Kepribadian Introvert – Semua yang Perlu Kamu Ketahui!

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // Kepribadian Extrovert dan Introvert // Kepribadian Introvert – Semua yang Perlu Kamu Ketahui! // Page 2


Daftar Isi (Klik untuk Membaca)

9 Hal yang Bikin Bete Kepribadian Introvert

Jadi introvert itu nggak mudah!
Ada beberapa hal yang akan menyiksa bila mereka lakukan.
Ada juga hal-hal yang mereka nggak suka bahkan benci.

Kamu para introvert mungkin akan sangat setuju dengan daftar ini.

1. Orang dengan kepribadian introvert gak bisa lama-lama di pesta.

introvert, kepribadian introvert

Introvert benci keramaian!
Makanya, kamu akan sulit melihat mereka betah di pesta.
Apalagi, kalau di pesta itu banyak yang nggak ia kenal.
Rasanya pengen lari ke hutannn.

Kalau tamu yang dia kenal cuma sedikit, dia akan cari alasan untuk tidak datang,
Atau, mereka cepat-cepat pulang setelah bertemu tuan rumah.

 

2. Kepribadian introvert gak bisa basa basi.

Introvert tidak suka obrolan kosong tanpa makna.
Ngomongin hal-hal omong kosong, cerita-cerita membual,
dan sesuatu yang sok tau… ia akan pergi jauh-jauh.

Orang dengan kepribadian introvert menyukai obrolan yang dalam!
Mereka menyukai obrolan yang berisi, mencerdaskan, dan mendekatkan hubungan.

 

3. Tidur ramai-ramai

Introvert tidak tahan lama-lama bersama orang lain.
Mereka butuh waktu untuk sendirian, tidak diganggu siapapun.
Biasanya dilakukan di kamar.

Introvert tidak bisa tidur ramai-ramai.
Ia lebih memilih diam bila harus tidur bersama teman-teman.
Ia rela keluar menembus dinginnya malam, demi mencari kesendirian.

 

4. Introvert bete kalo disebut pemalu

Beberapa orang dengan kepribadian introvert tidak suka disebut pemalu.
Mereka dalam hati bilang,”aku bukan pemalu, aku cuma malas ngomong!”

Mereka malas bicara banyak di depan orang baru.
Mereka malas bicara hal yang nggak penting.
Itu saja!

 

5. Ditelpon

 

introvert, kepribadian introvert

Kenapa harus telepon sih?
Kenapa nggak ngomong lewat whatsapp?

Itulah hal yang sering dikeluhkan introvert.

Introvert nggak suka ditelepon.
Dan introvert nggak suka menelepon.

Untuk berkomunikasi, mereka lebih suka lewat teks.

 

6. Kerja di tempat ramai

Coba liat salah satu komen di bawah!
Dia bercerita bahwa dia resign karena nggak suka kerja di tempat ramai.

Benar, introvert nggak tahan bila harus berada di tempat penuh orang lain.
Ia akan sering terganggu dengan ketukan sepatu, suara kertas-kertas, suara keyboard…

Semua terasa mengganggu buat dia.

Makanya, kalau bisa orang introvert memilih menyendiri.
Bila tidak bisa pindah tempat, ia akan kerja sambil pakai headset.

 

7. Orang yang tidak peka

Introvert adalah pembaca ekspresi yang lihai!
Mereka bisa menebak perasaan orang lain dari suara dan ekspresi wajah mereka.
Mereka juga peka terhadap sindiran.

Makanya, introvert sering gregetan dengan orang yang nggak peka.
Kok bisa sih ada orang yang nggak nyadar disindir-sindir?
Kok bisa ya ada yang tetep cuek, padahal semua orang udah keliatan nggak suka sama dia?

Introvert selalu heran dengan orang-orang yang nggak sensitif seperti ini.

 

8. Jadi pusat perhatian

Introvert nggak nyaman diliatin banyak orang.
Introvert nggak tahan bila dikasih tepuk tangan.
Kalau banyak yang merhatiin, mereka risih dan menduga, “ini di muka gue ada apaan sih?”

Pribadi introvert memilih nggak keliatan dan nggak mencolok.
Buat mereka, sorotan perhatian itu mengganggu!

 

9. Dikasihani karena jarang ngomong

Diperhatiin aja males, apalagi dikasihani.
Walaupun sering drama dan lebay di sosial media, introvert nggak suka dianggap lemah.
Apalagi dianggap bahwa memiliki gangguan.

Kamu nemu artikel ini dari google, kan?
Barangkali, salah satu alasan kamu googling tentang introvert…
Adalah karena kamu muak jadi introvert.

Mungkin karena kamu muak dengan sikap diammu.
Karena kamu bosan dikasihani.
Ya, ini juga salah satu hal yang paling kamu benci.

Nah, introvert!

Saya sudah menjelaskan kepribadianmu secara panjang lebar.
Nggak usah malu jadi introvert.
Lagipula, keunikanmu memang bukan untuk sembarang orang.

Terima dulu diri kamu sendiri, biar kamu diterima orang lain.

Buat yang bukan introvert,

Saya juga sudah menjelaskan apa aja yang perlu kamu ketahui dari introvert
dan bagaimana cara memperlakukan mereka.

Punya pertanyaan soal introvert?
Punya curhat-curhat soal introvert?

Tanya aja di kolom di bawah ini yes.

Sampai jumpa!

353 thoughts on “Kepribadian Introvert – Semua yang Perlu Kamu Ketahui!”

  1. Kak,apa aku termasuk introvert akut ya?
    3tahun terakhir ini aku
    1. Di tempat keramaian aku pusing,badan kaku,jantung berdebar,ada rasa takut (seperti semua orang meihat aku dgn tatapan tajam)
    2. Di lingkungan rumah aku gk mau bergaul Ama mereka krna aku takut ada ucapan/perkataan yg salah dan pada akhirnya aku takut di jahui oleh mereka
    3. Sebenarnya aku pengen akrab ngmong biasa,santai Ama tetangga bukan hanya sekedar sapa,senyum,say Hay,tapi aku takut keakrapan itu nanti malah jadi bomerang untuk aku.
    4. Bicara di depan orang aja kadang kosakata ku GK jelas,mlah jadi ilfil sendiri akunya
    5. Semakin aku paksa untuk bersosialisasi semakin stress akunya.(kenapa aku paksa,,,krna aku berpikir kita hidup bertetangga pasti suatu saat saya akan membutuhkan tetangga)
    6. Sya merasa jiwa sama raga saya saling berantem.
    7. Dirumah banyak waktu luang,pengen rasanya main ke rumah tetangga,crita2,tapi aku takut ada perbincangan yg tidak berkenan/GK nyambung ,bukannya makin Deket Ama tetangga, malahkan makin menjauh.
    8. Rasa ingin bunuh diri sering.
    9. Kadang kalo sudah lelah dengan keadaan nangis,,, dalem hati(CAPEK YA ALLAH,CAPEK)
    10. ABIS SOLAT SERING NANGIS.
    11.Kayak manusia di dunia ini GK ada yg nyambung sama aku,kenapa aku bisa ngomong kyak gitu??,karna aku korban broken home dari waktu kls 3smp GK ada yg peduli sama aku,apa2 serba sendiri walaupun aku serumah sama ibu aku gk pernah akur sama dia,ntah kenapa.
    DUNIA INI KEJAM 😭

    Reply
  2. Bagaimana menanggapi individu yang senang berkerja sendiri, tpi dengan berkerja sendiri ia berkerja lebih baik di bandingkan dengan berkerja berkelompok yg dia pikir itu membuat dia terganggu?

    Reply
    • gaya kerja tiap orang berbeda-beda, dan atasan/rekan kerja yang baik seharusnya memfasilitasi karakteristik kerja tiap orang selama nggak mengganggu kinerja yang lain.

      Reply
  3. Aku introvet. Rasanya ingin sekali punya temen banyak. Bisa jalan2 bareng. Foto bareng dll. Tapi semua itu hanyalah harapan kosong. Ga tau kenapa setiap punya temen baru serasa ngejauh. Ya mungkin aku ga asik ga enak d ajak ngobrol. Tapi aq seneng dengerin mereka cerita2. Sedih rasanya hiks. Berkomunikasih sama keluarga pun seperlunya aja. Habisnya aku ga bisa nyari topik pembicaraan aku senengnya mendengarkan. Apakah seorang introvet ga bisa punya sahabat atau temen ?
    kalo liat ig yg bareng2 sama tmn2nya aku suka iri. :'(

    Reply
  4. Hi! Aku kelas 11 sekarang. Banyak yg bilang kalo aku beda banget sama aku yg dulu. Masih inget gimana ga pahamnya aku sama diri aku sendiri. Kaka aku nyuruh tes MBTI dan aku INFJ. Dari situ aku pengen ngenal diri aku, lagi dan lagi. Karena kerasa gimana enaknya kenal diri sendiri.

    Sempet mikir kenapa ya aku gabisa kaya kaka aku. Karena kayanya orang2 lebih suka dia, sering dibanding2in juga. Aku yg sekarang salah ya? ga baik? Aku udah kenal diri aku tapi itu masih ga cukup? Dan masih banyak cerita sama. But itu dulu, aku yg sekarang udah bisa love my self 🙂

    Dari pengen ngenal diri sendiri aku pengen belajar ttg manusia. Dengan ngambil jurusan psikologi mungkin? Honestly masih maju mundur buat ngambil psikologi. So, kaka atau mungkin yg lain mau berbagi cerita? 🙂

    Reply

Leave a Comment