7 Cara Menghilangkan Sifat Malas Belajar yang Cepat dan Ampuh!

Home // Praktekin Psikologi // 7 Cara Menghilangkan Sifat Malas Belajar yang Cepat dan Ampuh!

7 Cara Menghilangkan Sifat Malas Belajar ini Cepat dan Sangat Efektif!

 

Kamu mungkin sudah tau ada PR yang harus dikerjakan. Tapi gak tau kenapa rasanya malas mau mengerjakan PR. Padahal ada tugas tapi malas banget ngerjain tugas.

Malas ini penyakit.

Ini menghalangi kita dalam meraih kesuksesan. Kalo dibiarin terus, malas ini bisa bikin kamu ketinggalan dari teman-teman yang lain.

Ketika temen kamu suatu hari nanti udah pada sukses, kerja di luar negeri, udah punya mobil dan rumah…

Kamu masih rebahan di kasur, garuk-garuk pantat sambil nungguin Mobile Legends selesai loading. Kamu hanya bisa tersenyum puas melihat rank kamu tinggi banget di ML, padahal ini nggak bisa dibanggain pas lebaran. Surem.

Anyway, kamu harus bisa hilangin tuh penyakit malas. Kalau bisa, kamu jadi yang paling rajin belajar di kelas!

Ini bisa dimulai dengan mengatasi rasa malas itu. Nah, jadi bagaimana cara mengatasi rasa malas belajar?

Berikut ini tips-tips yang bisa kamu coba untuk menyingkirkan sifat pemalas.
Beberapa bisa mengubahmu dalam sekejap, beberapa lagi mengubahmu selamanya.

 

1. Katakan dalam hati, “Mau belajar ah!”

 

Kalau kita mengubah kalimat kita, pikiran kita juga ikut berubah.

Coba perhatikan anak paling rajin di kelasmu. Orang-orang yang rajin selalu bilang “mau belajar”, bukan “harus belajar”.

Mereka belajar bukan karena terpaksa, tapi karena mereka memang mau.

Kalau terpaksa, selalu aja ada alasan buat nggak jadi belajar. Tapi kalau kita “mau”, hujan badai mati lampu pun belajar aja terus.

Kamu juga bisa melakukannya. Saat udah waktunya belajar, ubahlah kata “harus” jadi “mau”. Ketika malas itu datang, katakan “mau belajar matematika ahhh…”

Kalo mau terasa lebih semangat, bikin aja di status WA. Buka PR atau buku pelajaran kamu, foto, terus upload di snap WA kamu. Mau belajar matematika dulu gaessss.

Bisikkan kata-kata itu ke dirimu sendiri.
Coba aja sekarang! Pasti semangat belajarnya langsung muncul.

Kalau pakai kata mau, secara psikologis kamu jadi merasa kalau ini pilihan kamu sendiri.
Kamu melakukannya bukan karena harus, tapi karena keinginanmu sendiri.

Beda kan rasanya melakukan karena terpaksa, dan melakukan karena ingin?

 


2. Cara Mudah Menghilangkan Sifat Malas Belajar berikutnya: Ambil Langkah yang Paling Sederhana.

 

Kadang yang bikin jadi malas belajar adalah nggak tau mau mulai dari mana.

Mau belajar matematika, tapi karena banyak banget yang mau dipelajari. Jadinya bingung, ujung-ujungnya males.

Nah coba dilihat, apa bagian termudah dari belajar matematika?

Mengambil buku matematika! Yes, bagian termudah dari belajar adalah mengambil buku dari dalam tas. Taro di hadapan kamu, dan buka.

Kalau lagi males nulis, saya cuma bikin kerangka sama tujuan tulisannya.
Misalnya di tulisan bagian Inspirasi Variabel. Itu kan tulisannya panjang-panjang tuh.

Kalau saya langsung nulis, pasti males. Makanya saya bikin kerangkanya dulu.
Tulisan ini mau dibuat seperti apa. Bagian ini mau diisi apa, setelahnya ditulis apalagi.
Nanti kalau sudah buat kerangka, biasanya otak udah mulai panas. Baru kerjakan sisanya.


Langkah paling berat adalah memulai. Kalau udah mulai, males pasti ilang sendiri.

 


3. Cara Menghilangkan Malas Belajar Lainnya: Melompat-lompat

 

Coba ingat-ingat bentuk rupamu kalau lagi males.

Mata agak lesu, wajah cemberut, kepala terkulai…
Ketika wajah sudah ditekuk dan tubuh sudah membungkuk, perasaan jadi malas.
Mau ngapa-ngapain rasanya emoh, ogah.

Anthony Robbins berkata emosi dibuat dari gerakan.
Perubahan gerakan akan mengubah perasaanmu juga.
Dalam bukunya Awaken The Giant Within, dia menuliskan cara dia mengubah rasa malas.

Dia melompat-lompat!
Katanya, melompat-lompat sebentar efektif dalam mengusir malas.

Berdirilah dan melompat-lompatlah selama 20 detik!
Melompatlah seolah Leeteuk atau Kim Jong Nam datang ke kamarmu.

Setelah melompat-lompat, jantung jadi deg-degan dan darah jadi terpompa.
Mungkin akan sedikit berkeringat sih, tapi kamu seenggaknya akan lebih semangat.
Ini mengubah rasa malasmu, dan juga moodmu.

Kalau situasinya nggak memungkinkan, goyangkan saja tubuhmu atau jentikkan jarimu.
Ini juga bisa mengubah emosi, meskipun nggak seampuh loncat-loncat.

Ketika tubuhmu sudah berubah, perasaanmu akan segera berubah juga!

 


4. Jauhkan hape saat waktunya belajar

cara menghilangkan malas, cara mengalahkan malas, cara menghilangkan malas sholat, cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan, cara agar tidak malas bangun pagi, cara menghilangkan rasa malas dan ngantuk, menghilangkan rasa malas, anti malas, tips menghilangkan rasa malu, penyebab malas

Cara menghilangkan sifat malas berikutnya adalah: Jauhkan hape saat waktunya belajar.

Masukkan hape ke laci, atau sembunyikan di bawah bantal. Silentkan, lalu matiin internetnya.

Hape selalu menggoda buat dibuka, apalagi saat harus belajar.  Jadi, daripada mengganggu waktu belajar kamu, jauhin hapenya.

Kalo pengen denger lagu gimana?

Saran saya jangan dengerin lagu pas belajar. Yang ada malah jadi pengen gonta ganti lagu. Malah nggak jadi belajar.

Fokus aja barang lima belas menit, ntar kalo mau istirahat baru denger lagu. Dua lagu beres, lanjut belajar lagi.

 

 

5. Beresin tempat kamu belajar, biar belajarnya jadi lebih semangat

cara menghilangkan malas, cara mengalahkan malas, cara menghilangkan malas sholat, cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan, cara agar tidak malas bangun pagi, cara menghilangkan rasa malas dan ngantuk, menghilangkan rasa malas, anti malas, tips menghilangkan rasa malu, penyebab malas

Malas akan meradang kalo tempat belajarnya berantakan.

Kalo di sudut mata kamu ada kabel casan, ada bungkus jajanan, atau ada upil kering, semangat bisa ngedrop lo. Soalnya tempat yang butek bikin otak juga butek.

Makanya, coba beresin tempat belajar kamu. Mejanya dilap, kasurnya dikencengin. Bukan dikencingin ya, dikencengin.

Kalau ngeberesin pun malas, seenggaknya rapikan sedikit benda-benda yang berserakan.
Buang sampahnya. Percaya deh, malas akan ikut hilang bersama dengan perginya sampah-sampah.

 

 

6. Buat target belajar yang sederhana 

 

cara menghilangkan malas, cara mengalahkan malas, cara menghilangkan malas sholat, cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan, cara agar tidak malas bangun pagi, cara menghilangkan rasa malas dan ngantuk, menghilangkan rasa malas, anti malas, tips menghilangkan rasa malu, penyebab malas

 

Kadang waktu belajar kita nggak memasang suatu target.

Jadi buka buku aja, nggak tau mau belajar apa.

Nah, saat belajar coba targetkan harus mengerti minimal satu materi.

Misal besok ada pelajaran Kimia nih. Dan sekarang udah masuk bab Termokimia.

Termokimia kan luas nih! Daripada jiper duluan, coba niatkan kamu ngerti SATU aja dari termokimia ini. Misalnya ngerti Persamaan Termokimia dan Entalpi dulu aja. Udah pokoknya malem ini latihan itu aja. Walaupun udah ngerti, tetep ulang dengan latihan soal tentang Persamaan Termokimia aja.

Masih terlalu luas? Ya udah pahami satu rumus aja. Pahami bener-bener, latih dengan berbagai soal. Kalo nggak paham, cari materinya di internet.

Jaman kalian gini udah enak banget, kalo nggak ngerti tinggal buka google, buka yutup.

Jaman w dulu kalo ngangerti ya udah pasrah aja mau nanya guru ngaberani.

Biasanya kalo udah tercapai, kamu jadi termotivasi buat menguasai materi lainnya.

 

7. Nggak usah belajar terlalu banyak 

Saya anggap kamu baca artikel ini karena kamu orangnya pemalas.

Dan kamu mau hilangin kebiasaan malas ini.

Nah, kebiasaan malas nggak bisa hilang mendadak. Hilangnya perlahan-lahan.

Dan saya yakin kamu nggak akan kuat disuruh belajar dua jam tanpa berhenti. Maka, belajarlah cukup setengah jam dulu sehari. Kalo setengah jam pun otakmu masih jemewew atau slebew  juga, ya dicoba aja 15 menit. Tapi konsisten! Tiap hari, pelan-pelan durasi belajarnya naikin.

Jadi, naikin durasinya perlahan-lahan. Mungkin suatu saat nanti kamu bisa belajar berjam-jam.


Nah!

Demikian tadi bagaimana cara menghilangkan malas belajar.

 

Lihatlah ke belakang, masa ketika kamu masih suka malas dan suka menunda-nunda.
Berapa banyak waktu yang sudah terbuang? Bila dijumlahkan, ada berapa tahun waktu yang tersia-sia?

Yuk kita singkirkan malas kita sedikit demi sedikit.
Waktu terus terkikis, dan yang pergi gak akan kembali.
Fokus aja sama yang tersisa, dan gunakan agar dia nggak terhambur percuma.

Goodbye, malas!

15 thoughts on “7 Cara Menghilangkan Sifat Malas Belajar yang Cepat dan Ampuh!”

Leave a Comment