem terus, masalah sepele selalu jadi gede. Contohnya kayak dia difollow cewek2, akunya cemburu dan marah. aku takut dikira posesif, trus dia juga uda kayak ngga prioritasin aku lagi kak, dia jarang nyariin aku, dia juga kayak ngga kangen aku kak. Aku capek jadi pihak yg selalu nyariin dia, ngajak ketemu terus, merjuangin dia. Aku uda coba bilang ke dia mauku. Tapi dia bilang iya, tapi bakal keulang lagi masalah yg sama. Gimana ya kak:”)

    1. saya rasa dia mulai bosen sama hubungan ini tapi dia juga nggak mau ngambil tindakan tegas. dia bosen sama kamu tapi nggak mau juga kamu dimiliki orang lain. pelan-pelan coba untuk komunikasiin lagi ke depannya mau kayak gimana. kamu ceritain semua keresahan kamu ke dia. semua perjuangan kamu yang nggak dibales dengan upaya yang sama itu. kalo keulang lagi ya berarti kamu perlu tegasin ke dia, mau terusin apa nggak.

      1. Kak mau tanyaa aku pacaran udah setahun lebihh, tapi akhir akhir ini berantem terusss masalah sepelee dan bawaannya selalu curigaan gitu sama dia soalnya cowokku kalo sama orang terutama cewek kesannya menggoda gitu, apa memang lamanya hubungan bisa bosan seperti itu yaa, apaa dianya yg sudah bosan dengan saya

  68. Kak mau tanya ,, saya tuh sama pacar setiap hari berantem mulu ,soal hp, hp saya boleh dliatin giliran saya pinjem hp gak boleh ,iya dia bilang dia gak lagi sama yg lama tapi kok bnyak bnget yg dia rasiain ,saya ngerasa capek dbodohin dbohongin ,trs gmana kak pendpt kakak

  69. Ka, gimana sih caranya kurangin rasa curiga dan egois. Aku sama pacar ku sering berantem, awal nya gara2 dia ga jujur sama aku, dan sampe sekarang aku jadi curiga dan nyalahin dia terus kalo ada masalah. Aku harus gimana ka?

    1. wajar dong kalo kamu curiga sama dia setelah dia gak jujur. tentunya kamu gak mau dibohongin yang kedua kalinya. saya rasa ini karena kamu belum memaafkan sepenuhnya kebohongan dia yang udah lalu.

      kamu harus bener-bener maafin dia setulus hati. anggap dia udah belajar dari kesalahannya dan kali ini dia udah berubah. kamu juga harus ngasih dia kesempatan kedua, dalam arti bener-bener ngasih dia kesempatan untuk membbuktikan kalo dia udah memperbaiki diri dan berkata jujur.

  70. Kak…aku lg bingung bgt…kami udah ada rencana mau menikah bulan 4.semua udah saya susun..tapi gara2 hal sepele..kami berantem.. sebelum kami ada tujuan pun..kami sering beratem ka..saya sih yg ambil keputusan nikah..biar kami bisa saling lebih mengerti lg..apa saya salah ka ambil langkah ini. Sekarang hubungan saya dengan cowok saya lg gk sehat kak..kami bertengkar hebat..sampai dia membahas tentang diri saya.. keburukan saya..apa masih pantas saya lanjutkan hubungan ini kak .tolong bantu dong kaka..saya harus berbuat apa

    1. saya rasa kalo dari pacaran aja udah berantem terus, nikah pun berantemnya akan lebih hebat lagi. menikah gak akan menyelesaikan masalah yang ada. belum kalo nanti ketambahan punya anak. banyak korban kdrt yang awalnya dari kayak gini.
      mungkin pacar kamu belum siap menikah, dan mungkin dia ngerasa kamu terlalu mengontrol di dalam hubungan ini. coba diskusiin lagi apa bener dia mau menikah sama kamu, dan kenapa dia sekarang selalu ngebahas keburukan kamu. kalo nggak bisa dilanjut jangan dipaksain.

  71. Sering beramtem terus Kaka malah setiap hari berantem nya harus bagaimana biar gak berantem terus

  72. Kak jadi gini aku sering bgt berantem sama pasangan aku tapi berantemnya tu bukan kaya marah” karna kita kalo berantem lewat chat sampe dia beberapa kali minta putus walaupun akhirnya ngga jadi sih , kita berantem karena dia slalu bilang kalo aku ngga nganggep dia , ngga ngertiin dia pdhl aku Uda usaha semaksimal mungkin ngertiin dia trs setiap hari kita dichat berantem trs ngga pernah akur
    Sampe akhirnya aku cape bgt dan aku mutusin dia ,selang satu Minggu setelah aku mutusin dia , dia chat aku lagi minta maaf dan minta kesempatan kedua hbs itu hubungan kita membaik tapi sekarang dia berubah lagi slalu menyalahkan aku , berubah cuekk ,cuma bedanya skrg kalo berantem dia gapernah ngmg putus
    Yang aku mau tanyain kira” kalo kaya gitu dia beneran sayang ngga ya sama aku kak

    1. pacar kamu masih nggak tau bedanya sayang sama memiliki. dia minta banyak dan menggampangkan kata putus karena dia merasa bisa menguasai/memiliki kamu. dan ketika dia bilang sayang, di dalem pikirannya tuh dia rindu memiliki kamu. bukan rindu sama kamu.

  73. Kak aku pacaran udah 1 taun lebih tapi akhir² ini rasanyaa dia kayak acuh dan mulaii maless sama aku, apa yg aku lakuin tuh slalu salah dimata diaa, apa mungkin sama² egoisnya? Pengen menang sendiri?? Apa memang dlm hubungan yg semakin lamaa memang seperti itu apa dianya yg udah bosan tp gamauu ngmng putus duluan??

    1. kebosanan itu pasti ada dalem hubungan, tinggal dikomunikasikan kenapa rasa jenuh itu muncul. aktivitas baru dan tempat jalan2 baru biasanya akan mengurangi kejenuhan itu. balik lagi ke komunikasi sih.

  74. Kak akhir2 ini sering banget aq berantem ma ceweku
    Dia dikit2 ngambek salah paham dikit ngambek
    Mesti kalo ngambek chat n telponku nggk pernah direspon kadang juga diblok wa ku
    Trs nanti sehari dua hari baru dia mau maafin
    Pusing aq kalo pas berantem dia cuekin gtu kak

  75. kak saya pacaran hampir 1 tahun,jadi masalahnya setiap saya komunikasi dengan doi saya,dia itu cuek,tidak pernah nanya kabar saya bagaimana,keadaan saya bagaimana,keseharian saya bagaimana,dan posisi hubungan saya LDR udah 2 bulan,dan kadang dengan jangka waktu 1 minggu bisa di hitung berantem bisa sampe 2 kali dalam 1 minggu,dia pengen di ngertiin tapi dia tidak bisa mengerti,dia selalu respone cowo kek friendly lah gtu ke semua cowo,setiap saya chat dia cuekin saya,setiap pulang kerja saya telfon dia selalu ilang,selalu pengen ada waktu mee time intinya ilang ilangan,dan juga setiap ketemu sama saya hp nya selalu di sodorin ke saya setiap saya ga sengaja liat ada notif pesan chat dia kadang ada 2 laki laki yang chat,dan saat saya bertemu saya tidak menegur nya demi kenyamanaan saat bertemu,biar tidak ada pedebatan,setiap saya ungkap kan keslaahan dia,dia selalu berkata “aku orng nya emng gini” dan di situ saya pun mulai bingung harus seperti apa saya bersikap ke dia,tolong kak bantu kasih solusi,apa yang harus saya lakukan

  76. Kak, saya mau cerita. Akhir2 ini saya sering banget berantem seminggu itu sering 2/3 kali berantem. Berantemnya itu ya hal sepele sih, dia tuh cuek banget, perhatian nya juga kurang, punya pacar tapi kayak yg gapunya pacar, anu udh omongin ini baik2 sama dia lewat chat si, cuma ya dia responnya ya gitu, dia bilang kayak gini “yaudahlah kalo emg ngerasanya kayak gitu gausah punya pacar” bukannya dia coba untuk mengerti dan memahami, eh dia malah marah2 sampe cuekin aku seharian. Yaudah disitu aku mengalah aja dan coba untuk meminta maaf walaupun itu bukan kesalahan aku

    1. kalo dari jawabannya yang kayak gitu, berarti emang dianya udah gak tertarik sama kamu. dan dia pun gak ada inisiatif untuk memperbaiki hubungan. kalo dilanjutin pun akan terus seperti ini. kalo menurut saya sih tinggalin aja ya, karena menjalani hubungan yang gak saling membahagiakan cuma nyusahin kamu dan cowokmu. buat apa punya pacar kalo cuma jadi beban pikiran?

  77. Aku tiap Minggu gitu slalu brantem sama pacar aku, karena yang mulai pertengkaran ini aku, trus aku nggak bisa mengontrol emosiku sendiri.

    ITU KENAPA YA..?

  78. halo ka, aku lagi bingung dan lagi ragu sama hubungan aku.. ada kemungkinan dan tanda tanda dia mau ngelamar aku, tapi aku ngerasa masih ragu. Kita uda jalan setahun. Hubungan kami berjalan cukup sering berantem hal hal sepele bisa seminggu 1x. Dia cukup emosian dan cemburuan. dulu pernah berantem sampe dia neriakin aku. Tp sekarang sebenarnya sudah mulai berubah ga sampe neriakin/blok wa lg. Sudah membaik tp sepertinya aku yg belum bisa nerima dan takut kalo kekurangannya ini terjadi lagi. Aku harus gimana ya ka?

  79. selama pacaran, saya sama pacar saya selalu saling support kita bahagia setiap hari, tapi setelah 1 tahun berlalu dan dia pindah ke Bandung untuk kuliah di sana. semenjak LDR awalnya kita baik-baik aja dan kita masih selalu support dan menjalankan kebahagiaan kita walau dengan jarak yang jauh. tapi tiga bulan berlalu kami bertengkar setiap hari. karena masalah sepele seperti telat memberi kabar dan acuh tidak seperhatian dulu.. dan aku pun selalu curiga jika dia ada di sana. apakah ini karena jarak kita yang terlalu dekat sebelum dia LDR yang menyebabkan kami tidak terbiasa? mohon jawabannya terima kasih

Ada komentar? Mau nanya? Mau curhat? Silakan tulis di sini :)