Urusan Cinta, Sebenernya ENFJ Cocok dengan Siapa Sih?

Home // Kepribadian dalam Psikologi // Tipe Kepribadian // MBTI // Urusan Cinta, Sebenernya ENFJ Cocok dengan Siapa Sih?

Untuk urusan percintaan, sebenarnya ENFJ cocok dengan siapa ya?

Nah, kemaren kita udah ngebahas tentang ENFJ ya. Dan kita juga udah bahas dalem seputar apa pekerjaan yang cocok sama ENFJ.

Kalau belum baca, kamu bisa ketahui lebih dalam tentang kepribadian ENFJ di sini, dan tentang karir yang cocok sama kamu di sini.

Anyway! Kali ini kita akan bahas tentang pasangan yang cocok sama kamu?

Siapa pasangan yang cocok dengan ENFJ? Kali ini, kita akan membahas tentang pasangan yang cocok dengan ENFJ.

 

1. ENFJ cocok dengan siapa?

Siapa pasangan ENFJ? ENFJ cocok dengan siapa?

This is box title

Dari berbagai sumber, pasangan yang cocok dengan ENFJ adalah orang dengan kepribadian INFJ, INFP, dan INTP.

Orang-orang INFJ, INFP, dan INTP punya pandangan hidup yang mirip dengan kamu. Kalau dengan mereka, hubungan kamu akan baik karena punya banyak kesamaan.

Sebagai seorang ENFJ, kamu seorang pemimpin yang selalu mikirin orang lain. Kamu orangnya murah hati. Tapi sisi jeleknya, kamu bisa terlalu protektif, suka ngatur, dan meremehkan pandangan orang lain.

Kamu mau punya pacar yang sepandangan sama kamu dan mencintai kamu dalam kondisi terbaik. Di sisi lain, tetap memahami dan memaafkan kamu sedang nggak baik-baik saja.

Dan, tiga kepribadian tadi bisa memenuhi keinginanmu.

Anyway, kita bahas lebih dalam yuk!

 

1.1. Kenapa ENFJ cocok sama INFJ?

Untuk urusan percintaan, sebenarnya ENFJ cocok dengan siapa ya?

Kita mulai dari INFJ dulu ya!

INFJ berjiwa idealis. Mereka teliti, komunikator yang sangat baik, dan nggak mementingkan diri sendiri. Namun, mereka kadang terlalu sensitif, perfeksionis, dan nggak realistis.

 

Kecocokan ENFJ dengan INFJ:

Kamu dan INFJ punya pandangan hidup yang mirip. Kemiripan ini membuat kamu dan dia bisa saling memahami dengan lebih mudah.

INFJ peka terhadap emosi dan perasaan orang lain, mencari hubungan yang lebih mendalam dan hidup dengan prinsip mereka. Mirip sama kamu kan?

 

Potensi Masalah ENFJ dengan INFJ:

Perbedaan pendapat bisa berubah jadi pertengkaran, karena kamu berdua adalah orang idealis yang memegang prinsip masing-masing.

Kamu harus paham bahwa dia pun sama berprinsipnya dengan kamu; jadi wajar kalo dia terus menerus mempertahankan apa yang dia anggap benar.

 

1.2. Mengapa ENFJ cocok menikah dengan INFP?

Untuk urusan percintaan, sebenarnya ENFJ cocok dengan siapa ya?

Nah, pasangan yang cocok sama ENFJ berikutnya adalah INFP.

INFP adalah optimis yang mencari yang terbaik dalam diri tiap orang. Mereka berpikiran terbuka, menerima, kreatif, dan spiritual. Tapi jeleknya, mereka mudah stres, dan memiliki harapan yang tidak masuk akal terhadap orang lain.

 

Kecocokan ENFJ dengan INFP:

Kamu hampir selalu sepakat dalam berbagai hal. Itu karena kamu selalu dapat memahami sudut pandang satu sama lain, meskipun pendapat kalian berbeda. Kalian berdua sama-sama lembut, manis, dan halus.

INFP mirip dengan INFJ, tetapi mereka lebih berjiwa bebas, santai, dan lebih optimis.

 

Potensi Masalah ENFJ dengan INFP:

Di dalam hubungan nanti, kamu mungkin akan jadi orang yang lebih banyak mengatur. Ini karena kamu merasa hidup INFP terlalu mengalir dan beda dengan kamu yang lebih suka keteraturan. Ini bisa jadi sumber keributan dalam hubungan kalian nanti.

 

 

1.3. Kenapa ENFJ cocok pacaran dengan INTP?

INTP adalah pemikir. Mereka orangnya logis, objektif, berpikiran terbuka, unik, jujur, dan nggak banyak aturan. Sifat jeleknya mungkin adalah cuek, kurang peka, perencana yang buruk, kurang terorganisir, dan merendahkan orang lain.

 

Kecocokan ENFJ sama INTP:

INTP punya sikap misterius dan cool. Ini mungkin yang bikin kamu tertarik. Dalam urusan pandangan hidup, INTP juga didorong oleh akal sehat untuk menjalaninya.

Kalau pacaran sama INTP, kamu akan merasa pacaran sambil belajar. Ilmu kamu akan terus berkembang, dan rasa cintamu sama dia akan diikuti oleh pengalaman baru yang menarik.

Pikirannya yang terbuka mungkin akan memperkuat kamu yang selalu peduli sama orang lain. Kedua sikap ini bisa memandu kalian dalam cari ide ngedate atau berpacaran yang seru.

Perbedaan utama antara INFP (yang kita bahas di atas) dan INTP adalah: INTP selalu menggunakan logika. Sebaliknya, INFP lebih mementingkan perasaan.

 

Potensi Masalah ENFJ dan INTP:

INTP selalu memandang semua dari logika. Karena lebih kuat di aspek berpikir, dia jadi kurang peka sama perasaan.

Kamu sebagai ENFJ mungkin berharap INTP untuk lebih “berusaha” dalam mencintai kamu. Misalnya ingin diperlakukan lebih romantis, mau dikasi hadiah, atau dikasi kejutan. Sementara, dia bakal menolak dengan alasan sudah melakukan yang terbaik.

ENFJ dan INTP punya potensi kecocokan, tapi potensi masalahnya biasanya ada di tuntutan bagi kedua pasangan untuk saling memaklumi. Kalau saling memaklumi ini terpenuhi, ada peluang besar bagi kalian untuk memiliki hubungan yang nggak cuma nyaman tapi mendewasakan.

Meskipun kamu udah dapet pacar yang sesuai sama kepribadianmu, perjuangan belum selesai. MBTI penentu siapa jodoh kamu. Siapa tau ternyata jodohmu bukan yang sesuai sama kepribadian kamu?

Apapun kepribadian pasangan kamu, terlepas dari cocok nggaknya menurut MBTI, kamu harus inget bahwa kedewasaan dan saling memahami lebih diperlukan dalam mempertahankan hubungan.

 

1.4. Bagaimana Supaya ENFJ punya Hubungan yang Awet?

ENFJ adalah orang yang bersedia melakukan apa saja untuk hubungannya.

Sebagai ENFJ, kamu sepenuhnya berkomitmen pada hubungan dan pasanganmu. Kamu punya kehangatan yang luar biasa, sekaligus tegas dalam menginginkan yang terbaik untuk pasangan kamu.

Kamu seringkali mengambil berkomitmen dengan serius, dan cenderung melakukan segalanya supaya hubungan bisa langgeng dan awet.

Jeleknya, jika cinta ini bertepuk sebelah tangan, kamu akan merasa sangat bersalah atas kegagalan tersebut.

Karena hubungan sangat penting buat kamu, kamu cenderung agak mengontrol pasangan. Kamu selalu menanyakan kabar pasangan, udah makan apa belum, dll.

Supaya punya hubungan yang awet, ENFJ sebaiknya:

  • Biarkan pasanganmu bisa me time. Terus menerus menanyakan kabar bisa bikin pasangan nggak nyaman. Kalau dia gak ada kabar, siapa tau dia emang lagi mau menikmati waktu sama temen.
  • Membiarkan pasangan untuk ambil peran dalam hubungan. Sesekali biarkan dia yang memilih tempat ngedate, atau apresiasi apapun yang dia kasih.
  • Bersikap lebih sabar dalam perbedaan pendapat. Beda pendapat bukan berarti upaya pasangan untuk menyinggung perasaan kamu. Siapa tau pendapat pasanganmu lebih baik? Berdiskusi dengan baik, dan jangan mendiamkan pertengkaran. Selesaikan secara dewasa.

 

2. ENFJ Yang Cuma Cocok Jadi Teman

ENFP, ENTJ, ENTP, INTJ, ESFJ, ESFP, ISFJ, dan ISFP

Kamu sebagai ENFJ mungkin bisa ada feeling sama orang-orang bertipe kepribadian ini. Namun, ketika kalian saling mengenal, kamu akan sadar bahwa beberapa kesamaan ini bukan sesuatu yang nyaman untuk dikembangkan lebih intim.

Meskipun orang-orang dari tipe ini mungkin awalnya tertarik sama kamu, hubungan kamu dan dia lebih punya potensi untuk saling belajar satu sama lain.

 

3. ENFJ Nggak Akur Dengan Siapa?

ENFJ nggak cocok dengan: ESTJ, ESTP, ISTJ, ISTP.

 

3.1 Mengapa ENFJ nggak cocok pacaran sama ESTJ?

Karena alasan berikut, kamu sebagai seorang ENFJ, mungkin penasaran sama ESTJ:

• Mereka akan membuat kamu terus menebak-nebak arah hubungan.

• Mereka siap melakukan apapun yang kamu butuhkan.

• Mereka suka keteraturan, yang merupakan nilai tambah besar bagi kamu.

• Di sisi lain, ESTJ tertarik pada kehangatan, optimisme, dan cara berpikir kamu.

Tapiiii sisi negatifnya, ENFJ yang imajinatif mungkin bosan dengan ESTJ yang orangnya nggak ribet. Kamu lebih cocok sama yang romantis, sementara ESTJ secara alami praktis, logis, dan nggak banyak tingkah.

ESTJ pun lambat laun akan memiliki keraguan, melihat kamu orangnya terlalu emosional.

Ini terutama bakal keliatan ketika kalian berdua membuat keputusan.

ENFJ membuat keputusan berdasarkan perasaan dan nilai pribadi mereka, sedangkan ESTJ membuat keputusan setelah menganalisis semua data yang relevan dengan cermat.

Makanya, perbedaan seperti itu bisa bikin banyak pertengkaran di antara kalian nantinya.

 

3.2 Mengapa ENFJ kurang cocok pacaran sama ESTP?

ENFJ biasanya naksir ESTP karena mereka adalah orang yang antusias dan berenergi tinggi.

Sisi negatifnya, ESTP mudah bosan. Kalau ENFJ gagal membuat hubungan jadi menarik, ESTP mungkin memutuskan untuk berselingkuh.

Ini sering diperparah dengan kamu yang suka menghindari obrolan serius. Padahal ESTP bukanlah tipe yang memahami emosi kalau nggak dikasi tau. ESTP nggak ngerti kode-kodean, kamu nggak bisa ngomong terang-terangan. Nggak cocok kan?

 

3.3 Mengapa ENFJ nggak bisa awet sama ISTJ?

Karena pasangan ISTJ nggak bisa berbagi pikiran dan perasaan terdalam mereka, akan sering muncul miskomunikasi antara ENFJ dan ISTJ.

Kamu pun akan nggak nyaman, karena ENFJ selalu ingin terhubung lebih dalam dengan pasangannya dengan mendiskusikan perasaan dan emosi mereka.

 

3.4 Mengapa ENFJ kurang cocok sama ISTP?

ENFJ mungkin tertarik pada ISTP yang agak misterius.

Kalo kamu dan ISTP punya hobi atau minat yang sama, masih ada kemungkinan kalian cocok.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kalian berkomunikasi dengan cara yang berbeda. ENFJ ingin dicintai secara verbal dan ekspresif, sedangkan ISTP ngerasa kalau status pacaran atau suami istri udah cukup menegaskan kalo dia sayang sama kamu.

ISTP lebih suka mengekspresikan emosi mereka melalui tindakan seperti hadiah kecil dan kasih sayang fisik.

ENFJ dan ISTP nggak pernah membicarakan masalah mereka.

Demi hubungan, ENFJ menghindari konfrontasi, sedangkan ISTP yang tertutup nggak mau mendiskusikan perasaan mereka tentang hubungan mereka dengan siapa pun, termasuk pasangan mereka.

Kurangnya komunikasi ini dapat membuat kamu dan dia jadi nggak bahagia.

Nah itu tadi yes tentang pasangan yang cocok dengan ENFJ dan siapa aja yang kurang cocok.

Inget, ini semua bukan harga mati. Kamu bisa “melanggar” apapun yang udah saya tulis. Kamu juga boleh mencintai siapapun yang kamu mau.

Berjuanglah sahabat! Dapatkan jodohmu!

 

Sumber:

https://www.truity.com/personality-type/ENFJ/relationships

https://www.personalitypage.com/html/ENFJ_rel.html#:~:text=ENFJ’s%20dominant%20function%20of%20Extraverted,also%20a%20very%20good%20match .

 

Leave a Comment