Ciri-ciri Hubungan yang Sudah Tidak Bisa Dipertahankan

Home // Kepoin Psikologi // Ciri-ciri Hubungan yang Sudah Tidak Bisa Dipertahankan

Kita pernah merasa hubungan sudah tidak harmonis. Tapi mungkinkah hubungan ini masih harus dipertahankan? Akhiri saja, atau teruskan? Berikut ini ciri-ciri hubungan yang sudah tidak bisa dipertahankan.

Setiap kapal pasti akan merasakan ombak dan badai. Gitu juga hubungan; pasti ada masalah dan berantemnya.

Kadang saat hubungan udah terlalu sering berantem, rasanya ingin mengakhiri aja.

Tapi di sisi lain, kok rasanya sulit meninggalkan dia.

Kamu mungkin jadi bertanya-tanya, ini sebaiknya diteruskan apa nggak? Apakah hubungan ini masih bisa dipertahankan?

Berikut adalah beberapa ciri hubungan yang sudah tidak bisa dipertahankan lagi:

 

1. Ciri-ciri Hubungan yang Sudah Tidak Bisa Dipertahankan: Kalian selalu berantem.

Ketika suatu hubungan lagi banyak konflik, mungkin sulit bagi kedua pihak buat mengingat apa kesamaan mereka dan apa yang dulu bikin mereka saling cinta.

Karena udah lupa dengan kesamaan dan rasa saling cinta itu, setiap konflik atau salah paham dikit berubah jadi pertengkaran besar.

 

2. Kalian udah bosen berantem terus.

Tapi ada juga fase ketika kalian berdua udah capek berantem, dan memilih nggak peduli lagi. Sikap bodo amat ini adalah bentuk apatis, dan sebenernya ini juga tanda ciri hubungan sudah nggak bisa dipertahankan lagi.

Ketika kalian berdua sama-sama lebih memilih nggak peduli, ini juga tanda hubungan udah nggak harmonis.

 

3. Kalian nggak mencari bantuan untuk mempertahankan hubungan.

Kadang mencari pihak penengah bisa membantu mempertahankan hubungan.

Tapi orang yang ada dalam hubungan yang akan segera putus ini biasanya memilih untuk nggak mencari bantuan. Jadiii ya cuek aja. Nggak tertarik untuk minta tolong siapapun untuk menengahi atau mencari solusi.

 

4. Ciri-ciri Hubungan yang Sudah Tidak Bisa Dipertahankan: Kamu selalu merasa pengen break.

Ciri lainnya adalah kamu atau dia sama-sama pengen berpisah dulu. BIsa berupa nggak berkontak satu sama lain dulu selama beberapa hari, atau saling menjauh dulu untuk sementara.

Ketika kamu dan dia sering memilih jalan ini, ini tandanya hubungan kalian udah nggak bisa diteruskan.

 

5. Kamu selalu membayangkan enaknya menjomblo.

Ciri lain dari hubungan yang udah nggak bisa diteruskan, adalah kamu diam-diam mulai mengkhayal jadi jomblo lagi.

Memang ada juga momen-momen di mana jadi jomblo kelihatan lebih bebas dan enak. Tapi kalo kamu terlalu sering memikirkan atau membayangkan ini, tandanya kamu sebenernya ingin hubungan ini segera berakhir.

 

6. Kalian udah nggak mesra lagi.

Kehidupan berpasangan seringkali naik turun.

Tapi dalam berhubungan, kata dan perbuatan yang mesra akan terus ada.

Naaah kalau kemesraan kalian menurun drastis, dan kamu nggak ingin memperbaikinya, ini artinya kamu udah merasa hubungan ini nggak ada artinya.

 

7. Kalian nggak lagi saling membantu.

Namanya hubungan sehat nggak hanya saling support; tapi juga saling memberi dan berusaha keras membantu.

Meluangkan waktu dan tenaga untuk pasangan harusnya terasa ringan, karena dilakukan dengan cinta.

Jadi, kalau kamu merasa males membantu atau menolong pacarmu, ini adalah tanda lain hubungan kamu sedang bermasalah.

 

8. Perilaku kalian sama-sama berubah.

Kalau seseorang ingin mengakhirinya hubungan tapi nggak tahu caranya tanpa menyakiti, biasanya perilaku orang itu jadi berubah.

Dulu mungkin selalu ngasih kabar, terus sekarang jadi cuek. Dulu sering nanyain udah makan apa belum, sekarang jadi males. Ini adalah tanda perilaku yang udah semakin berubah, dan ini tanda hubungan yang udah nggak bisa dipertahankan.

 

9. Kalian udah jarang menghabiskan waktu bersama.

Tanda lain bahwa suatu hubungan berantakan adalah kamu nggak menghabiskan waktu bersama.

Punya me time emang baik, tapi kalo me time terus berarti kamu lebih nyaman sendiri dibandingkan bersama dia.

 

10. Kamu nggak bisa membayangkan menghabiskan hari tua bersamanya

Salah satu bagian terpenting dari memiliki hubungan yang langgeng adalah memikirkan masa depan bersama. Suatu hubungan bisa dibilang berakhir ketika pasangan nggak bisa membayangkan apa rasanya kalo harus menghabiskan hati tua bersama dia. Atau, kalian punya pandangan berbeda tentang gimana kehidupan kalian di masa depan.

 

11. Kamu “menyembunyikan” dia di depan umum.

Waktu awal pacaran, rasanya bahagia gak terkira. Bangga banget bisa punya pasangan kayak dia. Sebentar-sebentar dipamerin, dikenalin ke temen, fotonya diposting di sosial media.

Nah, kalo misalnya yang terjadi sebaliknya gimana? Apa kamu menyembunyikan dia? Apa kamu nggak pernah memperlihatkan dia lagi di sosmed? Apa foto profilmu mungkin sendirian aja, nggak sama dia?

Kalau hubungan kamu udah nggak bisa dipertahankan, Kamu mungkin nggak mau temen-temen kamu kenal atau bergaul dengan pacar kamu lagi. Kamu ingin bergaul dengan teman-teman tanpa pasangan kamu.

 

12. Kalian sadar kalian menginginkan hal yang berbeda.

Yang ini sering kali bisa menjadi awal dari akhir suatu hubungan, karena akhirnya kalian berdua menyadari bahwa bahwa kalian punya suatu hal berbeda yang nggak dapat diubah. Misalnya kalian beda agama dan keduanya sama-sama nggak mau pindah agama. Atau kamu bersikukuh ingin tetep kerja, sementara calon mertua dan calon suami kamu pengennya kamu jadi ibu rumah tangga.

Ketika kamu dan dia sama-sama punya suatu hal yang nggak bisa ditawar, mungkin ini tandanya hubungan ini udah nggak bisa diteruskan.

 

13. Kalian memendam kesal satu sama lain.

Kesal sama pasangan itu wajar. Kadang pasangan punya kekurangan atau kebiasaan jelek yang sulit diubah.

Tapi dalam suatu hubungan yang tidak bisa dipertahankan, semua yang pasangan lakukan terasa salah dan bikin kesel.

Malah meskipun udah dibicarakan, rasa kesal masih bisa tumbuh seiring memburuknya hubungan. Orang yang memperlakukan satu sama lain dengan buruk bukanlah pertanda baik, terutama kalau itu selalu terjadi. Itu bisa terlihat seperti kamu selalu marah, ketus, atau malah membenci pacarmu.

 

14. Kamu nggak kangen dia saat lagi berpisah.

Hubungan membutuhkan waktu bersama dan waktu sendiri. Namun, kalau kamu nggak merindukan pasangan, itu tandanya kamu sudah mulai melepaskan hubungan.

 

15. Di deket dia bikin kamu capek.

Sekali lagi, suatu hubungan harus menyenangkan dan bahagia. Suatu hubungan berakhir atau perlu diakhiri ketika seseorang merasa capek secara mental dan fisik saat bersama pasangannya dalam waktu lama.

 

16. Kalian nggak merayakan keberhasilan satu sama lain.

Salah satu hal terbaik tentang berada dalam suatu hubungan adalah memiliki seseorang di sana untuk mendukung, menghibur, dan merayakan keberhasilanmu.

Hal ini berlaku saat kamu sedang sedih atau senang, seperti ketika kamu mendapatkan promosi di tempat kerja. Hubungan kalian sebaiknya nggak perlu dipertahankan lagi ketika apapun yang terjadi sama pasanganmu, kamu nggak ikut merasakannya.

 

17. Ciri-ciri Hubungan yang Sudah Tidak Bisa Dipertahankan: Kalian nggak menghormati satu sama lain.

Ketika kalian dengan sengaja menyakiti pasangan, menyinggung perasaannya, dan menyindirnya secara terbuka, ini adalah tanda hubungan nggak sehat. Putus aja!

 

18. Kalian sama-sama nggak saling percaya.

Beberapa masalah dalam hubungan bisa disebabkan oleh hal-hal seperti selingkuh atau berbohong. Kalau itu masalahnya, itu bisa diperbaiki kalau kalian emang ingin mengatasinya. Tetapi kalau Kamu nggak bisa memaafkan dan mencoba percaya lagi sama pasangan, rasanya susah untuk mempertahankan hubungan itu.

 

19. Semua yang dia lakukan salah di mata kamu.

Ini adalah penyebab dari banyak tanda lainnya, seperti berantem sepanjang waktu, merasa lelah dan marah di sekitar mereka, dan sebagainya. Kalau nafas pasangan aja bikin kamu marah, ini artinya kamu udah nggak sayang lagi sama dia.

 

20. Kamu udah yakin hubungan ini nggak akan awet.

Dan akhirnya, hubungan mungkin berakhir kalau kamu berharap segala sesuatunya akan membaik.

Dalam hubungan, kedua pihak harus bisa memecahkan masalah bersama-sama, dan berdua harus mau dan mampu melakukannya. Kalau salah satu dari kalian udah nggak yakin hubungan ini perlu dipertahankan, yaaa hubungan ini nggak bisa dipertahankan.

Ada banyak ciri-ciri hubungan yang sudah tidak bisa dipertahankan. Hubungan sebenernya nggak akan berakhir hanya karena kamu punya satu atau dua ciri di atas. Sebenernya, yang penting adalah kedua pihak sama-sama mau berusaha mengembalikan asmara yang pernah ada itu.

Leave a Comment